alexa-tracking

Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ddf055c77981f638b457a/jakarnaval-akan-hadir-kembali-dengan-nuansa-asian-games-2018
Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018
Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018
Pekerja mengecat ulang patung ondel-ondel di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/7/2018). Perawatan tersebut dilakukan untuk mempercantik maskot Ibu Kota Jakarta dalam menyambut Asian Games 2018.
Masih dalam rangka peringatan HUT ke-491, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan kembali menggelar Jakarnaval. Parade ini akan dilaksanakan pada akhir pekan ini, Minggu (8/7/2018), yang berpusat di Monumen Nasional (Monas).

Seperti dituturkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, Jakarnaval akan dimeriahkan oleh sekitar empat ribu peserta yang berasal dari beragam lapisan masyarakat. Mulai dari Abang None, perwakilan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta mereka yang tergabung dalam berbagai komunitas.

Mengusung tema The Spirit of Jakarta, para peserta nantinya akan menampilkan macam-macam budaya tradisional hingga luar negeri yang dipecah menjadi enam bagian, yakni; Jakarta Kota Maju, Pariwisata, Bisnis, Olahraga, Sejahtera, dan Sehat Warga Bahagia.

"Mulai dari kearifan lokal seperti ondel-ondel, tanjidor, sampai ke hiphop, sampai ke parkour yang terkini, dan milik anak-anak milenial semua ada," jelasnya saat konferensi pers Jakarnaval, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (4/7) seperti dikutip Kompas.com.

Tak hanya itu, sengaja dibuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang didominasi oleh kearifan lokal, pawai tersebut akan menyajikan kemeriahan yang menampilkan pasukan pembawa 45 bendera peserta Asian Games 2018 yang akan bertanding di Indonesia pada 18 Agustus-2 September. Tak ketinggalan juga akan ada sekitar 70 unit kendaraan hias operasional.

Arak-arakan tersebut akan dimulai pukul 15.30 hingga 18.00 WIB, berawal dari depan Balai Kota, mengitari Patung Kuda Arjuna Wiwaha, melewati gedung RRI, dan berakhir di sisi barat silang Monumen Nasional (Monas).

Untuk itu, akan ada rekayasa lalu lintas berupa penutupan jalan sekitar Medan Merdeka Selatan sampai Medan Merdeka Barat mulai Sabtu (7/7) pukul 22.00 WIB.

Sandiaga mengatakan, acara ini merupakan jawaban dari tantangan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi sempat menantang Pemprov DKI Jakarta untuk membuat kemeriahan guna menarik perhatian masyarakat jelang Asian Games 2018.

Ia juga berharap acara ini dapat menarik sekitar 500 ribu pengunjung nantinya.

Guna menyukseskan acara, Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana hingga Rp3,7 miliar yang diambil dari APBD 2018. Meskipun tergolong besar, tapi seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Tinia Budiati, anggaran itu terhitung lebih kecil dibandingkan dana anggaran pada acara yang sama tiga tahun lalu.

"Terakhir (pelaksanaan Jakarnaval) 2015 Rp8 miliar, sekarang Rp3,7 miliar," kata Tinia di Balai Kota Jakarta, Rabu (4/7) seperti dikutip CNN Indonesia.

Sandiaga Uno pun meyakinkan masyarakat bahwa dana ini memang tergolong kecil dan hemat untuk acara sekelas karnaval di Jakarta.

"Percaya deh kalau soal itu, saya orangnya paling hemat," kata Sandi.

Jakarnaval merupakan acara tahunan bernuansa budaya yang diselenggarakan dan diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Gelaran ini pertama kali turun ke jalanan pada 1996.

Namun, Jakarnaval 2015 menjadi yang terakhir sebelum dihentikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan alasan penghematan anggaran. Sebab, saat itu anggaran Jakarnaval membengkak hingga dua kali lipat dari sebelumnya yang hanya mencapai Rp3,5 miliar saja. Ia pun kemudian mengalihkannya untuk pembangunan infrastruktur.

Sandiaga, yang menyayangkan penghentian itu, berharap dengan dihidupkannya lagi Jakarnaval tahun ini, Jakarta bisa memiliki acara tahunan berbentuk parade yang layak ditonton seperti di kota-kota besar negara lainnya.
Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ian-games-2018

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018 Kemelut perang dagang meluas ke WTO

- Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018 RupiahPlus dan prosedur penagihan utang yang berlebihan

- Jakarnaval akan hadir kembali dengan nuansa Asian Games 2018 Izin sementara Freeport diperpanjang lagi

×