alexa-tracking

Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3dde2bd44f9f734d8b4573/evaluasi-keselamatan-transportasi-menhub-panggil-semua-kadishub
Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub
Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengumpulkan semua kepala dinas perhubungan dari seluruh daerah, untuk mengevaluasi keselamatan transportasi, menyusul beberapa kecelakaan kapal terjadi akhir-akhir ini.

Budi mengatakan kegiatan tersebut ditujukan untuk memastikan aturan mengenai keselamatan dalam undang-undang atau peraturan sektor transportasi, dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga kecelakaan bisa dicegah.


1.Amanat Presiden Jokowi
Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub
Budi mengakui koordinasi penerapan peraturan-peraturan tersebut belum maksimal dilakukan selama ini. Karena itu, sesuai amanat Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pihaknya akan mengumpulkan semua kepala dinas perhubungan dari daerah.

"Oleh karenanya sesuai dengan amanat Presiden saya akan kumpulkan. Kemenhub akan menyampaikan apa yang seharusnya dilakukan tanpa kecuali. Mudah-mudahan apa yang dilakukan bisa dilaksanakan dengan baik dan saya berharap semua Dishub provinsi dan kabupaten/kota bahu-membahu untuk memastikan level of service dan keselamatan dengan baik," kata dia, seperti dilansir kantor berita Antara, Kamis (5/7).


2. Butuh dukungan Pemda
Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub
Budi Karya mengatakan peran serta Pemda sangat dibutuhkan dalam pembenahan masalah ini. Karena itu, perlu juga pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemda.

"Kita melihat suatu kasus yang besar kemarin. Tentunya kita sepakat untuk melakukan suatu reformasi bersama dengan Pemda, karena tanpa dukungan mereka hal ini tidak mungkin terlaksana dengan baik," kata Menhub.


3. Evaluasi keselamatan transportasi danpendidikan ulang pejabat di syahbandar
Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub
Sebagaimana yang dilakukan pesca-tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, Budi mengatakan, pemerintah pusat dan provinsi akan mengevaluasi penerapan aturan keselamatan transportasi dan pengawasannya.

"Kami akan melakukan evaluasi, baik provinsi maupun pemerintah pusat, dan hal tersebut akan dilaksanakan dengan konsisten. Kami juga akan melakukan pendidikan ulang berkaitan dengan pejabat di syahbandar, agar mereka ada penyegaran berkaitan dengan aturan yang berlaku," kata Menhub.

KM Sinar Bangun tenggelam sekitar satu mil dari Dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada 18 Juni lalu. Sampai sekarang baru 21 penumpang yang ditemukan selamat dan tiga penumpang ditemukan meninggal dunia. Penumpang lain yang diperkirakan berjumlah 163 orang belum ditemukan.

Setelah 16 hari tragedi KM Sinar Bangun, pencarian korban hilang akhirnya dihentikan oleh tim SAR gabungan. Penghentian dilakukan karena dianggap sudah tidak efektif, lantaran jenazah sudah tidak utuh sehingga sulit dievakuasi dan keterbatasan alat, mengingat kapal diduga berada di kedalaman air 450 meter.

Tenggelamnya KM Sinar Bangun diduga karena kelebihan muatan, dan faktor cuaca buruk. Dari hasil penyelidikan sementara, ditemukan adanya kesalahan disain, yakni kapal yang seharusnya satu geladak menjadi dua keladak. Kompetensi dinas perhubungan pun dipertanyakan dalam proses perizinan kapal ini.

Belum hilang duka tragedi KM Sinar Bangun, Selasa lalu (3/7), kembali terjadi tragedi yang sama. KM Lestari Maju tenggelam di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, yang mengangkut ratusan orang. Diduga terdapat 160 orang telah ditemukan, 130 di antaranya selamat dan 33 lainnya meninggal dunia, serta beberapa orang lainnya masih hilang.

Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub

Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub Kadishub Samosir Segera Diperiksa terkait Tragedi KM Sinar Bangun

- Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub Tangisan Warnai Kedatangan Jenazah Korban KM Lestari Maju di Sidoarjo

- Evaluasi Keselamatan Transportasi, Menhub Panggil Semua Kadishub Menhub Datangi Korban KM Lestari Maju Jasa Raharja Santuni Rp 50 Juta

×