alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Koalisi Penantang Jokowi Belum Jelas Menentukan Pasangan Calon Presiden
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ddbff1cbfaa30568b4567/koalisi-penantang-jokowi-belum-jelas-menentukan-pasangan-calon-presiden

Koalisi Penantang Jokowi Belum Jelas Menentukan Pasangan Calon Presiden

Koalisi Penantang Jokowi Belum Jelas Menentukan Pasangan Calon Presiden

Jakarta – Setahun menjelang Pemilihan Presiden 2019, nama-nama pasangan calon presiden dan wakil presiden disorongkan dari partai-partai oposisi dan partai di luar pemerintahan Joko Widodo. Misalnya, Prabowo Subianto, Amien Rais, Jusuf Kalla, Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, dan Anies Baswedan.

Nama Prabowo Subianto sudah pasti bakal dicalonkan Partai Gerindra. Meski begitu, kesatuan koalisi oposisi masih belum sepakat siapa saja yang bakal dicalonkan.


Partai Keadilan Sejahtera yang biasanya seiya sekata dengan Gerindra mencoba opsi lain. Nama Gubernur Jawa Barat sekarang Ahmad Heryawan (Aher) dan Gubernur Jakarta mendadak dilemparkan PKS.


Anies sendiri memang baru saja menduduki jabatan Gubernur Jakarta usai menang Pilkada DKI 2017. Nama Anies juga dibahas sebagai calon wakil presiden pasangan Prabowo dari Gerindra.


Namun, melihat manuver PKS, tampaknya kemesraan Gerindra dan PKS ini sedikit goyah. Ini juga menunjukkan bahwa koalisi masih saling menunggu.


Di luar Gerindra-PKS, Koalisi Umat Madani yang dimotori Letnan Jenderal (purn.) Syarwan Hamid menyorongkan nama Amien Rais sebagai nama calon presiden. Amien sendiri pernah menjadi capres pada Pilpres 2004 dan kalah di putaran pertama. Lagi-lagi, nama ini juga minim dukungan dari koalisi partai.


Terakhir adalah manuver Partai Demokrat yang membujuk Jusuf Kalla untuk berpasangan dengan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono. Belum ada prospek untuk pasangan ini karena Demokrat butuh berkoalisi dengan partai lain untuk pasangan JK-AHY. Sementara, slot koalisi tersisa tinggal dengan PAN.


Soal Pasangan Calon Presiden, Koalisi Penantang Masih Terpecah

Menurut Johny G. Plate, Sekretaris Partai NasDem, munculnya nama-nama pasangan calon presiden yang diusung partai di luar pemerintahan ini merupakan bukti bahwa partai oposisi belum jelas menentukan sikap. Ini artinya pula, partai oposisi masih belum seiya dan sekata.

“Kami harapkan koalisi sebelah segera terbentuk. Supaya bisa tunjuk capres-cawapresnya dan tampilkan program-programnya,” katanya.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus, kondisi belum jelasnya partai penantang ini bukan tanpa sebab. Prabowo masih belum bisa meyakinkan partai pendukung di lingkaran koalisinya, termasuk PKS.

“Jangankan mencari wakil, meyakinkan parpol pendukung saja belum bisa. Ini pekerjaan rumah yang berat yang harus dilakukan Prabowo,” ujar Karus.

Perlu diketahui, untuk bisa mengusung pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2019, partai politik atau gabungannya harus punya minimal 20% kursi di DPR (setara minimal 112 kursi) atau 25% suara sah nasional pada Pemilu 2014.

Sebenarnya koalisi Gerindra dengan PKS akan membuat jalan Prabowo untuk menjadi capres mulus. Gerindra punya 73 kursi di DPR (13%), sementara PKS 40 kursi (7,1%), sehingga total meraih 20,1% kursi dan berhak mengajukan capres.

Namun sekali lagi, partai-partai koalisi penantang masih belum sepakat untuk kembali berkoalisi untuk menentukan pasangan calon presiden di Pilpres 2019.

Sumber

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Lah koalisi jokowi juga belum jelas kan? Belum di daftarin kan?

Bisa aja berubah? emoticon-Big Grin
pokoknya harus ada wowonya, klo gk ada wowonya apa kata dunia emoticon-Wow
lho udah jelas kok
capresnya Bowo, eh Amin, eh dr fekaes ....
Wowo vs wiwi lagi?
:capedeh
Quote:


pecah mungkin 1-2 partai kayanya gan, tinggal siap-siap aja nunggu sapa cawapresnya, tapi justru koalisi PKS-PAN-Gerindra ini bener2 hampir berubah total karena masing-masing pada ngajuin Capres, cukup menarik siapa yg bakal didaftarkan emoticon-Angkat Beer
ajuin aja semua..

PKS punya 9 ... si wowo .. si amien... lawan si kowi..

emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
Quote:


Iyah, masih bisa berubah lah... emoticon-Big Grin
Nyimak dulu emoticon-Big Grin
Quote:


ditunggu aja, kayanya bakal ada kejutan capres baru ini emoticon-Wink
Quote:


Tapi calonnya satu persatu dukung kubu sebelah.. emoticon-Big Grin
Quote:


betul, secara resmi belum, apakah bisa berubah? tentu saja bisa
masalahnya, utk kubu Pak Jokowi Presiden RI yg terpilih secara sah, sdh fix memajukan satu capres, yg wapresnya masih mencari.
gak ada statmen surya paloh mau jadi capres, atau airlangga, atau om imin dst

bedakan dg koalisi tetangga, koalisi pun belum terbentuk, masing2 partai (yg di duga akan berkoalisi) masih ribet dg capres masing2, malah pks ngajuin 9 nama capres emoticon-Big Grin, ditambah om wowo, amin rais, ahy, tbb, habib rijik, om yusril, total capres dari koalisi tetangga (yg belum jelas berkoalisi) menjadi 15 orang emoticon-Big Grin

kocak emoticon-Big Grin
makannya semalem di acara najwa gerindra ngotot banget ngehapus presiden treshold. tujuannya ya biar prabowo bisa tetep maju meski tanpa koalisi. ni partai emang egoisnya ga ketulungan.

kalo rocky gerung sih cuma dahak. ga berguna cuma kalo dilihat jorok dan menjijikan. jurusnya cuma nyalah2in ama bodo2in orang, skill ky gini mah cuma sekelas ketua BEM, jago bacot doank, kuncinya cuma bego2in orang lain yang ga sepaham, padahal bacotnya ampun dah.. ga nyambung,ga jelas, cem orang autis.
Lama2 gw ngajuin diri jadi capres dah ni!!

Eh ga jadi deng..

Gw mah mending nyalonin diri jadi ketua asosiasi model2 internasional aja.. emoticon-Metal

Cape jadi presiden mah...
Diubah oleh khayalan
Quote:


Si imin ga mau jadi japres? Lu kemane aje tong? emoticon-Big Grin

Si imin, airlangga, zulkifli... Semua sibuk mau jadi wapres...

Lu kate ada koalisi suka rela? Ada upahnya semua itu.. Kok masih ga belajar dari pengalaman sih?

Yg jelas potensi pecah itu sangat besar.. Tinggal pinter2 die aja mainkan peran.. emoticon-Big Grin
Quote:


tinggal ditunggu aja siapa yg maju, cuma seru sih ini kayanya emoticon-Leh Uga
mereka bgung emoticon-Big Grin makanya keluar jargon asal bukan jokowi emoticon-Wakaka Pilih presiden kok asal2an,kaya cew jomblo g laku aja ptg pny pacar meski cow nya g punya tit** emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ngue.he.he.he
Setidaknya Pak Dhe sudah siap isi satu tempat, tinggal cari wakil...

Jadi tinggal menunggu lawan... 2 atau 3 pasangkah 2019 nanti...


Wkwkwkwkwk
Quote:


lah iyak bro, kan koalisi merah putih sibuknya cari wapres doang, krn capresnya udah fix emoticon-Embarrassment
kalo tetangga sebelah masing ribet dua2nya hahaha
kasian sih emoticon-Big Grin
Diubah oleh sudarmadji-oye
Quote:


Kata siapa?? Koalisi merah putih bisa aje berubah... emoticon-Big Grin

Wowo belum tentu maju.. Bisa aje die jadi king maker majuin anaknye.. emoticon-Big Grin
ntar muncul saingan loh PBA 80K

partai bowo alpenliebe 80 ribu meet and greet
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di