alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
4 Karakter yang Diharapkan Ada Pada Seorang yang Berprofesi sebagai Customer Service
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3dc9d3642eb60f688b456b/4-karakter-yang-diharapkan-ada-pada-seorang-yang-berprofesi-sebagai-customer-service

4 Karakter yang Diharapkan Ada Pada Seorang yang Berprofesi sebagai Customer Service

4 Karakter yang Diharapkan Ada Pada Seorang yang Berprofesi sebagai Customer Service

Layanan pelanggan merupakan pihak pertama yang akan dihubungi bila customer mengalami kendala atau permasalahan. Untuk itulah seorang customer service perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai layanan termasuk produk dan atau jasa yang ditawarkan. Bila Anda termasuk orang yang masih memandang sebelah mata profesi yang satu ini, sebaiknya pikir ulang sekali lagi.

Pengetahuan produk yang baik
Sebagai ujung tombak dari sebuah perusahaan maka wajar bila pelanggan menganggap bahwa customer service mengetahui segala sesuatunya mengenai produk, perkembangan transaksi, kebijakan yang berlaku di dalam sebuah perusahaan, hingga solusi yang berbeda-eda tergantung dari permasalahan yang dihadapi setiap pelanggan.  

Dan memang benar seorang customer service memang dilatih untuk menguasai hampir semua hal yang ada kaitannya dengan produk serta kebijakan perusahaan. Meski egitu dibutuhkan kerja sama juga dengan divisi lain untuk mengupdate bilamana ada hal-hal baru. Misalnya bila sedang ada promo khusus maka CS harus dilibatkan agar tidak ketinggalan info.   


Cepat tanggap
Tidak perlu menunggu hingga dering ketiga sebelum Anda menagkat telepon yang masuk. Customer sudah cukup lama teralihkan ke mesin penjawab otomatis sampai akhirnya sampai ke meja operator atau customer service. Jadi dari pada membuat pelanggan membuang lebih banyak waktu dan juga pulsa, ada baiknya Anda langsung menanggapi apa yang menjadi keluhan dan menyediakan solusi bagi mereka.   
  

Berikan bantuan meski tidak diminta
Solusi yang Anda berikan terkait dengan permasalahan dalam lingkup perusahaan memang sudah semestinya, namun bila Anda berkenan untuk menaikkan level pelayanan cobalah untuk memberi bantuan di luar 'keharusan'. Misalnya, ketika pelanggan mengeluh kan tentang produk yang tidak sesuai ekspektasi maka Anda bisa saja menawarkan untuk menggantinya dengan produk yang sekiranya cocok dengan kebutuhan pelanggan. Tentunya hal ini harus sejalna juga dengan kebijakan perusahaan ya.

Mampu memotivasi diri sendiri dan bersikap positif
Sudah bukan rahasia lagi bahwa customer service adalah tempatnya orang menerima keluhan bahkan amukan. Jadi tidak heran bila orang yang bekerja di bidang ini rentan terhadap stress dan sering merasa down. Bila ini yang  terjadi maka akan terdengan dari ucapan Anda. pelanggan di ujung telepon bisa merasakan bila Anda tidak melayaninya dengan sepenuh hati. Maka ada baiknya bila Anda meminta rehat sejenak kepada team leader, untuk menenangkan pikiran dan mengemallikan mood yang rusak. Bila perlu jangan sungkan meminta cuti satu atau dua hari untuk mengembalikan semangat kerja.


Sumber: glints.id; jadimandiri.org
Gambar: pexels

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emoticon-Entahlah
Quote:
suaranya lembut bre emoticon-Malu
sabarnya harus seluas samudra
Bisa santet via suara
yang pasti tahan emosi sama siap di sumpahin orang gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

dulu ane ngalamin soalnya emoticon-Ngakak
Mesti pinter akting lah

emoticon-Traveller
ya seperti itulah breeeee

nice info yah emoticon-Jempol
yg penting ngomongnya lancar gak gagap emoticon-Ngakak
Artikulasi nya mesti jelas gan
Quote:


bener sama kl ngomong jangan sampai keliatan logat daerah jg gan
mejeng ahemoticon-I Love Kaskus
ntar ane kerja jadi customor service ah. pelanggan aja di layani apalagi kamu emoticon-Ngakak
Friendly gan halah emoticon-Ngakak
harus sabar juga hadapi konsumen yang bikin emosi. emoticon-Maaf Agan
ga boleh ada logat daerah gan, smiling voice, sabar, gercep, ga mudah baper, dan sometimes english is a must gan di bbrp perusahaan..
ga boleh ada logat daerah gan, smiling voice, sabar, gercep, ga mudah baper, dan sometimes english is a must gan di bbrp perusahaan..
pengalaman ane mah harus cantik gan minimnya good looking lah.. banyakan gitu seh... :cih :ceyem
Jadi CS itu berat, tak jarang customer dateng atau menghubungi CS dalam keadaan emosi. CS di tuntut memiliki sifat yang penyabar, dan bisa melakukan pendekatan terhadap berbagai macam sifat konsumen, karena jika salah pendekatan, bisa jadi akan menjadi boomerang bagi CS itu sendiri.
yahh guaa gakk bisaa. gakk sabarann tcuyy. aplagii customer nyaa nyebelin. dih amit amiy masih bisa bersikap manis. yang ada guaa jambakk ituu mulut customer yg kebnykn ngoceh seenak jidatt. BTW kalo cs itu pada sabarr dan ramahh yaa gilakkk kuatt mentall tcuyy


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di