alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Izin sementara Freeport diperpanjang lagi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3dbbdc162ec20d058b4579/izin-sementara-freeport-diperpanjang-lagi

Izin sementara Freeport diperpanjang lagi

Izin sementara Freeport diperpanjang lagi
Pekerja Freeport di wilayah tambang Kuala Kencana, Papua.
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperpanjang status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) operasi produksi sementara PT Freeport Indonesia hingga 31 Juli 2018, dari yang sebelumnya berakhir pada 4 Juli 2018. Ini merupakan perpanjangan ketiga yang diberikan oleh pemerintah.

Perpanjangan tersebut tertuang dalam perubahan Keputusan Menteri ESDM Nomor 413 Tahun 2017, menjadi Keputusan Menteri ESDM Nomor 1872 Tahun 2018.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot mengatakan, keputusan dibuat dengan pertimbangan pemegang IUPK (Freeport Indonesia) dapat menjual hasil pengolahan tambang ke luar negeri dalam jumlah tertentu dan membayar bea keluar sesuai ketentuan yang berlaku.

"Intinya bahwa SK 413 direvisi dalam rangka memberikan IUPK operasi produksi kepada Freeport Indonesia dengan ketentuan bahwa IUPK berlaku sejak SK diterbitkan sama dengan yang kemarin sampai dengan 31 Juli 2018," tuturnya dilansir Okezone, Kamis (5/7/2018).

Dengan perpanjangan tersebut, perusahaan tambang emas yang berpusat di Amerika Serikat itu bisa kembali mengekspor bijih mentah atau ore ke luar negeri sesuai dengan ketentuan IUPK.

Berdasarkan catatan Ditjen Mineral dan Batubara, total volume ekspor yang dilakukan Freeport hingga batas IUPK mencapai 465.000 ton ore. Atau rata-rata mencapai 176.000 ton per hari. "Itu dari Februari, sesuai izinnya sampai pertengahan Juni," kata Bambang.

Sementara itu, pada 3 Juli 2018, total produksi ore yang dikirim ke Mill Stockpile sebesar 146.896 ton per hari. Sementara rencana atau budget-nya adalah 176.616 ton per hari.

Adapun total ekspor dari Tambang Terbuka Grassberg mencapai 109.355 ton per hari. Sedangkan total ore yang dikirim ke Mill/Concentrator mencapai 197.466 ton per hari dari rencana 181.684 ton.

Bambang menjelaskan, di samping kepentingan ekspor, perpanjangan selama satu bulan diberikan sebagai sinyal bahwa negosiasi divestasi 51 persen saham ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan mencapai titik akhir dalam waktu dekat.

"Pertimbangannya tentu kami melihat situasi bahwa pembahasan divestasi sudah mendekati final sehingga kami berharap (negosiasi) harus selesai sebulan,"katanya.

Dengan perpanjangan izin tersebut, Freeport dapat melanjutkan kegiatan ekspor sesuai rekomendasi yang berlaku mulai 15 Februari 2018 hingga 15 Agustus 2018.

Sementara hingga saat ini, negosiasi yang berlangsung antara pemerintah dan Freeport Indonesia belum mencapai kata sepakat dalam beberapa hal.

Pertama, mengenai kewajiban divestasi 51 persen. Kedua, pembangunan smelter. Ketiga, stabilitas investasi. Apabila semuanya sudah disepakati, maka, Freeport Indonesia bisa mendapatkan perpanjangan izin operasi 2 x 10 tahun atau sampai 2041.

Kontrak Karya pun akan gugur, sehingga, status IUPK Freeport Indonesia ditetapkan permanen. Sementara, sampai batas waktu yang diberikan oleh pemerintah, Juni 2018, perundingan dengan Freeport Indonesia belum juga tuntas.
Negosiasi sesuai asas Pancasila
Sementara, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan upaya negosiasi pemerintah dengan Freeport untuk mendivestasikan sahamnya hingga 51 persen sudah mengikuti aturan undang-undang dan berdasarkan pada nilai ekonomi Pancasila.

"Kami usahakan terus dalam menjalankan proses negosiasi kami mengacu pada Undang-Undang (UU), dari sisi pengelolaan sumber daya alam kami sesuaikan asas pancasila," ucap Sri Mulyani.

Secara keseluruhan, ia melanjutkan, ekonomi pancasila memuat dua elemen yang berisi kondisi pasar dan isi Pancasila. Dua elemen itu menjadi faktor penting bagi pemerintah untuk membuat seluruh kebijakan.

Dengan kata lain, ia menegaskan cara pemerintah dalam berdiskusi dengan Freeport tak melanggar aturan undang-undang. Hal ini juga merujuk pada kepatuhan terhadap perpajakan dan pengelolaan yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar.

"Kalau bicara tentang keadilan sosial, bicara juga tentang persatuan Indonesia, kemanusiaan. Lihat dalam konteks UU kepatuhan terhadap lingkungan, penyesuaian terhadap lingkungan dan perpajakan, semua kami lakukan," jelas Sri Mulyani.

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan proses negosiasi divestasi saham Freeport oleh induk holding pertambangan Inalum sudah memasuki tahap akhir. Proses penandatanganan dokumen ditargetkan selesai Juli 2018.
Izin sementara Freeport diperpanjang lagi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...erpanjang-lagi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Izin sementara Freeport diperpanjang lagi Indonesia kekurangan satu juta pasokan kantong darah

- Izin sementara Freeport diperpanjang lagi Tak perlu ada 'kado' RKUHP pada 17 Agustus

- Izin sementara Freeport diperpanjang lagi Ojol bukan angkutan umum tapi tak dilarang

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di