alexa-tracking

Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3d95ee1cbfaa2a768b458d/marak-kasus-kapal-tenggelam-menhub-akan-panggil-seluruh-kadishub
Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub
Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub

Makassar, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memanggil dan mengumpulkan seluruh kepala dinas perhubungan di seluruh Indonesia untuk membahas dan mengevaluasi keselamatan pada sektor transportasi.

"Hal ini terkait dengan kecelakaan yang akhir-akhir ini terjadi khususnya dalam kegiatan penyeberangan," ujar Budi dalam siaran pers, Kamis (5/7).


1. Keselamatan transportasi harus diutamakan
Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub
Budi mengatakan, tujuan dikumpulkannya para Kadishub ini adalah agar apa yang diamanatkan dalam undang-undang atau peraturan sektor transportasi khususnya terkait keselamatan dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan adanya otonomi daerah, ujar dia, koordinasi penerapan peraturan-peraturan tersebut belum bisa maksimal dilakukan.

“Oleh karenanya sesuai dengan amanat pak presiden saya akan kumpulkan. Kemenhub akan menyampaikan apa yang seharusnya dilakukan tanpa kecuali. Mudah-mudahan apa yang dilakukan bisa dilaksanakan dengan baik dan saya berharap kepada semua dishub provinsi dan di kabupaten/kota hendaknya kita bahu-membahu untuk memastikan level of service dan keselamatan dengan baik,” kata Budi.


2. Perlu dukungan penuh dari Pemda
Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub
Budi menyebut, dari kasus yang terjadi akhir-akhir ini, semua pihak baik pusat maupun daerah sepakat untuk melakukan evaluasi dan reformasi bersama. Karena tanpa dukungan pemerintah daerah, Budi mengakui hal tersebut tidak mungkin akan terlaksana dengan baik.

“Kita melihat suatu kasus yang besar kemarin. Tentunya kita sepakat untuk melakukan suatu reformasi bersama dengan pemda, karena tanpa dukungan mereka hal ini tidak mungkin terlaksana dengan baik," ujarnya.


3. Menyelenggarakan pendidikan ulang
Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub
Budi menyatakan akan melakukan evaluasi baik provinsi maupun pemerintah pusat dan hal tersebut akan dilaksanakan dengan konsisten.

"Kami juga akan melakukan pendidikan ulang berkaitan dengan pejabat di syahbandar agar mereka ada suatu penyegaran berkaitan dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Seperti diketahui, publik dikejutkan oleh beberapa kasus kapal tenggelam tahun ini. Kasus terakhir adalah kandasnya kapal penyeberangan KM Lestari Maju di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA. Kecelakaan laut tersebut telah menewaskan 34 penumpang.

Baca juga: Tangisan Warnai Kedatangan Jenazah Korban KM Lestari Maju di Sidoarjo


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub Sesaat Sebelum Kapal Tenggelam Hari Lasmono Masih Telepon Istri

- Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub Jadwal Cek Kesehatan Bapak Tertunda Akhirnya Naik KM Lestari

- Marak Kasus Kapal Tenggelam, Menhub akan Panggil Seluruh Kadishub Ini Percakapan Terakhir Korban KM Lestari Maju dengan Sang Istri

×