alexa-tracking

KEMENDAGRI: STOP CETAK SUKET LAGI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3d7f20925233ad1f8b4573/kemendagri-stop-cetak-suket-lagi
KEMENDAGRI: STOP CETAK SUKET LAGI
KEMENDAGRI: STOP CETAK SUKET LAGI

KEMENDAGRI: STOP CETAK SUKET LAGI

KOTA BATU – Dalam dua pekan ke depan, tak ada lagi warga Kota Batu yang memegang surat keterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP. Itu jika dinas kependudukan dan catatan sipil (dispendukcapil) tuntas memenuhi target pencetakan e-KTP sesuai deadline. Hingga kemarin (3/7), total masih ada 4.000 orang yang masih memegang suket.

Hal itu terungkap dalam kunjungan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh ke Pemkot Batu, kemarin. Dispendukcapil Kota Batu juga dilarang mencetak suket lagi. Karena warga yang membutuhkan identitas kependudukan harus langsung dilayani dengan mencetak e-KTP. ”Saya tadi sampaikan bahwa suket tidak boleh terbit lagi,” terangnya.



Menurut Zudan, dari pengecekan data di Dispendukcapil Kota Batu, masih ada sekitar 4 ribu warga yang memegang suket. Karena itu, dia mendesak agar mereka yang mengantongi suket tersebut segera diproses menjadi e-KTP. ”Yang ada sekarang harus diselesaikan. Kami beri waktu dua minggu atau sampai 25 Juli mendatang,” terangnya.

Dari pantauan yang dilakukan bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Zudan menilai kinerja Dispendukcapil Kota Batu sudah cukup baik. Dia sempat melihat langsung proses layanan kependudukan, perekaman e-KTP, hingga berkas penyimpanan dokumen. ”Kami datang untuk memastikan, apakah layanan administrasi kependudukan berjalan dengan baik atau tidak. Alhamdulillah, di sini semua sudah berjalan baik,” kata dia. Mulai dari pengurusan akte kelahiran, akte kematian, surat pindah, kartu keluarga (KK), dan e-KTP bisa selesai dalam sehari.

Meski begitu, upaya peningkatan layanan harus tetap dilakukan. Karena masih ada layanan yang belum selesai dalam sehari. ”Seperti tadi, dari 36 perekaman, hanya 2 yang tidak selesai. Ini artinya program masih berjalan dengan cukup bagus,” kata dia. Ke depan, semua harus selesai 100 persen dalam sehari.

Zudan juga menyinggung tentang layanan bagi penganut aliran kepercayaan atau penghayat kepercayaan yang sudah bisa dilayani pada bulan Juli ini. ”Kami minta dinas untuk melakukan pendataan terhadap penghayat kepercayaan terlebih dahulu. Bulan Juli ini sudah bisa dimulai untuk perubahan status kepercayaan di e-KTP,” terang Zudan. Dia melanjutkan, dalam perubahan status itu, kolom agama akan diganti menjadi kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Batu Maulidiono optimistis penyelesaian 4.000 suket dalam dua minggu ke depan bisa dituntaskan. ”Kami masih punya 10.098 blangko e-KTP. Sebanyak 4.000 suket itu bisa kami tuntaskan dalam dua minggu,” kata dia.

Menurut dia, selama ini proses pengurusan sudah cepat, sehari sudah bisa jadi. ”Bagi yang hilang, ganti status belum nikah menjadi nikah, itu sehari jadi. Tapi kalau yang membuat pemula, sekarang diproses, besok jadi,” terang dia. Diakuinya, penyelesaian dalam sehari kadang juga terkendala tidak sinkronnya data di e-KTP dengan di KK atau akte. Sehingga harus diselesaikan hari berikutnya.

Tentang perubahan status penghayat kepercayaan, dia akan menunggu pengajuan dari pihak yang bersangkutan secara langsung. ”Karena ini sensitif. Jadi, kalau mereka tidak mengajukan, kami tidak berani. Baru kalau mereka mengajukan, akan kami layani,” pungkas Maulidiono.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Aris Dwi Kuncoro

http://www.radarmalang.id/kemendagri...ak-suket-lagi/

Semoga ktp nya cepat jadi ya
image-url-apps
Pengurusan cepat??
Gila kali yaa..
Tetangga gua ada yg 1 tahun lebih ga jadi2.
Ngurus apa2 pake suket.
Nah suket ini kan ga seumur hidup, beberapa bulan doang.
Heran gua, ngurus kartu kecil aja sulit banget.
Beda kaya ngurus atm. Ngantri ga sampe 1 jam, jadi.

Orang awam kaya gua pasti mikirnya, ktp tinggal print Data udah ada. Susahnya dimana sih?
Quote:


Saya di Bekasi sesuai janji sih, walaupun ngga langsung jadi. Kemarin bikinin KTP Istri, 4 minggu jadi itu udah dianterin ke rumah. Saya bikinnya Februari 2018.
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Bekasi nya kota apa kabupaten om????
Quote:


Kota om
image-url-apps
Quote:


Pantes.. kalo kota, sedikit lebih cepat.
Saya punya sodara di tambun.
Kasusnya sama juga.
image-url-apps
Quote:


Yang jadi masalah itu kebanyakan mesin print nya yang kurang, mesin print itu sehari cuma bisa cetak ratusan ktp, nah sedangkan masyarakat yang belum punya ktp itu masih ratusan ribu bahkan jutaan, akhirnya hal tersebut dimanfaatkan oleh oknum pemerintah buat malak kalau mau cepet ya bayar emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Mesin ktp cetak ratusan.
Yg ga punya ktp ribuan.
Kalo prinsip hitung2an sederhana,
sehari 100 ktp
5 hari kerja = 500 ktp / minggu
1 bulan 4 minggu = udah 2000 ktp

Nah 2000 ktp baru perbulan.
Kalo diliat berapa jiwa per kab / kota yg belom punya ektp, seperti kasus diatas kasarannya 5rb - 10rb orang harusnya dalam setengah tahun sudah tuntas semua.
image-url-apps
Quote:


Ini bukan sepenuhnya salah presiden skrg.
Lu liat dong ini dari kapan.
Dan ini sumbernya ada di bagian pemerintah bawah.
Tingkat kelurahan
image-url-apps
Quote:


Gak lu itung juga sehari berapa ratus abg yang berumur 17 tahun bikin ktp baru? Atau yang pindah alamat, atau yang kehilangan ktp, bini gw aj di sby juga setahun baru dapat e ktp, padahal sby di gembar gemborin pelayanan publiknya bagus lho, dan permasalahannya ya itu kata orang pemerintah blangko dan mesin print nya
image-url-apps
Quote:


Beda emang antara rahmat effendi sama si neneng.
Klo neneng tidur mulu..
Kabupaten apa2 mesti pake duit.
Ktp, kk, sim, semua pake duit.
ane udah perbaharui suket ane yang pertama kali. emoticon-Leh Uga entah mau diperbaharui sampe berapa kali lagi.
Quote:


nah itu semua ujung2nya tergantung kepala daerah masing2. di kabupaten2 di pulau jawa juga masih banyak yg bupatinya macam si neneng itu. emoticon-Traveller
image-url-apps
Ya emg infrastrukturnya aja lemot, didaerah buat narik data dari pusat bth waktu 3 menit, proses print 5 menit, blom lagi klo jaringan ngadat.
Pasti mesin murahan yg markup tuh, masa print KTP selembar makan waktu 5 menit.
Ngapa kaga Printer ID card profesional saja.
Fargo DTC4300E cuma 19jutaan sejam bisa cetak 225 kartu.
image-url-apps
ane bikin e ktp lagi gegara e ktp lama ilang dicolong orang.. kata pegawe kecamatan sih nanti kalo udah jadi dianterin langsung ma pak dukuh.. alhamdulillah 2 tahun sudah penantian ane masih juga di php.. masa aktif suket udah abis dari tahun kapan gak pernah ane perpanjang tapi masih bisa dipake ngurus banyak hal....
image-url-apps
Quote:


Saya bikin dari 2014, baru selesai awal Juni kemarin. 4 taun gila ngurusin beginian doang, padahal orang yang bikin e-ktp aspal 2 hari jadi.
image-url-apps
Quote:


Dan yg menakjubkan adalah teman kerja kantor saya yg orang luar pulau jawa, waktu musim pilgub dki.
Bayar 1 juta dapet ktp + kk jakarta 1 minggu jadi.
Sebelumnya dia juga udh punya ktp asal.
Total dia punya 2 ktp.

Pas gua tanya alasannya bikin gituan, dia kepengen buat beli rumah dp 0 yg dijanjiin awal kampanye.

Ini saya bicara jujur tanpa ada tujuan menjatuhkan pihak manapun.
Quote:


aahh... serba salah ya gan, padahal kalau pungli patungan buat beli printer kira-kira oke gak ya hehe
Lah gw masih pegang nih suket, gara2 dukcapil bloon salah ketik nomor rumah emoticon-Lempar Bata
ribet bener ini ngurusin yg beginian, mana musti ke kantor dukcapil, emang kaga bisa di desa atua kecamatan gitu ? kasian orang yang jauh, mana ngantri lagih emoticon-DP
×