alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.
4.9 stars - based on 29 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3d7034a2c06eac2a8b4568/bacteriophage-virus-yang-akan-menyelamatkan-umat-manusia

Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.

emoticon-Ultah Hallo Gansis emoticon-Ultah



Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.



"Penyelamat umat manusia? dari apa? dari hidup yang berat ini?"


Bukan ya gan, tapi si Bacteriophage ini adalah salah satu cara manusia menghadapi bakteri Superbug.

Apa itu Bacteriophage? terus apa sih Superbug? dari pada nanya mulu


Disimak yuk.


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.


Apa itu Virus Bacteriophage?


Kalo kalian masuk SMA , ambil jurusan IPA terus belajar biologi bab virus dan monera, pasti kalian bakal liat gambar ini.


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.



Ya gan gambar diatas adalah bentuk dari makhluk paling mematikan di dunia, Bacteriophage atau phage singkatnya. 


Bentuk nya aneh ya gan kaya dibuat oleh "seseorang",Kepalanya berbentuk icosahedron, yang isinya berupa materi genetik si virus, dengan buntut yang ada injeksi didalamnya. Untung nya virus ini hanya menyerang bakteri dan ga akan pernah bisa menyerah sel manusia.


Mereka membunuh 40% bakteri yang ada dilaut setiap harinya, mereka menyuntikan materi genetiknya kedalam tubuh si bakteri dan berkembang biak didalamnya, setelah berkembang biak mereka membuat endolysin yang menghancurkan tubuh si bakteri. kepanjangan ye kalo jelasin, buka buku biologi SMA lagi aja buat lebih lengkapnya.



Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.

Apa itu Superbug


Zaman dulu goresan kecil aja bisa menyebabkan kematian, bakteri bener-bener menghantui umat manusia, namun suatu hari manusia secara tidak sengaja menemukan fungi  yang dapat membunuh bakteri, itulah yang sekarang kita sebut "Antibiotik".



Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.




Karena Antibiotik ini sangat efektif dan sangat murah, manusia berbondong-bondong mulai menggunakannya, bahkan untuk sakit yang ringan, Kalian tau gak sih, ada beberapa peternakan yang sengaja memasukan antibiotik didalam pangan ternak, agar ternaknya nggak sakit sehingga mereka ngga rugi. Antibiotik adalah senjata andalan umat manusia


Namun bakteri adalah makhluk hidup yang dapat berevolusi, semakin banyak antibiotik digunakan, bakteri akan berevolusi yang membuat mereka kebal terhadap Antibiotik.


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.


Inilah yang disebut sebagai Superbug, mereka mulai menyebar ke seluruh dunia, di Amerika sendiri lebih dari 23.000 jiwa telah tewas tiap tahun akibat Superbug. Diperkirakan tahun 2050 Superbug akan mengakibatkan kematian yang lebih besar dari kanker, apabila manusia nggak bisa nemuin senjata buat ngalahin Superbug, bisa jadi ini menyebabkan kepunahan umat manusia.


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.


Datanglah sebuah harapan


Ada seorang pasien yang terinfeksi bakteri superbug di dadanya, pasien ini sudah tidak ada harapan lagi



Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.

gambar hanya sebuah ilustrasi


Bakteri Pseudomonas Aeruginosasalah satu bakteri paling menakutkan ini menginfeksi rongga dada nya, bakteri ini kebal terhadap antibiotik dan bahkan dapat bertahan hidup di dalam gel alkohol.


Setelah setahun menderita pasien ini disuntikan ribuan bacteriophage ke rongga dadanya, seminggu kemudian infeksi bakteri ini benar-benar hilang.


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.


Apakah superbug bisa menjadi kebal terhadap bacteriophage?



ya, mereka bisa menjadi kebal terhadap bacteriophage, untungnya saat mereka menjadi kebal terhadap bacteriophage justru kekebalan terhadap antibiotik menjadi menurun.



Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.



Dengan begini manusia bisa menggunakan kembali antibiotik, kayak main kucing-kucingan ye gan.


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.

Sayangnya percobaan ini masih belum dapet ijin dan Pharma masih enggan untuk mendanai senjata pamungkas ini.



Maaf jika tulisan TS gak enak di hati Agan dan Sista


TS PAMIT



Do Svidaniya emoticon-Ngacir2







Sumber dan referensi

Spoiler for spoiler:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9


Bacteriophage, Virus Yang Akan Menyelamatkan Umat Manusia.


Diubah oleh terlalurizky
ga nyangka gan, virus simpel yang sering ada dibuku biologi sma kaya gitu bisa jadi jurus selamat manusia.

btw gambar diatas ngena banget emoticon-Wkwkwk
Mejeng ahemoticon-Matabelo
Kayak familiar sama kontennya gan.
Keep posting.
Njejak dulu di trit biologi. nanti tak edit
Quote:


Ini mah gambar pembuahan ovum.
Bakteri baik dong
Super bug itu emg ngeri, krn klo udh masuk ke dlm tubuh, cuma daya tahan yg bisa nahan
Quote:


Wow 40% setiap hari ??
Diubah oleh nanaaje753
ngeri bre
mejeng pejwan HT dulu gan
mejeng di pejwan HT..
Diubah oleh p4hlevi
gambar nya kayak robot di Jimmy neutron gan
Quote:


emoticon-Wakaka
lho.. koq aku ning kene?

Quote:


Maksudnya apaan? emoticon-Bingung
pusing ah gan. ane anak akuntansi. gak ngerti fisika atau kimia kimiaan lah emoticon-Bingung
Satunya namanya apa gan saudaranya? Mirip gambarnya
Diubah oleh pbs81
sumpeh,
ending nya gaje banget emoticon-No Hope
gantung dah baca nya emoticon-Bingung
Edit : salah ngepost trit
Diubah oleh pbs81
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di