alexa-tracking

Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3d5f0c925233f84e8b4585/dana-otonomi-diduga-jadi-bancakan-korupsi-irwandi
Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi
Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf (baju putih) digelandang ke KPK, Rabu (4/7/2018). Irwandi jadi tersangka dugaan korupsi terkait dana otonomi khusus.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai tersangka dugaan suap pengucuran Dana Otonomi Khusus Aceh 2018, Rabu (4/7/2018) malam.

KPK menduga, Irwandi mematok jatah tertentu dari tiap proyek yang dibiayai dengan Dana Otonomi sebesar Rp8 triliun. Istilahnya ijon proyek. Mereka yang ingin menang, membayar sejumlah uang tertentu agar dimenangkan dalam lelang proyek.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan dari kasus yang dikuak kemarin, Bupati Bener Meriah Ahmadi diduga mengumpulkan uang dari para pengusaha untuk membayar comitment fee 10 persen.

Comitment fee ini dibayarkan ke dua pihak, 2 persen untuk tingkat kabupaten, kemudian 8 persen persen itu adalah untuk tingkat provinsi. "(Duit) Ini yang kemudian dibagi-bagi. Ke mana-mana, kami belum tahu," tutur Basaria seperti dipetik dari detikcom.

Suap yang ditangkap kemarin menurut Basaria, terkait proyek pembangunan jalan. Suap kepada Irwandi ini diduga sudah tahap yang dari rencana Rp1,5 miliar. "Tim masih mendalami dugaan penerimaan-penerimaan sebelumnya," ujar Basaria di Jakarta, Rabu (4/7/2018), seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Basaria, uang suap itu diberikan kepada Irwandi melalui orang-orang dekatnya.

Selain Irwandi, Hendri Yuzal, dan Syaiful Bahri ditetapkan tersangka sebagai penerima suap. Ketiganya dijerat dengan pasal 12 huruf a atau pasal 11 Undang-Undang 31/1999 yang diubah Dengan UU 20/2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sedangkan Ahmadi, Bupati Bener Meriah sebagai penyuap dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Irwandi, pada Kamis (5/7/2018) dini hari membantah menerima suap. "Saya tidak terima uang dan hadiah," ucap Irwandi, seperti dipetik dari detikcom.

Ahmadi turut mengelak terlibat dalam dugaan suap ini. Menurutnya, tak ada bukti jika dia menyuap. "Sampai hari ini OTT, bukan saya menolak bukan juga saya tidak menerima. Tapi bukti apapun tidak ada bersama saya," ucapnya seperti dikutip dari Merdeka.com.

Namun KPK memperoleh bukti. Basaria membeberkan, Selasa (3/7/2018), tim mengidentifikasi adanya penyerahan uang Rp500 juta dari pihak swasta Muyassir kepada swasta lainnya Fadli di teras sebuah hotel di Banda Aceh. Uang itu disebut merupakan bagian dari commitment fee Rp1,5 miliar.

KPK menduga Fadli menyetorkan uang tersebut ke beberapa rekening Bank BCA dan Mandiri sebesar masing-masing Rp50 juta, Rp190 juta dan Rp173 juta.

"Uang yang disetor ke beberapa rekening tersebut sebagian diduga digunakan untuk pembayaran medali dan pakaian di kegiatan Aceh Marathon 2018," ujarnya seperti dinukil dari Kompas.com.

Pada pukul 17.00 WIB tim KPK menangkap Fadli dan beberapa orang lainnya di tempat terpisah di Banda Aceh. Di antaranya pihak swasta Syaiful Bahri yang ditangkap pada pukul 18.00 WIB di sebuah kantor rekanan. "Dari tangan TSB (T Syaiful Bahri) diamankan uang Rp 50 juta dalam tas tangan," ujarnya.

Tim KPK juga mengamankan Hendri Yuzal pihak swasta, , dan seorang temannya di sebuah kafe sekitar pukul 18.30 WIB.

KPK lalu menangkap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. "Secara paralel tim KPK lainnya di Kabupaten Bener Meriah mengamankan sejumlah pihak. Sekitar pukul 19.00 WIB tim mengamankan AMD (Ahmadi), Bupati Bener Meriah, bersama ajudan dan supir di sebuah jalan di Takengon," katanya.
Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...orupsi-irwandi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi Membunuh gajah bersahabat demi gading

- Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi OTT akan menjerat siapa lagi?

- Dana otonomi diduga jadi bancakan korupsi Irwandi Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen

×