alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD
4.17 stars - based on 29 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3cc631620881da548b4573/rupiah-melemah-akhir-juli-bisa-tembus-rp-14800-per-usd

Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD

Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD

Rupiah kembali melemah. Berdasar kurs tengah Bank Indonesia (BI), Rabu (3/7), rupiah berada di level Rp 14.418 per USD.

Itu berarti rupiah erosot 87 poin dari sehari sebelumnya yang berada di level Rp 14.331 per dolar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bank sentral akan terus melakukan serangkaian langkah stabilisasi.

Tidak hanya melalui kebijakan suku bunga, tetapi juga lewat intervensi untuk memastikan tersedianya likuiditas dalam jumlah yang memadai.

Otoritas moneter juga melakukan pembelian surat berharga negara (SBN) di pasar untuk menstabilkan nilai tukar rupiah.

”Asing belum masuk cukup besar, maka perlu intervensi valas oleh BI. Kalau ada investor asing menjual SBN-nya, BI akan membeli SBN dari pasar sekunder,” kata Perry.

Perry menambahkan, BI kini menunggu respons pasar atas kebijakan suku bunga.

Dia berharap kenaikan bunga acuan bisa membuat imbal hasil di pasar keuangan tetap menarik bagi investor asing.

”Kami harapkan investasi masuk juga ke SBN dan itu juga menambah suplai dari dolar dan menstabilkan rupiah,” jelas Perry.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menuturkan, upaya intervensi oleh BI akan membuat cadangan devisa kembali terkuras.

Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD

Dia mengungkapkan, sepanjang Januari hingga Mei ini, cadangan devisa sudah berkurang USD 9 miliar. Salah satunya untuk intervensi rupiah.

Karena itu, dia menilai masalah utamanya berada pada respons BI dan pemerintah yang terlambat mengantisipasi perubahan dinamika global.

Bhima menuturkan, perang dagang dan kenaikan Fed rate sebenarnya bisa terbaca sejak 2015.

Namun, antisipasinya baru dilakukan tahun ini dengan naikkan bunga acuan 100 bps pada dua bulan terakhir, yakni Mei dan Juni.

Selain itu, pemerintah seharusnya membuat mitigasi berupa insentif pajak untuk sektor penguat devisa seperti ekspor dan pariwisata.

”Itu juga belum dilakukan. Akibatnya, kondisi fundamental ekonomi semakin jatuh. Kalau kondisi terus begini, akhir Juli sangat mungkin rupiah tembus Rp 14.700–14.800,” kata Bhima. (ken/jun/c25/sof)

kolam

Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD
Halaman 1 dari 2
Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD
Jangan Panik......




Cangkemu asuuuuu emoticon-Ngakak
bukan cuma 🇮🇩 nyet! emoticon-Wkwkwk
Jangan panik.
Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD

Nastak goblokemoticon-fuck
Sengaja dilemahkan untuk nutup kasus kapal tenggelam, biar nggak pada panik
Quote:

Mmg lagi melemah di ekspor ama pariwisata, apalagi stelah ada kjdian tenggelamnya kapal, sama larangan ekspor sawit mentah yg smakin memperlemah kdua sektor tsebut.
Hanya bsa berharap september bnar2 meroket.
Rame bener nih sarang kampret emoticon-Leh Uga
Enak kali ya kerja di BI, gaji gede, rupiah lemah yg disalain pemerintah emoticon-Ngakak
Quote:


kalo goblog ya belajar jon biar pinter
bukan cari pembenaran dgn cara cari temen goblog lainnya
gak usah jauh2 lihat itu negara tetangga brunei, gak terpengaruh dolar
beda sama rupiah, impoten loyo plonga plongo emoticon-Big Grin

Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD
di dunia ini cmn ada dua negara, indo sm amerika doang emoticon-Leh Uga
rupiah lemah kemana mana kok

emang ini mata uang harus di redenom, sayang ga ada nyali.

mungkin ribuan tahun lagi redenominasi

emoticon-Leh Uga
selagi makannya ayam dan nasi yah gapapalah , masih murah harganya
Quote:


Horeeeeee emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak merokeeeeeeeetttt
Diubah oleh wakanda.forever
Quote:


emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
Bakal makin ngamuk ini bini gw harga semua pada mahal...
Quote:


Emg ga boleh? emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Boleeee
Quote:


Y udh~ Rupiah Melemah, Akhir Juli Bisa Tembus Rp 14.800 per USD
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di