alexa-tracking

Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3cbbec1854f7be238b457a/pandangan-nasdem-soal-larangan-eks-napi-korupsi-nyaleg
Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg
Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg

Jakarta: Partai NasDem tidak begitu sepakat dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang mantan narapidana korupsi maju jadi calon anggota legislatif. Ketua Umum Surya Paloh punya alasan sendiri soal sikap itu.


Surya mengatakan NasDem mafhum dengan semangat KPU terkait aturan larangan eks napi korupsi nyaleg. Namun, aturan itu menjadi polemik lantaran dinilai menabrak undang-undang.


'Di satu sisi punya semangat yang begitu hebat, tapi satu sisi ada konstitusi yang harus kita patuhi, kita hormati, ada undang-undang,' kata Surya di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Juli 2018.


Baca: Aturan Larangan Eks Koruptor Nyaleg Dipertahankan


Surya mengatakan kebijakan KPU ini sejatinya sejalan dengan komitmen NasDem dalam upaya pencegahan korupsi. Namun, kebijakan ini jadi polemik dan bakal menguras energi penyelenggara maupun peserta pemilu di tengah jadwal pesta demokrasi lima tahunan yang kian dekat.


'Masalah yang utama ini, saya tahu tidak mudah dilakukan penyelenggara, yakni pemilihan umum secara jujur dan adil,' ujarnya.


Surya menilai sebaiknya penyelenggara maupun peserta pemilu fokus pada sosialisasi terkait proses pemilu serentak. Pasalnya, pada pemilu nanti dipastikan jumlah pemilih dan tempat pemungutan suara yang bertambah. Belum lagi, masyarakat bakal dihadapkan pada lima surat suara yang harus dicoblos bersama.


'Ini perlu sosialisasi. Sosialisasi ini jauh lebih penting daripada kita berada pada posisi yang berpolemik hari ini. Banyak lagi energi kita yang terbuang,' ujarnya.


'NasDem tidak mau juga mencalonkan anggota legislatif korupsi. Tapi hati saya juga sedih, kepatuhan undang-undang juga harus kita utamakan, bolehlah semangatnya,' tambah Surya.


Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg

Ketua Umum Surya Paloh di Kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Juli 2018--Medcom.id/Arga Sumantri.


KPU menerbitkan PKPU tentang calon legislatif DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota yang mengatur larangan eks narapidana korupsi maju di pileg. KPU memperluas tafsir dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.


Dalam aturan itu ada poin yang menyebutkan kalau caleg tidak boleh sebagai pelaku atau mantan pelaku kejahatan luar biasa. KPU memasukkan korupsi sebagai kejahatan luar biasa selain kejahatan narkoba dan asusila terhadap anak, juga terorisme.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...korupsi-nyaleg

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg KPU: Larangan Mantan Napi Korupsi Nyaleg Selaras dengan UU Pemilu

- Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg Pemuda Muhammadiyah: Koruptor Seperti Residivis

- Pandangan NasDem soal Larangan eks Napi Korupsi Nyaleg Gerindra Minta Komisi II Panggil KPU

metrotv memang TOP, tetap berkarya ya.. kami pembaca setia metro tv news...sukses ya
×