alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
"Tang Taizong" Kaisar Dinasty Tang
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3cb0d66208814d158b4577/tang-taizong-kaisar-dinasty-tang

"Tang Taizong" Kaisar Dinasty Tang


Tang Taizong

Taizong (nama lahir, Li-Shimin, 598-649M, menjadi kaisar tahun 626-649M) adalah kaisar kedua dari Dinasti Tang dan dianggap sebagai salah satu kaisar terhebat dalam sejarah Tiongkok karena reformasinya terhadap sistem pemerintahan, hukum, toleransi beragama, serta kemakmuran yang dinikmati oleh negeri Tiongkok di bawah pemerintahannya. Taizong juga menjadi standard keberhasilan bagi para kaisar di dinasty Tang setelahnya maupun dinasty-dinasty pengganti Tang. Kelak kaisar Tang Xuanzong juga mengikuti pola keberhasilan dari Taizong sehingga ia sering disebut sebagai "Taizong kecil".

Taizong adalah putra kaisar pertama Dinasti Tang, Gaozu (618-626 CE) saat itu ia menjadi salah satu Jendral pasukan ayahnya yang sukses membantu ayahnya menggulingkan dinasty Sui yang sudah korup dan bobrok (589-618 M). Taizong memperoleh tahta suksesi setelah ia menghabisi saudara-saudaranya yang memiliki hak waris atas kekaisaran. Namun demikian, ia membuktikan dirinya adalah seorang penguasa yang hebat dan aibnya tertutup oleh keberhasilannya dalam memerintah kekaisaran Tang.

Spoiler for Li Shi Min sebelum naik Tahta:


Spoiler for Kebijaksanaan Kaisar Taizong:


Spoiler for Ekspansi militer Taizong:


Spoiler for Wafat dan peninggalan Taizong:


Sumber
Sumber
Sumber
Diubah oleh: liamonters
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
oh ini saudara angkatnya biksu tong
Quote:


kalo difilm diteror ama naga buduk dan diajak jalan2 ke nerakaemoticon-Goyang
Kalo dr film2 dan ilustrasi, pasukan Tang sudah full armor kecuali wajah, apa semua pasukan nya full armor ???
Jika ditilik kemampuan nya dalam mengalahkan suku turk, bahwa mereka tang juga terbiasa dg mounted archery ??
Mengenai milisi, apa ini berbeda dr army atau army nya ya milisi
dulu di tpi ada pilemnya ini, the grand canal jenggot naga emoticon-Matabelo
Quote:

Cuma di novel atau film.
Aslinya kan kaisar melarang perjalanan keluar negara, sehingga Xuanzhang mesti menyusup melewati perbatasan dengan berbagai cara, dan pas pulang juga mesti kirim surat dulu ke kaisar agar diizinkan pulang.
Quote:


Milisi itu makna yang diambil dari sistem fubing, yaitu seperti warga biasa yang diwajibkan untuk militer, sebagian besar dari keluarga petani yang diambil 1 org anaknya untuk melayani dimiliter, tercatat jumlah milisi fubing ini hampir berjumlah 600rb org.

Untuk armor... periode Tang awal mereka menggunakan lamelar yang cukup berat, yg pakai armor sampe leher itu biasanya kavalery dan infantry berat

Hingga periode selanjutnya, kebanyakan perwira Tang menggunakan armor ming guang

Armor ini berbeda dgn full lamelar yg dibagian dadanya pakenya plate bukan lempengan, armor ini lebih ringan dari armor sebelumnya.

Disamping milisi fubing, Tang juga punya unit profesional yang biasanya ditempatkan di luar ibukota tapi relatif masih dekat.

Ya mount archery udah tau koq Tang, dan kavalery Tang relatif bisa melakukan lebih baik apa yang bisa dilakukan oleh org stepa, karena komposisi pasukan Tang benar2 multi etnis, dan quda sangat disukai di dinasty ini.
Quote:


dia keluar waktu keadaan lagi panas dingin dan melewati rute yang sejatinya agak kurang suka ama Tang emoticon-Ngakak
btw dulu ke india berarti jalurnya dari asia tengah ya?
Quote:

Mengikuti jalur sutera juga.
Memang perjalanannya ke asia tengah dulu, sampai Afganistan, baru ke selatan menuju India.
Quote:
Quote:


pasukan elit pakai full armor ya wajar. era Tang mengikuti perkembangan era sebelumnya saja.

hanya saja semakin banyak yang menggunakan armor karena Tang ini agak berbeda dengan Jin, Han, dkk yang mengikuti model konfusianis hingga agak radikal/ fanatik. di era Tang mereka tidak merasa cocok karena nyatanya membuat negara menjadi lemah karena cenderung melihat perang hingga persiapan perang sebagai tindakan bodoh/ barbar.

karena itu Tang merasa cocok dengan buddsihme walaupun dibawa dari negeri sebrang. karena lebih moderat dan tidak memaksakan doktrin mereka dalam berbagai bidang termasuk militer. mungkin karena masih baru dan dibawa oleh orang yang betulan pandai. beda dengan konfusianis yang ajarannya sudah demikian belok sehingga sudah kontradiktif dengan ajaran aslinya sendiri.

karena tidak menetapkan pemikiran konfusianis secara fanatik maka persiapan perang menjadi dilihat dalam kacamata yang lebih baik. dianggap wajar bagi warga negara untuk berprofesi sebagai prajurit karier, memiliki kuda bahkan memiliki armor. hal ini juga semakin terbantu karena kebijakan Tang yang membuka diri terhadap suku asing non asli china. sehingga masyarakat nomadic-sedentary juga ikut menetap dan turut menyumbang kekayaan khasanah mereka yang masih menguasai horseback dan archery.

hal ini membuat pertukaran budaya dan membuat Tang menjadi maju serta kapabel dalam hal militer. melihat era Tang, mau tidak mau merupakan era yang paling kapabel secara kesiapan militer, setara dengan awal Ming, Qing, walau belum selevel Qin.


Quote:


good ending sih, sampai ditawari dari PM segala walau ditolak halus.

kalau tidak salah Xuanzhang bilang ia bagiakan perahu. kalau di tengah danau atau sungai bisa digunakan untuk menyebrang. tapi kalau diseret ke darat ia akan tidak berguna lalu akan membusuk dan hancur saja. jadi tindakan kaisar untuk menetapkannya sebagai PM ibarat menyeret perahu ke darat, tidak akan membawa manfaat justru merusak.
Quote:


He? Alasan gak boleh ke luar negara kenapa?

Kebijakan buat semua orang? Atau khusus buat monk aja? Atau khusus buat Xuanzhang aja?

Edit:
Nevermind. Got the answer.
Cikal bakal paspor-visa. emoticon-Big Grin

Kirain ada unsur religiusitasnya kaya kaum Brahma di India yang gak boleh nyebrang pulau.
Diubah oleh dcantripe
Ane baca dolo pelan-pelan bree biar paham
ngantuk,,,males baca emoticon-Hammer2
Aslinya ada peran wanita dalam kesuksesan si taizong ini emoticon-Big Grin
wah, salah satu selir nya sang kaisar, dikemudian hari malah jd permaisuri wu zentian, kaisar wanita pertama dlm sejarah dinasti tiongkok kuno ?? emoticon-Embarrassment
Dinasty tang, dinasty obeng, dinasty warrior.
Diubah oleh Nabil.Net
mantep2 bangunanya bray,
jd inget basara bray,






tatang s ?
kisah yg epic
sekalian gembok yre
ane taunya cma dynasty warrior ni bre
. emoticon-Malu
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di