alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3cab0da2c06ee1678b4578/vape-produksi-juli-2018-tetap-kena-cukai-57-persen

Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen

Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen
Ilustrasi rokok elektrik alias vape. Pengenaan cukai baru akan berlaku mulai 1 Oktober 2018, untuk vape yang diproduksi sebelum Juli 2018.
Pemerintah memutuskan menunda pemungutan cukai terhadap rokok elektrik alias vape. Cukai sebesar 57 persen itu sedianya dipungut 1 Juli 2018 sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor PMK-146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau. Namun diundur jadi 1 Oktober 2018.

Cukai adalah sarana pemerintah membebani suatu komoditas dengan tarikan biaya. Umumnya bertujuan untuk mengendalikan konsumsi di masyarakat. Komoditas yang biasanya kena cukai adalah minuman beralkohol dan produk hasil tembakau.

Menurut Plt Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemkeu) Nugroho Wahyu, kelonggaran penarikan cukai itu diputuskan karena pemakainya telanjur sudah banyak.

"Makanya kami beritahu ke pelaku pasar, itu sampai 1 Oktober masih boleh dijual di lapangan untuk vape yang tidak tertempel pita cukai," kata Nugroho, Selasa (3/7/2018), seperti dinukil dari Kontan.co.id.

Namun kelonggaran itu hanya ditujukan buat vape yang diproduksi sebelum Juli 2018. Sedangkan vape yang diproduksi setelah Juli 2018, tetap dikenakan cukai 57 persen.

Jika cukai sudah berlaku, pengusaha akan memesan pita cukai ke Ditjen Bea dan Cukai. Sehingga vape yang dijual nantinya dilengkapi pita cukai.

Menurut Nugroho, potensi cukai ini cukup besar, sekitar Rp5 triliun-Rp6 triliun. Tapi jika diterapkan mulai Oktober mendatang, perolehan cukai tahun ini diperkirakan hanya sekitar Rp200 miliar. Sedangkan tahun depan, potensi penerimaan yang bakal diperoleh bisa mencapai Rp2 triliun.

Nugroho menyebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pengusaha vape sejak Januari.

Februari lalu, Ketua Bidang Legal dan Business Development Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), Dendy Dwiputra mendukung Ditjen Bea Cukai untuk menetapkan regulasi cukai ini. Tapi tarif cukai sebesar 57 persen memberatkan.

Menurut Dendy, industri produk tembakau alternatif di Indonesia merupakan pemain lokal yang berbasis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemain ini memiliki potensi mendominasi pasar Indonesia. Menurutnya, vape buatan Indonesia sudah diminati oleh pasar luar negeri seperti Prancis.

"Jadi, sangat disayangkan jika penetapan tarif cukai produk tembakau alternatif sebesar 57 persen, karena dapat menghambat perkembangan industri," ucap Dendy, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/2/2018).

Awalnya, pemerintah bakal menarik cukai untuk rokok elektrik mulai 1 Juli 2018. November tahun lalu, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, menyatakan alasan utama pengenaan cukai tinggi ini untuk membatasi jumlah konsumsi serta menghindari penyalahgunaan vape.

"Konsumsi (rokok elektrik) perlu dibatasi, dan harus tepat sasaran, yang enggak berhak, kemarin kan anak SD menghisap vape," kata Heru di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017) seperti dikutip dari detikFinance.

Dasar pengenaan cukai rokok elektrik adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146 Tahun 2017.

Menurut Heru, vape berhak dikenakan cukai karena mengacu pada pasal 8 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai, segala hasil pengolahan tembakau lainnya dikenakan objek cukai.

"Karena bahan dasar rokok tadi adalah cairan yang dari tembakau, sehingga ini tentunya sebagai objek UU Cukai yang konsumsinya ada pembatasan dengan cara menambah cukai," kata dia seperti dikutip dari CNN Indonesia.
Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ukai-57-persen

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair

- Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen 7 Sektor perkasa lambungkan IHSG

- Vape produksi Juli 2018 tetap kena cukai 57 persen Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di