alexa-tracking

Pemerintah Luncurkan Perahu Bambu Karya Anak Bangsa, Pertama Di Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ca12cd9d770a71b8b4567/pemerintah-luncurkan-perahu-bambu-karya-anak-bangsa-pertama-di-dunia
Pemerintah Luncurkan Perahu Bambu Karya Anak Bangsa, Pertama Di Dunia

 
Kita perlu mengapresiasi atas diluncurkanya perahu bambu karya anak bangsa. Perahu yang berbahan bambu laminasi buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut merupakan perahu bambu pertama yang pernaha ada di dunia. Bahkan peluncuran tersebut diresmikan oleh perwakilan pemerintah yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi.
 
Dalam kesempatan yang sama Ibu Susi menyebut jika adanya perahu bambu karya  anak bangsa merupakan inovasi yang bagus. Ibu Susi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia harus mencoba pakai perahu tersebut, apalagi sekarang hutan sudah mulai berkuran, kayu sudsah didapat dan mahal dan nelayan memerlukan kapal. Maka adanya perahu bambu ini adalah solusi terbaik.
 
Selain itu Ibu Susi juga berharap agar perahu bambu tersebut tidak hanya menjadi prototipe, akan tetapi dapat diproduksi untuk digunakan secara masal. Jika Indonesia mampu membuat perahu bambu maka tidak perlu impor perahu lagi. Sebab ada anak bangsa yang sudah berinovasi dan memberi solusi, tinggal bagaimana pemerintah mau memfasilitasnya kekuranganya saja.
 
Sementara itu Rektor ITS Prof. Joni Hermana menerangkan jika pengembangan perahu bambu laminasi tersebut ditujukan guna memberikan bahan dan solusi alternatif kapal murah dan layak pakai di saat pasokan kayu sudah mulai langka dan harganya mahal, tentu ini menjadi permasalahan bagi para nelayan. Oleh sebab itu hadirnya perahu bambu buatan ITS ini diharapkan mampu memberi solusi terbaik bagi nelayan.
 
Lebih lanjut rektor ITS juga menyebut jika bambu dipercaya lebih kuat jika dibanding dengan jati kelas dua. Hadirnya perahu bambu tersebut bagian dari komitmen ITS dalam menjawab apa yang telah menjadi kebutuhan ditengah masyarakat khususnya para nelayan, sehingga keberadaan ITS dapat dirasakan masyarakat.
 
ITS memulai melakukan penelitian perahu bambu sejak 2012, karena pihak ITS meyakini jika bambu lebih kuat jika dibanding kayu jati kelas dua, apalagi bambu bisa menghemat 60 persen dari pada menggunakan kayu. Bahkan secara kontruksi bambu bisa digunakan sebagai bahan kapal karena semakin kena air apalagi air asin maka bambu akan semakin kuat. Cara Daftar dan Berhenti Paket Yellow IM3
image-url-apps
Gambarnya mana ? emoticon-Bingung
image-url-apps
Keren gambarnya gan
KASKUS Ads
gambarnya transparan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
image-url-apps
Di mengleng bambu udah dibikin jadi baju ..
ini mulusnya kaga ada...

prahu bambu yang kayak gini bukan ya gan..? Pemerintah Luncurkan Perahu Bambu Karya Anak Bangsa, Pertama Di Dunia
image-url-apps
bambu laminasi sebenar nya di luar negeri sudah di buat macam2...
di buat papan kayu....di buat atap gelombang.....yg atap gelombang ini ane pernah nonton di tv...wow....atap gelombang dari anyaman bamboo yg mirip seng gelombang sepanjang 2 meter di enjot2 orang dewasa loncat2 di atas nya kagak patah....itu gua lihat 20 tahun yg lalu....berita dari luar negeri sich
mantap....

kalau yg belum ngerti bamboo laminasi mending googling dulu atau lihat dulu di youtube....di indonesia sudah mulai ada sich denger2.....produksi papan bambu laminasi....cuman masih belum jelas pasar produk nya ke mana...apa lokal atau eksport....

btw ane punya teman yg arsitek dan memang ahli per bambu an.....keren lho potensi bamboo laminasi...
image-url-apps
klo ditempat saiya namanya "gethek".
image-url-apps
mantap emoticon-2 Jempol
prahu esemka?emoticon-Leh Uga
image-url-apps
cobain dlu d danau toba emoticon-Cool
bambu laminasi udah lama. kalo gak salah alumni teknik sipil UGM ada yang megang patent, (CMIIW)
mulai ada produk umum di sekitar tahun 2015an (produk puslitbang)
tapi untuk kapal mungkin emang pertama.
mungkin cocok untuk kapal nelayan.
image-url-apps
Quote:


Rakit ini mah :goyang
image-url-apps
Esemka v2.0 emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
Quote:


kalo di tempat gw disebutnya Getek ini... emoticon-Ngakak
image-url-apps
buat mancing di laut oke nihh...

emoticon-Cool
image-url-apps
wkwk. gak ada gambarnya
×