alexa-tracking

Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c9cfdded77015058b4568/pinjaman-tiongkok-untuk-kereta-cepat-segera-cair
Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair
Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair
Miniatur kereta cepat dipamerkan dalam sebuah ajang pameran transportasi di Jakarta (8/11/2017).
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) optimistis bisa mencairkan dana pinjaman proyek tahap II dari China Development Bank (CDB) pada bulan ini.

Menurut Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra, pinjaman tersebut ditargetkan bisa dicairkan pada 12 Juli 2018 dengan nilai mencapai 1,11 miliar dolar AS, atau setara Rp15,54 triliun (kurs Rp14.000 per dolar).

Selanjutnya, Chandra mengungkapkan, pencairan tahap ketiga nilainya sebesar 500 juta dolar juga akan cair pada Desember tahun ini.

"Hasil pinjaman tersebut akan digunakan untuk pembebasan lahan dan pembayaran kontraktor," ujar Chandra dikutip dari Kontan, Rabu (4/7).

Chandra mengatakan, usai pencairan tahap pertama pada April lalu sebesar 170 juta dolar, pihaknya sudah mulai bekerja. Saat ini, dari 215 area, sudah ada 45 area yang sudah mulai digarap para kontraktor.

“Kami punya kontrak dengan kontraktor itu 36 bulan, itu berarti sampai 2021 semester pertama selesai. Progres konstruksi sudah 5 persen, kalau lihat lahan yang sudah serah-terima ada 22 titik kritis kemudian 51 titik lagi,” kata Chandra.

Dengan realisasi sebesar itu sampai saat ini, maka pada akhir tahun, ditargetkan konstruksi sudah bisa mencapai 25 persen dan pembebasan lahan sudah bisa rampung 100 persen, dari saat ini yang baru mencapai sekitar 70 persen.

Target pembebasan lahan makin cepat seiring dengan penyelesaian penggantian rumah dinas milik TNI Angkatan Udara (AU) yang sempat bersinggungan dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pada Selasa (3/7/2018), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menyerahkan kunci rumah dinas pengganti yang ditujukan bagi anggota TNI AU yang rumah dinasnya terimbas proyek di wilayah Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Alhasil, lahan tersebut kini bisa dimanfaatkan sebagai stasiun dan trase (bagian sisi rel) kereta cepat Jakarta-Bandung. Di wilayah ini pula, KCIC akan segera membangun terowongan utama sepanjang 16.375 meter.

Menurut data KCIC, saat ini tengah berlangsung pengerhaan Proyek Inlet Tunnel atau terowongan Kereta Cepat, tepatnya di KM 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Inlet Tunnel 1 sepanjang 1.830 meter ini merupakan salah satu titik kritis dari total 16.375 meter terowongan yang akan dikerjakan selama 26 bulan.

Pada titik ini, telah dituntaskan pemadatan 2.700 meter per segi konstruksi jalan beton, jalan akses serta pembangunan bengkel.

Rini menyatakan, rumah dinas pengganti menjadi salah satu bukti komitmen KCIC menjalankan proyek strategis nasional. Ia juga mengklaim bahwa proyek infrastruktur ini dibangun tanpa menggunakan dana APBN.
Target lebih realistis
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sebelumnya diperkirakan rampung pada 2019. Target itu akhirnya molor menjadi tahun 2021. Salah satu penyebabnya adalah pembebasan lahan yang belum selesai sejak 2016.

Ketua Forum Transportasi Perkeretaapian MTI Aditya Dwi Laksana menilai, target pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung pada 2021 sudah lebih realistis untuk mengejar tahap pembangunan infrastrukturnya.

"Tadinya KA kecepatan tinggi diproyeksikan selesai pada 2019, kemudian mundur pada 2020 dan sekarang 2021, itu memang lebih realistis ketimbang target-target penyelesaian sebelumnya," kata Aditya kepada Bisnis Indonesia, Selasa (3/7).

Dalam hal ini, Aditya menuturkan, jika tantangan utama pembangunan infrastruktur, seperti pengadaan lahan yang sudah mencapai 73 persen dan pencairan pinjaman dari China Development Bank untuk tahap dua dan tiga sudah betul-betul direalisasikan pada sisa akhir tahun ini, maka tak menutup kemungkinan penyelesaian proses konstruksi akan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

"Satu lagi, pembangunan proyek infrastruktur juga harus memperhatikan aspek keselamatan, tanpa harus dikejar tayang dengan tenggat waktu penyelesaian. Sementara masa tiga tahun ke depan sebenarnya relatif singkat untuk pembangunan infrastruktur sepanjang 142 km apalagi sekaligus pengoperasiannya," pungkasnya.
Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...at-segera-cair

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair 7 Sektor perkasa lambungkan IHSG

- Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK

- Pinjaman Tiongkok untuk kereta cepat segera cair Tekanan kurs terburuk untuk Indonesia dan India

×