alexa-tracking

Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c957dded770c8678b4581/dibungkus-daun-pisang-ini5-resep-makanan-jodohnya-nasi-hangat
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat

Kamu pasti pernah dong makan masakan yang dibungkus daun pisang? Menyantap makanan yang dibungkus dengan daun pisang memang memberikan cita rasa dan kenikmatan tersendiri serta sensasi seperti makan di desa yang asri.

Pada daun pisang juga terdapat aroma yang khas, nah aroma ini akan keluar jika daun pisang ini diproses menjadi suatu masakan. Beberapa masakan yang dibungkus daun pisang ini bisa menemanimu menyantap nasi hangat. Yuk catat resepnya!


1. Pepes
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat
Beragam bahan makanan seperti ayam, ikan, teri, jamur dapat diolah menjadi pepes lho. Tinggal pilih mana kesukaanmu. Yuk catat resepnya dari resepkoki.id berikut:

Bahan

  • Ikan mas - 2 ekor
  • Jeruk nipis peras dan ambil airnya- 1 buah
  • Garam - 1 sdt
  • Cabe rawit merah - 10 buah
  • Tomat, potong-potong - 2 buah
  • Serai, memarkan - 6 batang
  • Daun kemangi - 100 gram
  • Daun bawang, iris kasar - 2 batang
  • Daun salam - 8 lembar
  • Minyak goreng - 5 sdm
  • Daun pisang untuk membungkus - secukupnya
Bumbu halus:

  • Bawang merah - 10 butir
  • Bawang putih - 4 siung
  • Cabe merah - 3 buah
  • Kemiri, sangrai - 5 butir
  • Kunyit, bakar - 1 ruas
  • Jahe - 1 ruas
  • Lengkuas - 1 ruas
  • Garam - 1 sdt
  • Gula - 1 sdt
Langkah

  • Bersihkan ikan, buang sisik dan dalaman perutnya. Cuci bersih ikan dengan air mengalir.
  • Beri guratan di badan ikan, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Biarkan sampai bumbu meresap dan sisihkan.
  • Tumis bumbu halus sampai wangi, matikan apinya. Masukkan ikan ke dalam tumisan bumbu, lumuri seluruh bagian ikan dengan bumbu tersebut hingga rata.
  • Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, letakkan ikan diatasnya bersama dengan daun dalam, serai, rawit, tomat, daun kemangi, dan daun bawang. Nah, bumbu tumisan yang masih tersisa, letakkan juga diatasnya ya. Bungkus dengan rapi, semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi.
  • Kukus pepes dengan api sedang selama 1 jam 30 menit. Angkat.
  • Panaskan wajan datar dan panggang pepes selama kurang lebih 10 menit, sambil dibolak-balik hingga daun pisangnya kering. Angkat.
  • Siap disajikan.

2. Garang Asem
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat
Nah, makanan yang satu ini merupakan makanan khas Jawa Tengah dengan ciri khas rasa asam dan pedas. Garang asem pada umumnya menggunakan ayam sebagai bahan utamanya, diolah bersama dengan kuah yang bersantan. Nih resep dari resepkoki.id:

Bahan-bahan

  • Ayam kampung - 1/2 ekor
  • Santan, perasan pertama dari 1/2 butir kelapa - 250 ml
  • Santan encer, perasan berikutnya dari 1/2 butir kelapa - 750 ml
  • Lengkuas, memarkan - 3 cm
  • Daun salam, sobek jadi 5 bagian - 2 lembar
  • Daun jeruk, sobek jadi 5 bagian - 2 lembar
  • Serai, ambil putihnya dan memarkan - 2 batang
  • Garam - 1 sdm
  • Gula - 1/2 sdm
  • Daun pisang untuk membungkus - secukupnya
  • Bumbu Iris:
  • Bawang merah - 12 siung
  • Bawang putih - 8 siung
  • Belimbing wuluh - 5 buah
  • Tomat hijau - 4 buah
  • Rawit merah, biarkan utuh - 6 cabai
  • Bumbu lainnya:
  • Lengkuas muda, iris tipis - 5 cm
  • Daun salam, robek-robek - 3 lembar
  • Daun jeruk, robek-robek - 4 lembar
Langkah

  • Cuci bersih ayam, potong-potong menjadi beberapa bagian kecil. Sisihkan.
  • Rebus santan encer bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, garam, dan gula.
  • Masukkan ayam. Masak hingga ayam empuk dan air menyusut.
  • Apabila ayam belum empuk, bisa ditambahkan air dan masak kembali hingga empuk.
  • Tuang santan kental. Masak sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan santan meresap ke ayam. Angkat ayam dan bagi menjadi 5 bagian. Sisihkan.
  • Siapkan bumbu iris, campur menjadi satu dalam wadah. Bagi menjadi 5 bagian. Sisihkan,
  • Ambil 2 lembar daun pisang, susun dan tumpuk jadi satu.
  • Taruh bumbu rempah: daun salam, daun jeruk, dan irisan lengkuas. Taruh di atasnya 1 bagian ayam. Tambahkan bumbu iris 1 bagian. Siram dengan kuah santan rebusan ayam.
  • Bungkus rapi lalu sematkan atasnya dengan tusuk gigi.
  • Kukus garang asem selama kurang lebih 30 menit. Angkat. Siap disajikan.

3. Botok
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat
Botok memanfaatkan parutan kelapa sebagai bahan utamanya. Bumbu yang digunakan yaitu cabe, garam, merica dan daun salam, kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Beragam isian lain dapat digunakan untuk melengkapi botok, diantaranya petai cina (melanding), tahu, teri, udang bahkan ada yang menambahkan larva tawon. Berikut resep yang dipraktekin di resepkoki.id:

Bahan-bahan

  • Tempe ukuran sedang - 1 papan
  • Kelapa, pilih yang muda lalu parut - 1/2 butir
  • Teri nasi, seduh air panas dan tiriskan - 50 gram
  • Petai cina (lamtoro) - 3 sdm
  • Garam - 1 sdt
  • Gula merah, serut halus - 1 sdt
  • Santan kental - 3 sdm
  • Cabe rawit - 10 buah
  • Daun salam - 5 lembar
  • Daun pisang - secukupnya
  • Lidi / tusuk gigi - secukupnya
  • Bumbu Halus:
  • Bawang merah - 6 siung
  • Bawang putih - 3 siung
  • Cabe merah keriting - 4 buah
  • Lengkuas - 2 cm
  • Ketumbar, sangrai - 1 sdt
  • Kemiri, sangrai - 3 butir
  • Kencur - 3 cm
  • Kunyit - 3 cm
  • Daun jeruk, buang tulang daunnya - 2 lembar
Langkah

  • Kukus tempe sekitar 10 menit lalu angkat. Hancurkan kasar dan sisihkan.
  • Dalam satu wadah, campurkan kelapa parut, bumbu halus, gula, dan garam. Aduk hingga rata.
  • Masukkan tempe, teri, dan petai cina, aduk hingga rata. Koreksi rasanya.
  • Siapkan 2 lembar daun pisang dan tumpuk rapi. Ambil 2 sdm adonan, letakkan di atas daun pisang, beri selembar daun salam dan 2 buah cabe rawit utuh, dan bungkus membentuk tum. Lakukan hingga adonan habis.
  • Kukus botok selama 25 menit hingga matang. Angkat.
  • Siap disajikan.

4. Buntil
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat
Bahan utama pembuatan buntil juga parutan kelapa lho. Kamu bisa menambahkan teri dan bumbu rempah-rempah, kemudian dibungkus daun pepaya atau juga bisa daun singkong. Setelah itu, direbus dalam santan. Menu yang bisa disantap isi dan bungkusnya ini cocok untuk lauk makan siang kamu, lho. Intip resep dari resepkoki.id yuk:

Bahan-bahan

  • Daun pepaya - 6 lembar
  • Garam - 1 sdt
  • Kelapa 1/2 muda, parut - 200 gram
  • Ikan teri - 30 gram
  • Kacang merah - 30 gram
  • Tali jagung / kasur, untuk mengikat buntil - secukupnya
  • Bumbu Halus:
  • Bawang merah - 5 butir
  • Bawang putih - 2 siung
  • Ketumbar - 1/2 sdt
  • Kencur - 1 cm
  • Terasi, bakar - 1/2 sdt
  • Garam - 1/2 sdt
  • Gula - 1/2 sdt
  • Bahan Kuah:
  • Santan - 500 ml
  • Cabai rawit - 10 buah
  • Daun salam - 2 lembar
  • Lengkuas, memarkan - 2 cm
  • Serai, memarkan - 2 cm
  • Garam - 1 sdt
  • Gula merah - 2 sdt
  • Minyak, untuk menumis - 3 sdm
  • Bumbu Halus Kuah:
  • Bawang merah - 4 butir
  • Bawang putih - 2 siung
  • Cabai merah - 3 buah
  • Kemiri, sangrai - 2 butir
  • Merica kasar - 1/2 sdt
Langkah

  • Rebus daun pepaya bersama dengan garam hingga empuk. Angkat dan tiriskan dalam bentuk lembaran-lembaran.
  • Dalam wadah, campur kelapa parut, ikan teri, kacang merah, dan bumbu halus hingga rata. Bagi menjadi 6 bagian.
  • Ambil selembar daun pepaya. Beri isian satu bagian campuran kelapa. Bungkus seperti lumpia atau asal bisa menutup rapi. Ikat dengan tali kenur. Lakukan hingga adonan habis.
  • Kukus buntil selama 20 menit hingga matang. Angkat. Sisihkan.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum.
  • Tuang santan. Aduk terus hingga mendidih.
  • Masukkan buntil dan cabai rawit. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk rata. Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap ke buntil. Angkat. Buka tali kenur yang mengikat buntil.
  • Siap disajikan.

5. Bongko Kacang Tolo
Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat
Makanan yang satu ini khas Sukoharjo, Jawa Tengah. Bahan Utamanya menggunakan kacang tolo. Kacang berwarna merah berukuran kecil ini akan dibungkus daun pisang, kemudian dikukus. Pada umumnya bongko kacang tolo dinikmati bersama sayur urap dan rempeyek. Cobain resep dari diahdidi.com ini:

Bahan

  • 250 gr Kacang tolo
  • 1/2 btr Kelapa yang muda, parut
  • Daun pisang secukupnya
  • Areh santan kental secukupnya, dari santan kelapa yang di rebus sampai kental dan di ambil bagian kepala santannya ( aku pakai santan kentalinstan *Bumas* ukuran kecil, di rebus sebentar terus di campur sama 1 buah putih telur dan sedikit garam ) , tapi ini optional..nggak pake juga tetep enak.
Bumbu halus

  • 3 siung Bawang putih
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 1 ptg Lengkuas, memarkan
  • 1 ruas jari Kencur
  • 2 lb Daun salam, potong2
  • 1 sdm Gula merah
  • 1/2 sdm Garam
  • Cabe Rawit secukupnya
Langkah

  • Rendam kacang selama 3 jam, sampai lunak, rebus lalu tumbuk kasar. Haluskan bumbu kecuali daun salam dan lengkuas.
  • Campur kacang tumbuk, kelapa parut, lengkuas, daun salam dan bumbu halus hingga rata.
  • Bungkus adonan dengan daun pisang , beri 1 sendok adonan areh santan dan 1 buah cabe rawit, kukus hingga matang, kurang lebih 20 menit. angkat, sajikan.
Nah, kamu bisa cobain deh dirumah, pasti semua keluarga bakalan suka!


Sumber : https://www.idntimes.comfood/recipe/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat 5 Kesalahan Mengolah dan Masak Ayam yang Sering Dilakukan Sudah Tahu

- Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat VIDEO Resep Cumi Petai ala Sarwendah Bikinnya Gampang Banget Kok

- Dibungkus Daun Pisang, Ini5 Resep Makanan Jodohnya Nasi Hangat 5 Resep Mudah Makanan Khas Bali Awas Ketagihan Lezatnya

image-url-apps
garang asemm terrrrrrr maknyusss
×