alexa-tracking

Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c88449e7404fd308b4575/abu-vulkanis-gunung-agung-rusak-tanaman-hewan-ternak-kelaparan
Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan
Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan

Jakarta, IDN Times - Sejumlah wilayah di Bali seperti kawasan Desa Suter, Desa Abang Batundinding, dan Desa Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, terpapar hujan abu vulkanis akibat erupsi Gunung Agung.

"Di sini memang abunya masih tebal, ini abu yang terkumpul sejak letusan hari Kamis (28/6) kemarin sampai saat ini, kadang masih terus turun hujan abu," ujar warga Desa Suter, Wayan Eka, seperti dilansir kantor berita Antara, Rabu (4/7).


1. Banyak tanaman rusak dan hewan ternak sulit mendapatkan makanan
Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan
Di kawasan Desa Suter, abu vulkanis tampak masih menutupi atap rumah warga. Tak hanya itu, daun, dan pohon-pohon yang berada di pinggir jalan juga tampak berwarna abu-abu akibat tertutup abu vulkanis dengan ketebalan yang bervariasi.

Eka mengatakan, abu vulkanis tampak masih menutupi kawasan tersebut karena di wilayah tersebut sejak terjadinya hujan abu belum turun hujan, sehingga warga setempat juga mengalami kesulitan air bersih.

"Dampaknya di sini juga banyak warga yang tanaman di perkebunan rusak dan mati akibat abu. Untuk ternak juga kesulitan mencari pakan, karena rumputnya kena abu," kata dia.


2. Hujan abu vulkanis masih terjadi
Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan
Di wilayah Penelokan dan Kintamani, Batur, abu vulkanis tampak juga menutupi sejumlah atap rumah dan pinggir jalan, namun dengan intensitas yang lebih tipis dibanding di Desa Suter.

"Ya memang hujan abu sempat turun di sini, memang tidak terlalu terasa. Cuma kami tetap harus mengenakan masker, karena debu kadang berterbangan terbawa kendaraan yang melintas," kata Astuti, pedagang yang ada di kawasan Kintamani.

Hujan abu vulkanis memang masih terjadi beberapa kali, setelah Gunung Agung mengalami erupsi. Sebaran arah abu juga mengarah ke sejumlah wilayah tergantung arah angin saat terjadinya erupsi.


3. BPBD dan PMI membagikan 600 masker
Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan
Selain Bangli, sejumlah kawasan di Tabanan juga terpapar abu vulkanik Gunung Agung. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Tabanan membagikan ratusan masker sejak terjadi erupsi strombolian Gunung Agung pada Senin (2/6).

Kepala BPBD Tabanan Gusti Ngurah Made Sucita mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PMI telah mendatangi dua wilayah di Kabupaten Tabanan yang terdampak erupsi Gunung Agung, yakni Desa Antapan, Baturiti, dan Pasar Baturiti, Tabanan.

"Kami membagikan ratusan masker dengan menyasar rumah warga dan pasar. Ada 600 masker yang dibagikan di dua lokasi terdampak debu vulkanik itu. Ini sebagai bentuk pencegahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena itu warga harus bisa menjaga kesehatan," kata dia.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan Gunung Meletus Penerbangan di Bandara Jember dan Banyuwangi Terganggu

- Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan Gunung Agung Kembali Alami Dua Kali Erupsi

- Abu Vulkanis Gunung Agung Rusak Tanaman, Hewan Ternak Kelaparan Pascaletusan Gunung Agung Bandara Ngurah Rai Tetap Beroperasi

×