alexa-tracking

Masih Ada Siswa Titipan di Manado

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c8514dad770107c8b4578/masih-ada-siswa-titipan-di-manado
Masih Ada Siswa Titipan di Manado
Masih Ada Siswa Titipan di Manado

Manado: Fenomena siswa titipan kerap mewarnai proses pendaftaran peserta didik baru pada saat proses seleksi. Nyatanya, ada saja yang bisa mencari celah di beragam sistem yang dibuat.


Padahal, pemerintah telah menjalankan sistem pendaftaran jalur prestasi, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online, dan zonasi, untuk menciptakan iklim kompetisi yang sehat.


Seperti yang diungkap salah satu panitia penerimaan siswa baru di salah satu sekolah menengah pertama Kota Manado, berinisial S, kepada Medcom.id.


S tak menampik jika setiap kali penerimaan siswa baru, sejumlah kenalannya atau pun orang yang mempunyai pengaruh kerap kali menghubunginya untuk memasukkan anak mereka ke sekolahnya. Apalagi sekolah di mana S bekerja merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Manado.


'Titipan sejumlah kenalan dan orang berpengaruh itu tentu saja berpengaruh pada kami panitia. Terutama demi menjaga hubungan baik,' katanya saat ditemui di sela-sela pendaftaran peserta didik baru, Rabu, 4 Juli 2018, di Manado.


Untuk itu, S yang juga ketua panitia pendaftaran di sekolahnya menggunakan sistem sisip ke kuota jalur resmi.


'Artinya, misalnya sekolah memiliki daya tampung 10 kelas dengan masing-masing kelas sesuai aturan 30-an siswa. Maka kita siasati dengan menyisihkan kuota dua kelasnya untuk titipan-titipan tadi,' terangnya.


Menurutnya, hal tersebut semata-mata hanya untuk menjaga hubungan baik saja. Dia pun menegaskan tidak menerima uang sepeser pun meski telah meloloskan titipan-titipan tersebut.


'Saya tak pernah meminta uang. Hanya tentu orang yang datang harus secara baik-baik, ngomong baik-baik. Jangan mentang-mentang punya jabatan terus datang seenaknya. Perintah-perintah sesuka hati. Itu pasti tak dilayani,' ujarnya.


Dia yakin sistem sisipan itu tak melanggar selama tidak ada pembatalan atau pencoretan nama terhadap para peserta didik baru yang namanya telah lolos.


'Intinya begini, kita ikut sistemnya, namun kita juga pakai sistem sendiri. Yah ini kan untuk cuma supaya hubungan kita baik saja,' pungkasnya.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/daerah/0...ipan-di-manado

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Masih Ada Siswa Titipan di Manado PGRI Kirim Tim Cek Kabar Pemecatan Guru di Bekasi

- Masih Ada Siswa Titipan di Manado PPDB SD-SMP Surakarta Sistem Zonasi

- Masih Ada Siswa Titipan di Manado Presiden Harapkan ISI Terus Lahirkan Karya Kreatif

Rerensi bacaan berita terpercaya... anti hoax, kami tunggu ulasan berikutnya
metro mantap