alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c7ca5620881040e8b456c/jejak-irwandi-yusuf-juru-runding-yang-berakhir-di-kpk

Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK

Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di ruangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh di Banda Aceh, Aceh, Selasa (3/7/2018).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan yang menyeret Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Irwandi diduga menerima suap terkait proses penganggaran APBD Provinsi Aceh.

KPK menyebut total uang yang disita dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Aceh yaitu Rp500 juta. Ada dugaan duit tersebut berkaitan dengan dana otonomi khusus Aceh.

"Tim sedang mendalami dugaan keterkaitan uang Rp500 juta yang diamankan kemarin dengan dana otonomi khusus Aceh tahun 2018," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dikutip Antaranews, Rabu (4/7/2018).

Irwandi bukan Gubernur Aceh pertama yang berurusan dengan KPK. Gubernur Aceh 2000-2004, Abdullah Puteh juga pernah berurusan dengan KPK hingga dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena kasus korupsi pembelian dua helikopter MI-2. Puteh mulai menghuni penjara pada 2004.

Puteh hanya menjalani hidup di balik jeruji besi selama 5 tahun setelah mendapat remisi rutin. Pada 18 November 2009, Puteh sujud syukur di depan Lapas Sukamiskin, Jalan Sukamiskin, Bandung, karena bebas bersyarat.

Irwandi lahir di Bireun, 2 Agustus 1960. Titel sarjana diraihnya dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, 1987. Sedangkan gelar master didapat dari College of Veterinary Medicine, Oregon State University.

Selain mengajar di kampus Syiah Kuala, Irwandi merintis berdirinya lembaga swadaya Fauna dan Flora Internasional pada 1999-2001. Dia juga pernah bekerja di Palang Merah Internasional (ICRC) pada tahun 2000.

Irwandi pernah dipercaya menjadi koordinator juru runding dalam Aceh Monitoring Mission, 2001-2002. Ketika pemerintah memberlakukan Darurat Militer di Aceh, TNI menangkapnya pada 2003. Irwandi divonis 9 tahun penjara dengan tuduhan makar.

Bencana tsunami pada 26 Desember 2004 seolah menjadi berkah bagi Irwandi. Kondisi penjara Keudah, Banda Aceh, yang rusak dia manfaatkan untuk kabur ke Swedia. Dia kembali ke Aceh setelah tercapai kesepakatan damai antara pemerintah RI dan GAM pada 15 Agustus 2005.

Setahun kemudian, Irwandi terpilih sebagai gubernur. Dia memimpin Aceh bersama wakilnya, Muhammad Nazar, periode 2006-2012. Selama menjadi gubernur ini, dia pernah menjadi sorotan karena menerbitkan izin usaha perkebunan seluas 1.605 hektare di hutan gambut Rawa Tripa untuk PT Kallista Alam.

Ambisi Irwandi kembali memimpin Aceh diadang Zaini Abdullah pada 2012. Tapi kemudian dia membalas kekalahannya dari Zaini itu lima tahun kemudian, dalam pilkada pada pertengahan 2017. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melantiknya menjadi gubernur pada 5 Juli 2017.

Setelah menjadi Gubernur, Irwandi dalam berbagai kesempatan selalu meminta pejabat di Aceh menganut mazhab hana fee. Hana artinya tidak ada, sedangkan fee berarti biaya. Saat memberi sambutan, kalimat tersebut beberapa kali diulang.

Saat memberikan arahan kepada CPNS di lingkungan Kemenkum HAM Aceh yang baru lulus, Irwandi sempat menyelipkan kalimat tersebut. Sambutan dokter hewan yang pernah menjadi juru runding GAM itu itu disampaikan di depan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada Kamis (12/4/2018).

Irwandi memperpanjang catatan gubernur yang terjerat kasus korupsi. Data KPK mencatat sudah 18 gubernur yang tersangkut kasus korupsi sepanjang 2004-2017. Pada 2018 ini, KPK menambah jajaran tersangka Gubernur Jambi Zumi Zola pada April lalu.

Catatan kasus korupsi itu kian membengkak kalau memasukkan kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota. Berdasarkan data Mahkamah Agung yang diolah Lokadata Beritagar.id, terdapat 106 bupati, wakil bupati, wali kota, serta wakil wali kota yang tersangkut kasus korupsi dan pencucian uang.

Bupati menjadi penyumbang terbanyak (72 orang) terdakwa korupsi kepala daerah yang telah berkekuatan hukum tetap.
Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...erakhir-di-kpk

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK Tekanan kurs terburuk untuk Indonesia dan India

- Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK Kronologi dan penyebab kandasnya Lestari Maju

- Jejak Irwandi Yusuf, juru runding yang berakhir di KPK Menunggu adegan berlatar ladang luas penari langit

semua (hampir) rusak karena duit
mesti dikenakan hukum qisas


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di