alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bank Indonesia Menjamin Ekonomi Indonesia Masih Aman
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c76c19a09515a4c8b4569/bank-indonesia-menjamin-ekonomi-indonesia-masih-aman

Bank Indonesia Menjamin Ekonomi Indonesia Masih Aman

Bank Indonesia Menjamin Ekonomi Indonesia Masih Aman
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.(Istimewa)


Jakarta – Bank Indonesia menjamin ekonomi Indonesia pada 2018 masih aman dan proyeksi pertumbuhan ekonomi 5,1-5,2% masih bisa tercapai. Hal ini terlihat dari kondisi neraca perdagangan Indonesia.

Mirza Adityaswara, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia memaparkan, meski neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit, angka tersebut masih di bawah ambang batas, yakni 3% dari produk domestik Bruto.


Defisit neraca perdagangan Mei 2018 sendiri sebesar US$1,52 miliar. Sementara, sepanjang Januari hingga Mei 2018, defisit neraca perdagangan sebesar US$2,38 miliar. Defisit transaksi berjalan selama 2018 diperkirakan berada di atas 2,5%.


Mirza menambahkan, defisit Januari hingga Mei ini disebabkan belanja jangka panjang. Rinciannya, US$4 miliar untuk pembangunan infrastruktur, US$1,1 miliar untuk belanja pertahanan, dan US$400 juta untuk beras.


“Jadi, sebenarnya neraca perdagangan Januari-Maret-lah yang defisit,” jelasnya.


Melihat belanja Indonesia untuk jangka panjang, Mirza menganggap neraca perdagangan Indonesia sebenarnya surplus. Oleh sebab itu, ia berpendapat, perekonomian Indonesia masih aman dan tidak overheating.


Indikator lainnya, pertumbuhan kredit perbankan naik 10,2 persen per Mei 2018 secara tahunan dan 2,9-3 persen year to date (ytd). Ini menunjukkan perekonomian Indonesia sedang dalam proses pemulihan.


Berbeda degan kondisi perekonomian Indonesia pada semester I-2013. Saat itu, impor tinggi, pertumbuhan kredit tinggi di atas 20 persen, dan harga properti juga tinggi. Semester I-2013, perekonomian Indonesia bisa dikatakan overheat. “Tapi, sekarang tidak,” ujar Mirza.


Pelemahan Rupiah Masih Bisa Dikendalikan, Ekonomi Indonesia Aman

Soal pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika, Bank Indonesia masih menganggap wajar dan dapat dikendalikan. Jadi, pelaku pasar tidak perlu khawatir dan panik.

Per hari ini (3/7), rupiah menyentuh di level Rp14.400 per dolar AS. Angka ini melemah dari hari sebelumnya yang ditutup di angka Rp14.393 per dolar AS.

“Pelemahan rupiah yang sekarang ini masih manageable (terkendali). Secara tahun berjalan juga manageable sehingga tidak memerlukan kepanikan,” ujar Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia, Selasa, (3/7).

Perry juga menjelaskan, bank sentral akan terus menerapkan intervensi ganda di pasar valas dan Surat Berharga Negara (SBN) untuk membentuk keluarnya modal asing. Misalnya saja dengan mengoptimalkan frekuensi lelang instrumen term repo guna memastikan ketersediaan likuiditas perbankan.

Selain itu, BI melakukan pengetatan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate. Suku bunga acuan ini baru saja dinaikkan dari 50 basis poin menjadi 5,25 persen pada 29 Juni 2018. Gubernur BI yakin, kenaikan suku bunga acuan BI ini masih ampuh untuk menarik kembali modal asing.

Perry juga menegaskan, kebijakan moneter BI akan selalu antisipatif. Artinya, selalu mengantisipasi tekanan yang akan timbul dan lebih maju dibandingkan negara lainnya.

Sumber

Halaman 1 dari 2
Ya iyalah aman, klo kurang uangnya gampang aja tinggal ngutang emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Ngeri-ngeri sedap nih keadan negara emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Nasbung gak usah sok2an ngurus ekonomi sementara beli motor aja kudu ngridit ..

Ibarat ikan mujaer ngurusin cara terbang burung kutilang ..
Quote:

Kna senggol dkit bsa bahaya...emoticon-Ngacir
Quote:


Belanja beras tuh masuk jangka panjang? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
BI itu siapa?

Paling bener itu analisanya nasbung kamfret dongo emoticon-Leh Uga
mirip waktu menjelang krismon 98, pejabat pemerintah juga ngomong ky gini emoticon-Wakaka
Quote:


Jir.. Ambang batas 3%..

Kita udah di atas 2,5%...

Itumah udah di ujung tanduk.. emoticon-Cape deeehh
Kan ane bilang tenang emoticon-Hansip

Selama bakso depan pengkolan masih dapat 10 ribu emoticon-Hansip

@baksodepanpengkolan

Buk pesen satu 10 ribu emoticon-Request


Bank Indonesia Menjamin Ekonomi Indonesia Masih Aman



Bank Indonesia Menjamin Ekonomi Indonesia Masih Aman


Tenang aja woles emoticon-Hansip
jadi lega emoticon-Jempol
Pokoknya tenang dan amanlah

emoticon-Leh Uga
Quote:


Bank Indonesia Menjamin Ekonomi Indonesia Masih Aman
Serius ini, masih ada yg percaya omongan begini?

Terus jaminan apa yg mau dikasi bi ini? Jaminan ginjal kau?
oakuuuu percoaayaaaaa......
klo bowo bilang bangkrut berarti itu benar... kata nasbung dongo emoticon-Leh Uga
tambah post atu lmyn lah emoticon-Traveller
Quote:


Negara juga tukang kredit
Emang paling enak jualan duit yg bunga 10%
Nastak begini Nasbung begitu semua nggak nyadar....emoticon-Ngakak (S)


sok tegar emoticon-Leh Uga



sebelum jokowi yang memberi jaminan rakyat belum yakin
pengen di bully nastak apa berani bilang gk aman emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di