alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BPIP: Ketakutan Pilkada Serentak Diwarnai SARA tak Terjadi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c70531cbfaa640d8b4568/bpip-ketakutan-pilkada-serentak-diwarnai-sara-tak-terjadi

BPIP: Ketakutan Pilkada Serentak Diwarnai SARA tak Terjadi

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Penyampaian isu yang mengandung unsur Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) dinilai tak lagi punya masa depan. Hal itu disampaikan staf ahli Badan Pemantapan Ideologi Pancasila (BPIP) Asep Salahudin ketika mengisi acara di Pondok Pesantren Al-Idrisiyah di Kabupaten Tasimmalaya Jawa Barat, Kamis (28/6).

Ia menilai yang menjadi ketakutan bahwa pilkada serentak tahun ini akan banjir isu SARA seperti di Jakarta ternyata tidak terjadi. Menurutnya hal itu disebabkan masyarakat mulai dewasa dan cerdas. Dengan begitu maka bisa membedakan antara urusan politik dan agama.

"Ini (isu SARA) tidak memiliki masa depan sebenarnya. Hanya proses memanipulasi agama, memanipulasi politik identitas untuk kepentingan yang bersifat sesaat pragmatis, dan masyarakat semakin ke depan saya kira semakin paham dengan proses-proses politik seperti itu," katanya.

Ia optimis masyarakat ke depannya semakin melek literasi agar memahami dan tak terjerumus dalam isu SARA. Ia mengingatkan juga supaya dalang penebar isu SARA menyadari bahwa masyarakat Indonesia sendiri yang menjadi korban atas ulah itu.


"Siapa pun politisinya yang memainkan, apalagi memanipulasi agama untuk kepentingan pragmatisme politik untuk kepentingan perebutan kekuasaan saya kira mereka tidak memiliki masa depan. Yang dikorbankan justru masyarakat, justru bangsa ini," ungkapnya.

Ia memandang seharusnya bangsa fokus pada proses bernegara yang terbuka dan inklusif. Lewat upaya itu, masing-masing komponen bangsa dapat saling menghargai walau ada perbedaan.

"Dalam semangat politik kewargaan itu warga negara tidak dibedakan berdasarkan suku agama identitas etnik semua sama sebenarnya. Jadi itu yang menjadi proyek para pendiri bangsa seperti itu, konsepnya politik kewarganegaraan bukan politik sempit atau eksklusif berdasarkan agama etnis dan lain-lain," jelasnya. 

https://m.republika.co.id/berita/nasional/pilkada/18/06/28/pb0ubl335-bpip-ketakutan-pilkada-serentak-diwarnai-sara-tak-terjadi

Ya sudah berarti BPIP sudah tidak diperlukan toh..milyaran uang negara bisa dipakai yg lainemoticon-Big Grin
Tidak perlu ada klaim lagi paling pancasila, yg punya pancasila atau kalo ga setuju dgn saya berarti anti pancasila emoticon-Big Grin
Dulu pnb3 sekaranh bpip next apalagi emoticon-Hammer2
masyarakat mulai dewasa dan cerdas, berarti pilkada jakarta kmaren kekanak2an dan bodoh
Kurang efektif bukan berarti tidak terjadi.

Jatim diserang isu jangan pilih pemimpin wanita.
Jateng dilaporkan isu penistaan agama karena mengutip puisi.
Jabar dituduh anti gerakan 212 dan pro-LGBT.
Sumut diterpa isu jangan pilih pemimpin kafir.

Jadi sebenarnya tetap SARA, cuma kurang efektif.
belom masif, target mereka kan pilpres 2019, kalo pilkada gaungnya belom cenderung masif, liat aja nanti awal tahun 2019 manuvernya macem gimana emoticon-Leh Uga
Quote:

Bru tau BPIP klo kerjanya tausiyah,
syar'i ya akhi emoticon-Ketupat
Diubah oleh babang.ucog
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Justru berkat pilkada rasa sarah maka ibukota diberikan anugerah pemimpin terbaiknya sepanjang masa, bahkan mungkin sepanjang zaman ..
kata siapa gak ada isu sara ???
tuh bapaknya karolin, main sara tuduh islam dan melayu penjajah di depan warga dayak (dia lupa kalau melayu adalah warga mayoritas kalbar emoticon-Ngakak)
lalu di jawa timur, ada fatwa wajib coblos khofifah.
tapi karena pelakunya adalah geng taiker dan ngaNU, ya gak ada yang heboh, termasuk pahlawan BPIP, tidak perlu tersayat hatinya emoticon-Najis
ane kira di jatim bakal ada serangan wanita dilarang meminpin, trnyt nggak ada tuh
Quote:


tapi kalau sumut kena tuh , djarot jadi kalah ,

kalau 2019 masih ada lagi kampanye SARA lagi nggak nih ?
yang di jabar juga lumayan tuh menggerus suaranya
Biang rusuhnya masih di Arab
gk semasif iya, tapi tetap ada
Ternyata orang daerah lebih dewasa dan cerdas dibandingkan ibukota emoticon-norose
Quote:


Om Djarot sabar yaa...namanya cari kerja ya kadang gagal, sabar yaemoticon-Big Grin
Jangan lupa pindah KTP lagi emoticon-Wakaka
saya pancasila saya 100 juta emoticon-Big Grin
Masyarakat sudah tertipu dengan pilkada Jakarta lalu dan sekarang mau mengadu untung nasib siapa lagi kalo bukan si pencetus tagar goblok beserta pendukungnya emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh soulfighter


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di