alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Din Syamsuddin: Jangan Tinggalkan SARA
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c6ea7162ec21d568b4567/din-syamsuddin-jangan-tinggalkan-sara

Din Syamsuddin: Jangan Tinggalkan SARA


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tahun politik ini, masyarakat banyak yang mencemaskan isu suku agama ras dan antargolongan (SARA) dijadikan alat politik. Akibatnya, tidak sedikit masyarakat yang menolak keras SARA. Namun, Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin mengatakan, sejatinya SARA justru tidak boleh ditinggalkan dan akan selalu melekat pada diri manusia.

"SARA nggak boleh ditinggalkan. Agama nggak boleh ditinggalkan, identitas nggak boleh ditinggalkan. Yang nggak benar penampilan identitas atau ikatan SARA itu kalau ditampilkan dengan kebencian, kekerasan, dan untuk permusuhan. Jadi bukan SARA-nya atau identitasnya," ujar Din saat ditemui Republika.co.id usai konferensi pers di Kantor CDCC, Jakarta Selatan, Selasa (3/7).

Menurut Din, SARA itu melekat dalam diri manusia dan SARA juga melekat dengan seseorang yang beragama. Menurut Din, jangan salah dalam mempersepsikan SARA seolah-olah tidak baik.

"Saya sebagai Muslim saya menyandang SARA keislaman. Saya bersuku Sumbawa dan saya menyandang predikit kesukuan saya. Jadi mohon jangan kita salah persepsi," kata Din.

"Yang tidak baik kalau identitas atau ikatan premordial  kita itu kemudian kita ekspresikan dengan secara negatif, eksklusif, secara agois, secara monopolistik," jelasnya. 

Begitu juga dengan halnya politik identitas, menurut Din, politik identitas juga tak terelakkan karena identitas itu melekat pada diri manusia. Karena itu, dia berpendapat bahwa sah saja jika ada kelompok atau seseorang yang menampilkan politik identitasnya asalkan digunakan untuk tujuan yang baik, tidak menyulut kekerasan, tidak mengandung kebencian, dan tidak mengandung hal-hal negatif lainnya. 

"Jangan semua itu disalahkan seolah-olah politik identitas itu tidak benar. Itu melekat dalam diri manusia dan diamalkan oleh semua orang. Saya kira semua kelompok agama di Indonesia juga menampilkan politik identitas," kata Din.

https://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/07/04/pbbx48366-din-syamsuddin-jangan-tinggalkan-sara

Tuhhkan ga boleh ditinggalkan,silahkan memilih berdasar preferensi atau pertimbangan apapun termasuk identitas emoticon-Cendol (S)
Panastak ga usah kejang2 emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 8
kalau di pikirkan bener juag emoticon-Malu
Wkwkwkwkwk jangan tinggalkan diskriminasi. Jujur Kali boss
tidak memilih calon legislatif DPR DPRD orang orang dari partai pendukung ahok ngak sara kan ? emoticon-Malu


:Iloveindonesia
Diubah oleh kongkalingkong.
Horee, boleh main sara donk emoticon-Leh Uga
giliran itu teroris ga boleh d akuin identitas uclimnya emoticon-Ngakak


Quote:


Diubah oleh syiahkapirmurta
Quote:


Quote:


TS Goblok yang gak ngerti pesan artikel nya sendiri

Yang Islam cuma mw milih yang Islam
Yang pribumi cuma mw milih yang pribumi
Yang sesuku cuma mw milih yang sesuku

Apa itu bukan Negatif, Eksklusif, Egois dan Monopolistik ? emoticon-Ngakak


Quote:


Kalo ada yg pilih berdasar SARA boleh ga Blokk??
Disaat semua etnis dan semua agama di Indonesia berusaha untuk gak bawa2 isu sara agar semua bisa dapat kesempatan yg sama untuk menjadi pemimpin negara, dia malah bilang jangan tinggalkan politik sara.

Lu kata penghuni Indon cuma muslim + jawa doang??


Kalo emang lagi2 harus bermain kartu sara dalam politim, memang lebih baik provinsi2 di Indon yg banyak non-muslim + non-jawa pada berpisah aja dari republik dagelan ini.

Din syamsudin, kalo sampe kata2 itu anda adalah awal dari kehancuran NKRI, anda harus bertanggung jawab atas setiap tetes darah yang nanti tertumpah di tanah republik ini.
Diubah oleh schonne
politik tanpa SARA, mana bisa jalan emoticon-Big Grin
Quote:


Emang definisi teroris pasti ada uclim nya gan??
Benci boleh tapi GOBLOK jangan
Quote:


SARA yg dsini dmaksud sbagai identitas diri, yg tidak boleh dlakukan itu SARA yg negatif
Quote:
Quote:


di amerika saja capres protestan selalu menang dari capres katolik emoticon-Malu
Ane suka SARA di Facebook, Instagram dan Kaskus
ya pemilihan kan bebas dan rahasia! mau milih sesuai sara silakan ngak mau ya ngak pa2! yg ngak boleh di gelorakan sebagai kebencian! seperti jasadnya ngak di sholatkan dll
sara azhari? emoticon-Bingung
Quote:


Selalu?? Lah, JFK sekeularga itu Katolik btw...
Jangan tinggalkan sara
Karena justru dgn sara maka ibukota berhasil menemukan pemimpin terbaiknya sepanjang masa n malah mungkin sepanjang zaman ..
Quote:


Nah ini yg munafiknya emoticon-Big Grin

Quote:


Sesuai pesan ts, gak usah kejang2 emoticon-Big Grin

Quote:


amin emoticon-Jempol
Quote:


boleh, namanya demokrasi, cuma kalau nantinya bermasalah karena ternyata pemimpin yg lebih bagus sebenernya agama/suku diluar kita dan yang dipilih blangsak karena seagama/sesuku doang ya tanggung bersama akibatnya
Halaman 1 dari 8


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di