alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c554c94786856178b4581/menuggu-adegan-berlatar-ladang-luas-penari-langit

Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit

Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit

Boleh jadi akan muncul adegan film dan klip musik Indonesia berlatar ladang turbin lokal, menyusul swafoto di Instagram dan Twitter. Baru sekarang Indonesia memiliki pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). Pekan ini Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan PLTB 75 megawatt (75 juta watt) di Sidrap, Sulawesi Selatan.Baru sekarang? PLTB hadir belakangan, menyusul PLT air, PLT diesel, PLT uap, PLT matahari, PLT panas bumi, dan lainnya. Hanya PLT nuklir yang belum.
Sumba sudah lebih dulu
Lagi-lagi, baru sekarang ada PLTB? Sebetulnya tidak. Di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, misalnya, sudah lebih dulu ada PLTB, sejak 2013. Skalanya lebih kecil, untuk menerangi desa.Di Desa Kamanggih, PLTB dengan 20 menara kincir setinggi empat meter bisa menerangi 20 rumah. Setiap turbin bisa menghasilkan 500 W (detikcom, 8/4/2015). Warga Sumba menyebut kincir sumber listrik sebagai "penari langit" (BBC Indonesia, 19/7/2015). Maka pemerintah, melalui Sumba Iconic Island, ingin Pulau Sumba menggunakan energi terbarukan hingga 100 persen (MigasReview, 7/4/2015).Sumba yang bersavana memang murah angin. Maka Direktur Eksekutif Institute for Essensial Service Reform , Fabby Tumiwa, tahun lalu mengkritik Perusahaan Listik Negara (PLN) yang membangun PLT gas 10 MW (kumparan, 3/11/2017).
Dua tenaga dewa
Ihwal bayu yang menjadi penyebutan untuk PLT angin, hal itu merujuk Dewa Bayu dalam kepercayaan Hindu. Dalam pewayangan namanya Batara Bayu.Bayu tak hanya mengembuskan semilir angin yang melenakan namun juga badai yang menghancurkan. Puting beliung adalah contoh.Selain Bayu, nama dewa lain yang diabadikan untuk PLT adalah Surya, Dewa Matahari. PLT surya, dalam skala kecil, sudah banyak. Misalnya untuk lampu taman di rumah. Banyak lapak daring menjualnya.
Kredit 150 juta USD
PLTB Sidrap, 150 km via darat dari Bandara Hassanudin Makassar selama tiga jam, dibangun secara patungan, dengan investasi 150 juta USD (Rp2,1 triliun). Sejumlah 95 persen saham dimiliki perusahaan energi UPC Renewables (Hong Kong, bagian dari kompeni global yang berpusat di Amerika Serikat) dan SunEdison BV (Belanda). Sedangkan lima persen andil dari PT Binatek Energi Terbarukan. Kreditornya adalah OPIC (Overseas Private Investment Corporation), dengan jangka waktu 16,5 tahun.Pembeli setrum PLTB, menurut perjanjian Agustus 2015, adalah PLN. Adapun penjualnya adalah PT UPC Sidrap Bayu Energi.
Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-penari-langit

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia

- Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit Anies Baswedan di antara bakal capres dan cawapres

- Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit Melintasi bahu jalan adalah kebiasaan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di