alexa-tracking

Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c554514088d76028b4574/nasib-najib-razak-setelah-ditangkap-lembaga-antirasuah-malaysia
Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia
Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak menjalani sidang kasus korupsi 1MDB di pegadilan tinggi di Kuala Lumpur Malaysia, Rabu (4/7/2018).
Malang menimpa mantan Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Haji Mohammad Najib bin Tun Haji Abdul Razak atau Najib Razak. Setelah kalah dalam Pemilu Malaysia Mei lalu, Najib harus berhadapan dengan kasus hukum. Najib menjadi perdana menteri pertama yang duduk di kursi terdakwa pengadilan Malaysia.

Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) menangkap Najib Razak di kediamannya di Jalan Langgak Duta Kuala Lumpur, Selasa (3/7/2018). Najib menjadi tersangka dalam dugaan korupsi lembaga investasi negara melalui SRC International.

Sehari setelah penangkapan, Najib menghadapi dakwaan korupsi dan penyalahgunaan kewenangan dalam sidang di Pengadilan Tinggi di Kuala Lumpur pada Rabu (4/7/2018) hari ini.

Dikutip kantor berita Malaysia, Bernama, Najib menghadapi tiga dakwaan karena mengambil keuntungan atas jabatannya serta satu dakwaan gratifikasi dalam kapasitasnya sebagai Perdana Menteri dan Menteri Keuangan. Ancaman hukuman atas dakwaannya itu adalah penjara 20 tahun.

Jaksa Agung, Tommy Thomas mengatakan Najib, sebagai pejabat publik, ketika menjadi Perdana Menteri dan Menteri Keuangan pada 2011-2015, telah menerima gratifikasi senilai RM42 juta (sekitar Rp150 miliar).

Suap terhadap Najib berkaitan dengan SRC International, perusahaan yang awalnya merupakan anak perusahaan milik negara, 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

1MDB dibentuk Najib pada 2009 di bawah naungan Kementerian Keuangan Malaysia. Badan ini didirikan untuk menjadikan Kuala Lumpur sebagai salah satu pusat finansial untuk meningkatkan investasi pemerintah. 1MDB menjadi mulai sorotan awal 2015 karena tak bisa membayar utang ke bank dan instansi lain.

Najib terlahir dari keluarga Abdul Razak, PM kedua Malaysia yang dianggap berjasa membantu negaranya meraih kemerdekaan dari Inggris di tahun 1957.

Najib naik menjadi Perdana Menteri pada tahun 2008 ketika koalisi rezim penguasa, Barisan Nasional kehilangan mayoritas suara di parlemen, pertama kali sejak Malaysia merdeka.

PM Abdullah Badawi mengundurkan diri pada 2009 dan menyerahkan kekuasaan kepada Najib. Pergantian kekuasaan itu bertepatan dengan semakin tingginya tuntutan terhadap perubahan di Malaysia.

Nama Najib sebenarnya sudah mulai tersangkut skandal sejak 2002 saat menjabat Menteri Pertahanan. Mantan anak buah Najib ketika itu, Abdul Razak Baginda menerima komisi pembayaran dari perusahaan pembuat kapal selam. Najib dapat lolos dari terpaan isu itu.

Skandal lainnya yang turut menyeret nama Najib adalah korupsi perusahaan investasi milik negara 1Malaysia Development Bhd. Pada awal 2015, 1MDB menjadi sorotan karena tidak bisa melunasi pembayaran ke bank dan pemilik saham sebesar $11 miliar AS.

Najib berulang kali menyanggah tuduhan korupsi dan dinyatakan bersih oleh pihak berwenang Malaysia saat berkuasa. Penanganan kasus korupsi di 1MDB yang diduga melibatkan Najib makin intensif, sejak Mahathir Mohamad secara mengejutkan menang pemilu pada Mei lalu, menumbangkan pemerintahan pimpinan Najib Razak.

Kasus 1MDB akhirnya benar-benar menyeret Najib sampai ke pengadilan. Sesaat setelah penangkapan, akun terverifikasi Najib di Twitter mengunggah video. Najib mengatakan permohonan maafnya kepada rakyat Malaysia.

"Percayalah, apa yang dituduhkan ke saya tidak semuanya benar," kata Najib. "Tetapi saya belum bisa membeberkan pembelaan saya."
Saya terima bahawa hari ini adalah hari saya dan keluarga menjalani dugaan dunia. pic.twitter.com/UbjGK9GBDb
— Mohd Najib Tun Razak (@NajibRazak) July 3, 2018Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...asuah-malaysia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia Menuggu adegan berlatar ladang luas penari langit

- Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia Anies Baswedan di antara bakal capres dan cawapres

- Nasib Najib Razak setelah ditangkap lembaga antirasuah Malaysia Melintasi bahu jalan adalah kebiasaan

×