alexa-tracking

Pimpinan KPK Menemui Jokowi Bahas RKUHP

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c4cda96bde6047d8b456f/pimpinan-kpk-menemui-jokowi-bahas-rkuhp
Pimpinan KPK Menemui Jokowi Bahas RKUHP
Pimpinan KPK Menemui Jokowi Bahas RKUHP

Jakarta: Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diagendakan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Rabu, 4 Juli 2018 siang. Mereka akan membahas soal polemik RKUHP.


'Presiden telah mengalokasikan waktu sekitar pukul 14.00 WIB ini,' kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 4 Juli 2018.


KPK memang berencana menemui Presiden. Mereka ingin menyampaikan keberatan terkait delik korupsi dalam RKUHP.


Lembaga Antirasuah khawatir delik korupsi melemahkan upaya pemberantasan korupsi. 'KPK berharap pertemuan siang ini akan memberikan titik terang bagaimana nasib pemberantasan korupsi ke depan,' ujar Febri.


Baca: KPK: Belum Ada Titik Temu soal RKUHP


Aturan itu bisa memunculkan ketidakpastian hukum dan cukup berisiko bagi KPK. Keberadaan UU Tipikor dan UU KPK selalu diuji dan dicari celahnya di pengadilan sehingga RKUHP terbaca sebagai upaya melemahkan pemberantasan korupsi dan KPK.


Berdasarkan pengalaman berbagai negara, kodifikasi tidak menjadi suatu keharusan, tergantung pada kebijakan negara dalam penyusunan aturan hukum. Terlebih, berdasarkan pendapat dan sikap sejumlah ahli hukum berbagai perguruan tinggi terlihat jaminan pemerintah akan tidak adanya pelemahan pemberantasan korupsi tidak meyakinkan banyak pihak.


KPK menilai setidaknya ada 10 hal dalam RKUHP yang berisiko bagi KPK dan pemberantasan korupsi. Poin itu ialah kewenangan kelembagaan KPK tidak ditegaskan dalam RKUHP; KPK tidak dapat menangani aturan baru dari United Nations Convention Againts Corruption (UNCAC) seperti menangani korupsi sektor swasta; RKUHP tidak mengatur pidana tambahan berupa uang pengganti.


RKUHP juga mengatur pembatasan penjatuhan pidana secara kumulatif; mengatur pengurangan ancaman pidana sebesar 1/3 terhadap percobaan, pembantuan, dan pemufakatan jahat tindak pidana korupsi; serta beberapa tindak pidana korupsi dari UU Tipikor menjadi tindak pidana umum.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/Wb...wi-bahas-rkuhp

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Pimpinan KPK Menemui Jokowi Bahas RKUHP Pembahasan RKUHP Diminta Ditunda

- Pimpinan KPK Menemui Jokowi Bahas RKUHP Yasonna Anggap Gugatan KUHP Lucu-lucuan

- Pimpinan KPK Menemui Jokowi Bahas RKUHP Terjemahan KUHP Digugat

Rerensi bacaan berita terpercaya... anti hoax, kami tunggu ulasan berikutnya
metro mantap
×