alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c45db96bde65a7e8b456f/berbahan-tepung-beras-yuk-bikin-5-jajanan-pasar-tradisional-ini

Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!

Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!

Punya banyak tepung beras di rumah dan bingung mau diolah menjadi apa? Sebenarnya banyak lho, masakan yang dapat dibuat dari tepung beras ini. Pada umumnya sih diolah jadi jajanan pasar.

Nah, tahu sendiri kan jajanan pasar khas Indonesia ini emang enak-enak dan legendaris tentunya. Di artikel ini ada beberapa jajanan dari tepung beras yang bisa kamu buat di rumah, enak dan tentunya mengenyangkan!


1. Kue lapis
Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!
Kue yang berlapis-lapis dengan warna-warni menarik ini memang menjadi kesukaan semua kalangan. Begini cara buatnya:

Bahan :

  • 200 gr tepung beras
  • 1 bungkus santan instan dicampur air 1 liter
  • 80 gram susu kental manis (2 sachet)
  • 200 gr gula pasir
  • Garam
  • Pewarna (sesuai selera)
Cara membuat :

  • Rebus santan dengan air dan tambahkan garam serta gula ya. Lalu masukkan tepung beras, aduk sampai rata. Bagi adonan sesuai dengan warna lapisan yang kamu inginkan. Panaskan kukusan dan olesi loyang dengan minyak.
  • Masukkan adonan salah satu warna ke dalam loyang lalu kukus selama 5 menit. Selanjutnya tuangi lagi adonan ke loyang dengan warna berbeda dan kukus kembali selama 5 menit. Ulangi hingga adonan habis kemudian kukus lagi selama 15 menit.
  • Angkat dan siap disajikan.

2. Kue cucur
Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!
Kue yang rasanya manis dan legit ini banyak dijumpai di pasar-pasar. Begini resepnya:

Bahan :

  • 100 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu
  • 100 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • Sejumput garam
Cara membuat :

  • Masak air dengan gula pasir dan gula merah sambil diaduk rata lalu didinginkan ya.
  • Campur tepung terigu, tepung beras dan bubuk kayu manis. Tambahkan garam dan larutan gula merah ke dalam adonan, lalu aduk hingga rata, dan diamkan satu jam.
  • Goreng adonan dalam wajan cekung dengan api kecil, sambil disiram-siram dengan minyak. Gak perlu dibalik ya waktu menggorengnya.
  • Angkat, tiriskan dan siap dinikmati.

3. Serabi Solo
Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!
Kue ini enak disantap selagi hangat lho, yuk buat, nih caranya:

Bahan :

  • 100 gr tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • 350 ml santan kental
  • 25 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 1/4 sdt Baking soda
  • 1/4 sdm garam
  • Daun pisang dan pandan secukupnya
Cara membuat :

  • Masak santan dan daun pandan, aduk hingga mendidih dan diamkan hingga hangat ya. Oya, sisakan sedikit bagian santan yang kental ini untuk topping-nya.
  • Campur semua bahan kering dan aduk rata. Tambahkan santan yang sudah dimasak tadi ke dalam adonan ya, sedikit demi sedikit aja penambahannya, jangan lupa sambil diaduk. Diamkan adonan satu jam.
  • Panaskan wajan antilengket. Tuang adonan ke dalam wajan dengan api kecil dan tutup. Saat adonan sudah tampak berlubang bisa dituangi santan kental dan tutup hingga matang.
  • Angkat dan gulung dengan daun pisang agar aromanya makin nikmat.
  • Siap disantap deh!

4. Bubur sumsum
Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!
Bubur yang satu ini bisa kamu coba buat dirumah ya, pasti seluruh anggota keluarga doyan!

Bahan bubur :

  • 1 gelas tepung beras
  • 2 gelas air
  • 1 bungkus santan instan Kara yang dilarutkan dengan segelas air
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
Bahan saus :

  • 1 butir gula jawa
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 gelas air
  • 1/4 sdt garam
Cara membuat :

  • Campur semua bahan bubur lalu aduk di panci ya. Letakkan panci di atas kompor lalu panaskan dengan api sampai adonan mendidih dan mengental lalu matikan api.
  • Untuk sausnya, campur semua bahan saus di dalam panci dan panaskan dengan api sedang.
  • Sajikan di mangkuk dengan menuang bubur sumsum secukupnya lalu tuangkan sausnya, siap dinikmati.

5. Kue Talam
Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini!
Kue talam juga gak kalah lezat dibandingkan dengan kue tepung beras yang lain lho. Begini cara buatnya :

Bahan :

  • 300 ml santan dari 1 butir kelapa
  • Air kelapa 150 ml
  • Gula pasir 100 gr
  • Garam ¼ sendok teh
  • Tepung beras 100 gr
  • Tepung sagu 30 gr
  • Pasta pandan 1 sendok teh
  • Gula merah 50 gr. Larutkan dengan 25 ml air, lalu rebus hingga mengental.
Cara membuat :

  • Masukkan santan, air kelapa, gula pasir, dan garam ke dalam panci, lalu rebus sampai mendidih sambil diaduk perlahan
  • Ayak tepung beras dan tepung sagu, campur. Tambahkan ke dalamnya rebusan santan sedikit demi sedikit.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu adonan ditambahkan air gula merah, aduk rata. Dan satu bagian lagi ditambahkan dengan air kelapa.
  • Tuang satu lapis adonan berwarna cokelat ke dalam cetakan mangkok kue talam, kukus selama 10 menit. Tuang adonan putih di atasnya, kukus lagi selama 10 menit. Angkat, keluarkan kue talam dari cetakan.
  • Kue talam siap untuk disantap.
Nah, itu tadi resep untuk membuat beberapa jajanan pasar dari tepung beras, yuk praktekin di rumah!


Sumber : https://www.idntimes.comfood/recipe/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini! Lakukan 5 Tips Ini Agar Masakan Asin Terselamatkan!

- Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini! 7 Resep Olahan Es Pop Segar ala Rumahan, Gak Bikin Kantong Jebol!

- Berbahan Tepung Beras, Yuk Bikin 5 Jajanan Pasar Tradisional Ini! 5 Resep Nasi Goreng Lezat yang Rasanya Bikin Nagih!



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di