alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c24141cbfaa5b798b4569/pesantren-bawah-tanah-tuban

Pesantren Bawah Tanah, Tuban

4 July 2018 08:34:12 730
profile-picture
Loading...
5 stars - based on 1 vote 5 stars 0 stars

Post Reply

Silakan dikomen gan videonya ...

Replies (2)

profile-picture
Loading...
https://s.kaskus.id/user/avatar/2007/04/28/avatar266906_18.gif
04-07-2018 08:35 #2

Perjalanan ziarah keluarga
Awal Juli 2018


--------------------
Abah Subhan menuturkan, proses penemuan gua yang kemudian dijadikan pesantren ini bermula dari sebuah pesan gaib yang berkali-kali diterimanya. Setiap tengah malam, dia mengaku sering mendengar bisikan dari Kiai Usman atau Sunan Manyuro Mandoliko yang telah tiada. Dalam pesannya, kiai dari alam gaib itu memerintahkan Subhan untuk segera membuat pondok pesantren di desanya.

Lantas dengan uang yang diperolehnya sebagai sumbangan dari kerabat dekatnya, Abah Subhan membeli sebidang tanah bekas tempat pembuangan sampah yang luasnya hanya sekitar 500 meter persegi. Banyak orang yang menganggapnya aneh sewaktu Kiai Subhan membeli lahan bekas pembuangan sampah tersebut. Namun siapa yang mengira, bila kelak di sinilah awal mula gua itu ditemukan.

Semula, lahan yang tadinya digunakan Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai lokasi pembuangan sampah ini tentu saja penuh dengan bau busuk. Tak mengherankan, bila banyak orang yang enggan mendekati wilayah tersebut. Siapa menduga jika pada akhirnya tempat ini akan banyak didatangi orang. Begitu pula Kiai Subhan. Dia sama sekali tidak mengetahui bahwa di bawah tempat pembuangan sampah ini terdapat lorong-lorong gua yang menjorok ke dalam tanah.

Membersihkan lorong-lorong gua, tentu saja tak semudah membersihkan sampah di atas tanah. Berbagai kendala harus dilalui oleh Abah Subhan beserta para pekerjanya. Bisikan gaib pun kembali mengusik Kiai Subhan. Kali ini yang membisikkan pesan adalah Mbah Putri Ayu. Setelah mendapat bisikan, Subhan pun berpesan kepada para pekerjanya agar tak membunuh binatang berbisa yang ditemukan dalam gua. Bahkan ranting-ranting berduri pun dilarang untuk dibakar. Hal itu sesuai pesan gaib Mbah Putri Ayu agar jin-jin penunggu gua tidak marah serta mengganggu para santri dan warga desa sekitar.

Berita mengenai penemuan gua oleh K.H. Subhan mengundang sejumlah dermawan untuk menyumbangkan dana bagi pembangunan pesantren. Ini sesuai cita-cita Sang Kiai dan sesuai bisikan gaib yang diterimanya.

Nah, dengan dana yang terbilang mencukupi, lorong-lorong gua pun dipugar dan dibersihkan. Sudut-sudut ruangan yang semula gelap, kini sudah dipasangi lampu neon. Seluruh lantai gua diplester dengan adukan semen. Sementara luas tanah yang tadinya hanya ratusan meter persegi sekarang berkembang menjadi tiga hektare.

Setelah tiga tahun berjalan, Kiai Subhan menetapkan gua temuannya sebagai Pesantren Syekh Maulana Maghrobi sesuai amanat wali yang menemuinya melalui bisikan-bisikan gaib. Adapun kurikulum pesantren ini akan mengacu pada Ponpes Langitan, Tuban, yang memang mengkhususkan diri dalam kajian-kajian tafsir Alquran dan hadis Rasulullah. Subhan pun berharap, para santri lulusan pesantren ini akan lebih memiliki nurani dan berhati jernih seperti saat Nabi Muhammad SAW yang menerima wahyu pertama ketika berdiam di dalam Gua Hira.(ANS/R. Satriana Budi dan Binsar Rahadian)

profile-picture
Loading...
https://s.kaskus.id/user/avatar/2014/04/08/avatar6651799_10.gif
04-07-2018 15:34 #3

ane pertamak

×