alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menelusuri Jejak Benteng Takeshi, A.k.a Takeshi's Castle
4.9 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3c0446dad770a0478b4567/menelusuri-jejak-benteng-takeshi-aka-takeshis-castle

Menelusuri Jejak Benteng Takeshi, A.k.a Takeshi's Castle

Pada tahu Takeshi's Castle kan? Saya rasa generasi 80-an ke bawah pasti tahu acara TV yang satu ini. Mungkin ada juga sebagian generasi 90-an yang pernah beruntung menyaksikan Takeshi Castle pada waktu masih kecil. Konon sih Takeshi's Castle masih suka diputar di Indonesia sampai saat ini, dengan nama lokalnya adalah Benteng Takeshi.


Menelusuri Jejak Benteng Takeshi, A.k.a Takeshi's Castle

Foto 01: Takeshi's Castle

[sumber foto: via google]


Takeshi's Castle, yang dalam bahasa aslinya berjudul Fuun! Takeshi-jo, adalah nama sebuah game show produksi Tokyo Broadcasting System (TBS). Acara ini tayang perdana di Jepang pada tahun 1986 hingga tahun 1990, alias sudah lama banget. Saya lupa persisnya kapan acara ini mulai tayang di Indonesia. Yang pasti, seingat saya, saat baru tayang (di Indonesia) acara Benteng Takeshi langsungbooming dimana-mana. Nama-nama pengisi acara tersebut mendadak populer, seperti Tuan Takeshi, penasihatnya yang berhidung merah (lupa namanya siapa), reporter yang selalu heboh, hingga pengawalnya yang caem Jo Michiru (yang ternyata kini sudah berumur 57 tahun). Bahkan ada beberapa TV lokal yang meluncurkan program adaptasi dari acara tersebut, yang sayangnya umurnya kurang dari umur jagung.


Kembali ke Takeshi's Castle. Yang sudah pernah lihat mungkin masih ingat konsep utama dari acara ini. Lebih dari 100 peserta dikumpulkan oleh Jendral Hayato Tani (yang juga nggak kalah caem dari Jo Michiru) untuk menyerbu kediaman Tuan Takeshi (diperankan oleh Takeshi Kitano, aktor ternama Jepang). Peserta diharuskan melewati serangkaian tes fisik seperti memanjat dinding yang tinggi dan licin, tembak-tembakan dengan pengawal Takeshi, hingga menyeberang jembatan Gibraltar (atau selat Gibraltar ya?). Kadang-kadang ada juga rangkaian tes fisik yang diganti dengan tes non-fisik seperti bernyanyi karaoke sambil menari. Di akhir setiap episode, penantang yang tersisa akan langsung berhadapan dengan Tuan Takeshi dan pengawal-pengawalnya. Sukur-sukur jika yang tersisa lebih dari selusin dan bisa melakukan kerja team. Kadang-kadang yang lolos hanya 1-2 orang, itupun langsung KO sebelum Tuan Takeshi (dan kendaraan kebesarannya) sempat bergerak.


Menelusuri Jejak Benteng Takeshi, A.k.a Takeshi's Castle

Foto 02: permainan dalam Takeshi's Castle

[sumber foto: via google]


Intinya, Takeshi's Castle itu luar biasa serunya. Epic! Dan bukan hanya saya saja yang kecanduan nonton Takeshi's Castle. Buktinya, selain Indonesia, game show ini telah tayang juga di berbagai negara lain mulai dari wilayah Asia (seperti Thailand, Taiwan, Malaysia, India, dan Filipina), Amerika, hingga wilayah Eropa (seperti Inggris, Jerman, Prancis, dan lain-lain). Negara Arab dan Brazil pun tak mau kalah menayangkan kegagahan Tuan Takeshi dalam mempertahankan kastilnya. Jadi nggak salah kan jika saya bilang Takeshi's Castle adalah benteng paling terkenal di seluruh dunia?


Dari sekian banyak hal menarik yang bisa saya tulis tentang Takeshi's Castle, satu yang membuat saya penasaran adalah dimana sih lokasi Benteng Takeshi itu? Lokasi shooting acara Takeshi's Castle selalu dilakukan di sebuah tempat yang lapang. Ada area yang menyerupai tanah lapang, danau, hingga bukit/gunung. Dengan tahapan game yang begitu beragam dan setting yang sangat banyak, pastilah dibutuhkan tempat yang luasnya lebih besar dari lapangan bola. Tapi dimanakah tempat itu?


Saya mencoba menelusuri jejak Takeshi's Castle yang sebetulnya sudah runtuh sejak penayangan terakhirnya, yaitu tahun 1990. Hasil dari semedi bersama mbah Google, diketahui jika lokasi shootingTakeshi's Castle dilakukan di tanah milik pribadi dari TBS selaku pencipta game show ini. Tepatnya, shooting dilakukan di studio Midoriyama (secara literal berarti Gunung Hijau) milik TBS.


Pernah dengar tentang Yokohama? Adapun studio Midoriyama, letaknya berada di distrik Aoba, Yokohama. Alamat lengkapnya di 2100, Midoriyama, Aoba-ku, Yokohama, Jepang.


Studio Midoriyama memiliki luas area yang cukup luas. Totalnya mencapai 80000 meter persegi! Di area yang luasnya beberapa kalinya lapangan sepak bola itu (ada yang mau bantu hitung?) tak hanya terdapat area tanah lapang dan bukit buatan dengan luas kurang lebih 20000 meter persegi yang menjadi lokasi shooting Takeshi's Castle, namun terdapat juga beberapa area lainnya yang populer sebagai tempat shooting outdoor. Terdapat juga gedung studio dengan berbagai perlengkapan produksi mutakhir, dan juga lapangan golf. Intinya, di Midoriyama ini tak hanya terdapat jejak peninggalan Benteng Takeshi saja, namun beragam acara populer lainnya seperti Ninja Warior dan lain-lain.


Akhirnya, setelah bertahun-tahun menjadi pengagum Jo Michiru, ehm, Takeshi's Castle (baru patah hati setelah tahu umurnya Jo Michiru), saya tahu juga dimana lokasi benteng yang nyaris nggak pernah kalah itu. Nyaris lho, karena presentase peserta yang menang dengan yang gagal jauh lebih besar jumlah peserta gagalnya. Bagi yang memang ada rencana untuk main ke Yokohama saat wisata ke Tokyo, dan berminat untuk mengintip-intip salah satu surganya produksi acara TV Jepang ini, berikut contekan aksesnya:



Dari Stasiun Shin-Yokohama, naik JR Yokohama Line ke Stasiun Machida. Transfer ke Odakyu Odawara Line, turun di Stasiun Tsurukawa. Dilanjutkan dengan naik bus dan turun di Midoriyama. 




Sayangnya saya kurang tahu apa studio ini bisa dikunjungi oleh wisatawan atau tidak. Seandainya pun sudah terlanjur kesana tapi nggak bisa masuk ke dalam area shooting, tak perlu kecewa. Lokasi studio ini cukup dekat dengan sebuah theme park bernama Kodomo-no-Kuni, yang ternyata salah satu fasilitasnya disebut sebagai ice skating ring terbaik di area Tokyo




Jadi seandainya pun gagal melihat lokasishooting Takeshi's Castle, tinggal lanjut saja bersenang-senang di negerinya anak-anak (= Kodomo-no-kuni).




Semoga bermanfaat!






Halaman 1 dari 10
acara favorit pas sd 😅
Menelusuri Jejak Benteng Takeshi, A.k.a Takeshi's Castle
acara yg keren banget, sama yg namanya masquerade itu emoticon-Big Grin
generasi tiktok mana tau emoticon-Wkwkwk
dulu di te pe ii kayaknya
seru acaranya emoticon-Jempol
Yg bikin acara ini koplak adalah dubber-nya. Salut emoticon-Big Grin
*Lihat, yang mulia, orang itu bodoh sekali"
Diubah oleh a.mussoullini


Dari sekian banyak episode yg ane tonton di TPI, afaik cuma ada 1 episode dimana peserta berhasil nabrak mobilnya takeshi sampe keluar arena dan hampir menang (nyaris ngebolongin target tembak watergun nya) tapi keburu digangbang sama anak buahnya (prajurit) emoticon-Big Grin
aku pasti berhasil

Menelusuri Jejak Benteng Takeshi, A.k.a Takeshi's Castle

Dia sangat bodoh paduka emoticon-Leh Uga
yang mulia
owh bgtu ya breeee

nice info aja emoticon-Jempol
ahhhhhhh ini pelem gak pernah terlewat...
bahkan gw pernah liat peserta yg berhasil ngalahin itu 2 raja...

hahahahaha...

kangen euy
acara ini d jepang masih ada yah sampe skrg?... emoticon-Bingung (S)
liat d tv, tayangan ulangnya masih jadul emoticon-Ngakak (S)
Dia bodoh sekali Yang Mulia emoticon-Ngakak
yang kocak asistennya digetokin terus pake kipas haha
Apalagi yg pesertanya merosot pake cangkir gede. sumpah ngakak parahemoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
yang mulia emoticon-Nyepi
bodoh sekali orang itu yang mulia..
Acara2 dari Jepang yg pernah tayang di Indonesia yg ane suka: Benteng Takeshi, Masqeurate (maaf kalau salah tulisannya), sasuke ninja warior, viking
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di