alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak
4.74 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3bd404c0d77053198b4568/hati-hati-7-kebiasaan-ini-bikin-baterai-smartphone-cepat-rusak

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

Hai Agan Sista, pernah ngga Agan Sista mengalami, baru aja beli smartphone, tapi beberapa bulan kemudian tiba-tiba smartphone Agan Sista mulai error atau hang? 

Nah, kalau Agan Sista pernah mengalami kejadian seperti ini, Agan Sista harus mulai memperhatikan kebiasaan Agan Sista menggunakan smartphone tersebut. Kebiasaan salah yang seringkali dilakukan oleh para pengguna smartphone adalah dalam hal penggunaan baterai. Kenapa kok bisa seperti itu ya? Yuk langsung simak ulasannya nih di sini..

emoticon-Monggo emoticon-Monggo emoticon-Monggo

Ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan dan tanpa disadari justru merusak kualitas baterai. Salah satunya adalah dalam hal pengisian daya baterai. Kadang kita mengisi daya atau baterei dengan seenaknya aja, tidak memperhatikan beberapa hal yang justru membuat baterai jadi lebih cepat rusak. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat melakukan pengisian daya baterai :

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

1. Ngecharge ketika baterai sudah 0%

Ini adalah kesalahan pengisian daya yang paling sering dilakukan. Biasanya para pengguna smartphone baru mulai melakukan pengisian daya atau charging saat baterai sudah dalam kondisi 0%.

Memang umumnya smartphone saat ini menggunakan baterai Li-on. Baterai Li-on memang akan awet jika diisi mulai saat kondisi baterai sekitar 20%, dan boleh selesai dicharge saat kondisi baterai sudah 80% atau lebih. Mengisi daya smartphone saat baterai 0% memang tidak langsung membuat baterai rusak sih Gan Sist, tapi akan dapat mengurangi umur baterai itu sendiri.

Spoiler for charging harus diperhatikan nih Gan:

2. Smartphone baru harus dicharge sampai 100%

Masih banyak loh yang beranggapan kalau smartphone yang baru dibeli harus dicharge dulu sampai 100% sebelum digunakan. Hal ini sebenarnya berlaku untuk smartphone jadul Gan Sist, yang menggunakan baterai berbahan nikel. Saat ini umumnya smartphone menggunakan baterai dengan bahan Lithium Ion. Smartphone dengan tipe baterai tersebut dapat langsung digunakan tanpa perlu dicharge hingga 100% terlebih dahulu.

3. Menggunakan smartphone saat sedang dicharge

Nah siapa nih yang sering menggunakan smartphonenya saat sedang dicharge? Kebiasaan ini sebaiknya distop yah Gan Sist, karena selain dapat merusak kondisi baterai juga dapat membahayakan penggunanya.

Sebaiknya biarkan saja dulu smartphone dicharge hingga penuh 100%, apabila pengisian daya telah selesai Agan Sista bisa mengggunakannya lagi. Menggunakan smartphone yang sedang dicharge, membuat arus listrik yang masuk ke baterai akan langsung digunakan. Tentu aja ini dapat membuat proses pengsian daya menjadi lebih lama, juga dapat membuat umur baterai berkurang Gan Sist.

4. Menggunakan sembarangan charger

Pastikan untuk selalu menggunakan charger asli yang telah disediakan dalam paket box pembelian ya. Jangan pernah menggunakan sembarangan charger atau menggunakan charger dari smartphone yang berbeda tipe. Karena setiap charger smartphone yang ada di paket box pembelian memang sudah didesain sesuai dengan smartphone tersebut. Terutama besaran arus listrik dan tegangannya pasti disesuaikan dengan smartphonenya. Jadi kalau pakai charger smartphone lain, dikhawatirkan charger tersebut memiliki arus listrik dan tegangan yang berbeda sehingga tentunya akan merusak kualitas baterai.

Spoiler for jangan sembarangan pakai charger:

5. Sering menggunakan power bank

Pasti Agan Sista pernah menggunakan power bank untuk mengisi daya baterai smartphone kan?. Penggunaan power bank sebenarnya sama saja menggunakan charger yang tidak asli loh. Penggunaan power bank juga membuat umur baterai berkurang, karena arus listrik yang masuk ke baterai pun tidak sesuai dengan seharusnya. Jadi gunakan powerbank hanya dalam kondisi mendesak aja yah Gan Sist.

6. Sering melakukan pengisian daya di mobil

Pada dasarnya mengisi daya di mobil hampir sama dengan mengisi daya melalui power bank. Arus listrik yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan baterai smartphone, pastinya akan merusak kualitas baterai.

7. Mengisi daya smartphone sambil ditinggal tidur

Beberapa charger dari beberapa smartphone saat ini memang sudah dilengkapi dengan fitur yang mampu otomatis memutus arus listrik ketika baterai sudah terisi penuh. Tapi sebaiknya hindari kebiasaan ini, dengan kondisi baterai masih terhubung ke charger yang aktif, artinya masih ada arus listrik yang mengalir loh Gan Sist. Pastinya tetap akan berpengaruh pada kualitas baterai.

Itu dia Gan Sist, delapan kebiasaan salah yang sering kita lakukan dan dapat membuat baterai smartphone kita menjadi tidak awet. 

Di antara delapan kebiasaan tersebut, yang mana nih yang masih sering Agan Sista lakukan?

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

Spoiler for bocoran:


Diubah oleh: kaksus10
Halaman 1 dari 14
Tambahan kaka kaskuser :

Quote:


Quote:


Diubah oleh kaksus10
Ane ngecas hp sambil dimaininemoticon-sudahkuduga
Diubah oleh claymite
ane sering ngecas di tinggal tidur, tp ane tidur mentok2 sejam 2 jam doang emoticon-Hammer2
ane melakukan semuanya emoticon-Frown
Quote:

dah gitu dimaininnya sambil war PUBG
emoticon-Mewek
kapan penuhnya Gan?
emoticon-Ngakak

Quote:

tidurnya bentar amat Gan?
trus bangun tidur hp sudah penuh atau masih nge cas?
Quote:


trus gimana hpnya Gan?
emoticon-Bingung
Quote:


masih dong emoticon-Cool
Quote:


hapenya masi ada, ni ane komeng sambil ngecas emoticon-Malu
Quote:


wadaw
hp sakti itumah
merk apa Gan?
Quote:


somey dong emoticon-Menang
cuman kabel usbnya sering rusak emoticon-Leh Uga
Quote:


wahh
tahan banting tuh
kabel usb rusak biasanya gara2 ketekuk2 tuh Gan
Quote:


gegara ane loncat kegirangan pas dapat kill, ketarik deh emoticon-Ngakak
jgn charger di dekat tempat tidur, klo masih sayang nyawa
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
Powerbank itu aslinya emergency gan emoticon-Leh Uga tapi kenapa kok di sini populer? Sinyalnya jelek, untungnya sih WiFi udah banyak emoticon-Toast pake data sendiri tahan 2 jam itu anugrah sendiri ngga tau kenapa kok tiba tiba jelek aja sinyal emoticon-Bingung
Diubah oleh hendiii1211
hape ane esia hidayah bre, awet bet batrenya ampe seminggu gaperlu cas cas lagi emoticon-Leh Uga
gembox

asal chargernya bukan charger leptop gak bakal rusak lah bre emoticon-Cool
Diubah oleh the.blackhunter
Ane melakukan semuanya Gan...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak
Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak
Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Ane bahagia, pagi2 dapat gembok... Seperti halnya pepatah Ukraina yang mengatakan:

Povnyy obsyah ochi mih bachyty, prote, plechi ne nese vaha: nezalezhno vid toho, naskilʹky seryozno strazhdanʹ lyudey, yaki bachatʹ yoho, shche bilʹshe vahy dlya tykh, khto vidchuvayut...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Diubah oleh adolfsbasthian
iya tuh jangan sembarangan ngecharge, apalagi klo pake power bank,,,
Halaman 1 dari 14


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di