alexa-tracking

PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3baf6ddcd770df278b4567/pengen-menghafal-al-quran--lakukan-hal-ini
PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI
              Salam gan, semoga kita selalu sehat dan dalam Lindungan Dzat yang Maha melindungi dan Menyayangi ya agan2ku. Terlepas dari kesibukan ane yang meraja lela, ane ingin berbagi ketikan mengenai beberapa hal yang ane udah pelajari dan ane praktikan sendiri. Meski usha ane belum maksimal, tetapi udah membuktikan sendiri hal-hal yang nanti ane ketikin di bawah, dan bagi agan-agan yang mempunyai kiat yang sama, ane pengen berbagi dan sharing dengan agan semua, tapi ingat gan, ini cuma beberapa sarana, bukan ilmu mutlak, jadi kalau agan punya pandangan yang lebih top, agan sharing juga ya, biar ane juga bisa ngikutin apa yang agan lakuin, hehe , bagi-bagi ilmu lah ya gan :v

            Untuk malem ini, ane mau sharing mengenai bagaimana cara dan kiat menghafal Al-Qur'an agar lebih mudah dan cepet gan. Tapi kembali ane tegasin, bahwa Al-Qur'an itu lebih utamanya adalah di pahami dan di amalkan, dan alangkah lebih baik jika di hafal, agar kita juga menjadi orang-orang yang menjaga kemurniannya. Tapi ingat, niatnya harus untuk Dzat yang Maha Menguasai dan Maha Mengetahui lho gan. Kalau niatnya udah beda, nanti amalannya bakal beda, dan pasti di arahkan ke hal yang aneh-aneh. Udah hidup kita kebanyakan ngelakuin yang aneh, giliran mau insyaf, masih aja cari yang aneh-aneh, kan malah tambah aneh kita gan, haha.  Yuk gan, ane giring ke beberapa tips yang semoga bermanfaat buat agan semua dalam memudahkan menghafal Al-Qur'an :


PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI
 sumber : https://ardan7779.web.id/ngaji/al-quran-jangan-disepelekan/

     1.  Perbaiki bacaan agan dulu 

maaf ya gan, bukan maksud apa-apa, tapi sebelum menghafal, ane saranin buat agan-agan untuk perbaiki cara dan juga kemampuan membaca Al-Qur'an dulu gan, supaya apa? supaya kalau udah hafal, mengurangi resiko kesalahan menghafal, takutnya udah hafal malah yang di hafal salah, bakal sulit buat mbenerinnya lagi kan, yang pasti, perhatikan tajwidnya, habis itu panjang pendeknya, berikutnya makhorijul hurf (keluarnya huruf dari mulut) dan yang terakhir murotalnya gan. Serius deh gan, kalau udah punya ritme dalam membaca Al-Qur'an, bakal mudah buat menghafal, soalnya Al-Qur'an itu adalah syair yang Dzat Maha Indah turunkan kepada Manusia.  setuju nggak agan2ku ?. Kalau semua udah lancar dan bener, baru dah ngehafalin, simpelnya, bagaimana buat bisa baca baik dan bener ? jawabnya , banyakin baca Al-Qur'an setiap hari, di samping itu , cari temen atau sahabat buat nyimak, terutama yang udah bagus bacaannya , hhe

     2. Menghafal di waktu pikiran tenang dan di waktu pikiran segar

     PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI
      Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2018/06/01/inilah-doa-kisah-turunnya-alquran-hingga-pahala-yang-dilipatgandakan-di-malam-nululul-quran

    waktu paling mustajab buat menghafal Al-Qur'an itu ada gan, yaitu sehabis sholat subuh dan sehabis sholat magrib, tapi yang paling manjur sehabis subuh, di samping pikiran fresh, otak juga udah di pake buat istirahat , ya istirahatnya saat tidur. Kalau agan rutin setiap subuh ngehafal, pasti hafalan agan cepet dan insyaAllah bakal banyak. tapi ingat gan , harus rutin, bukan angin-anginan :v  .

    3.   Gunakan Indra Terbaik Agan 

di sini bukan indra anak tetangga agan ya, tapi panca indra yang paling sering agan manfaatin buat mengingat, kalau semisal agan cepat inget melalui melihat, perbanyak membaca langsung gan, dan kalau agan lebih cepet kalau melalui mendengar, sering-sering denger bacaan Al-Qur'an, lewat mp3 atau youtube, kalau agan bagus dalam dua-duanya, sering sering aja dua-duanya di praktekkin, huahaha. Tapi kalau agan lebih cepet inget dengan di baca keras, gak papa gan baca keras aja, asal niatnya bukan untuk sombong, hihi.

     4. Perbanyak minum madu

PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI

  Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-madu-murni/

      Meminum madu itu banyak manfaatnya gan, salah satunya menguatkan daya ingat dan konsentrasi, dan masih banyak lain manfaatnya, kalau gak percaya baca aja Surah An-Nahl , atau penelitian medis mengenai madu, rutin aja pas mau tidur minum madu gan, gak usah banyak-banyak, yang penting rutin aja, nanti pasti agan-agan bakal ngerasain seberapa mantabnya khasiat dari madu, hoho

   5.   Target jelas dan konsisten PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI
 Sunber : https://www.videoblocks.com/video/goal-achieved-arrow-hitting-target-bulls-eye-3d-animation-h0k702priu94xr7w


 Gak usah banyak - banyak gan , jangan langsung ngincer yang enggak-enggak, cukup konsisten tiap hari nambah, dan habis itu paling enggak satu hari punya target, minimal satu lembar atau setengah lembar, asal konsisten, bakalan sebulan udah hafal 15 lembar atau 30 halaman, manteb kan gan ? tapi ya itu, jangan lupa muraja'ah ( mengingat kembali hafalan). Jangan bablas terus tapi yang lalu lalu di lupain, di ulang ulang juga yang udah hafal, biar gak rontok ya gan emoticon-Big Grin

6.  Ikutin Murotal yang agan sukai nadanya

banyak imam yang punya suara dan juga nada bagus untuk membaca Al-Qur'an. Nah maka dari itu biar mempermudah, ikutin aja salah satunya yang agan paling cocok, dan kalau bisa jangan berubah ubah, nanti agan bakal bisa nikmatin indahnya bersyair dalam irama Al-Qur'an, seriusan deh. yang penting agan selalu berusaha yang terbaik pasti hasilnya juga baik, hehe. Satu lagi gan , pake mushaf (penulisan Al-Qur'an) yang sama, biar gak bingung, jangan ganti-ganti, nanti agan malah bisa bingung kalau menghafal. xayooo

7.   Banyakin berdoa aja gan 


PENGEN MENGHAFAL AL-QUR'AN ? LAKUKAN HAL INI
  Sumber : http://blog.elevenia.co.id/bacaan-doa-selamat/

           kalau udah berusaha dengan semua usaha yang kita bisa, tinggal doanya aja gan, biar agan-agan semua makin ayem hatinya. Ingat gan , Bukan Tuhan yang membutuhkan kita, tapi Kitalah yang Membutuhkan Tuhan, jadi jangan beranggapan apa yang kita lakukan bermanfaat bagi Dzat Yang Maha Agung, tapi apa yang bisa kita lakukan untuk membuat Dzat yang Maha Bijaksana memberikan perhatian-Nya untuk kita, yang jelas kita harus meniatkan segala sesuatu untuk-Nya dan selalu berdoa pada-Nya, nah ini dia gan :

Rasulullah Saw bersabda kepada Amiril Mukminin Ali as:"aku akan mengajarkanmu sebuah doa yang membuat dirimu tidak akan melupakan ayat-ayat al-Quran:

’اللهم ارحمني بترك معاصيك أبداً ما أبقيتني، وارحمني من تكلف ما لا يعنني، وارزقني حسن المنظر فيما يرضيك عني، وألزم قلبي حفظ كتابك كما علمتني، وارزقني أن أن أتلوه على النحو الذي يرضيك عني. اللهم نور بكتابك بصري، واشرح به صدري، وفرح به قلبي، وأطلق به لساني، واستعمل به بدني، وقوني على ذلك، وأعني عليه إنه لا معين عليه إلا أنت، لا إله إلا أنت‘"
Ya Allah Swt rahmati untuk (dapat) meninggalkan maksiat kepada-Mu selamanya selagi engkau masih memberi kesempatan kepadaku. Kasihani diriku dari hal yang tak sanggup aku pikul. Karunialiah aku itikad baik dan ketertarikan kepada hal yang Engkau sukai. Teguhkan hatiku untuk menghafal kitab-Mu sebagaimana Engkau ajarkan kepadaku. Karuniailah aku untuk (dapat) membacanya sesuai yang Engkau sukai. Ya Allah dengan kitab-Mu terangilah penglihatanku, lapangkanlah dadaku, bahagiakan diriku, bebaskan (belenggu) lidahku, terapkanlah kepada badanku, kokohkanlah diriku atasnya dan bantulah diriku untuk hal tersebut, sesungguhnya tiada penolong untuk hal tersebut kecuali Engkau, tiada tuhan selain Engkau.

Sumber : http://www.quran.al-shia.org/id/dua-quran/04.htm

          Itu dulu aja gan yang dapet ane sharing buat agan semua, kalau mau nanya siapa yang nulis dan tanggung jawab nih tulisan, bilang aja dari ane , haha. Kali aja ada yang bilang enggak-enggak, bukan yang iya iya, kan jaman sekarang banyak yang sukanya enak-enak, bukan yang susah-suasah. Setidaknya ane cuma pinginn sharing, kali aja ada manfaatnya buat agan yang baca, dan tentunya buat ane sendiri, hehe

cayooooo , good luck and always greget emoticon-Keep Posting Gan

image-url-apps
makasih infonya gan..
image-url-apps
Ndak tau kenapa ane kalo buat menghafal kok rada lemot ya emoticon-Malu
KASKUS Ads
image-url-apps
mksih tipsnya gan emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Quote:


Gak perlu buru2 gan, orang pinter kalah sama orang tekun, jadi yang tekun aja gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Itu mungkin masalah nya gan, abis takut beralih ke pelajaran yg lain
ba'da subuh emang waktu yang paling manjur sih
Quote:


iya gan , pikiran belum terkontaminasi masalah dunia soalnya :v
×