alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
ANTARA CITA CITA DAN JALAN HIDUP (TRUESTORY) [TAMAT]
4.81 stars - based on 21 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ba704ded7700e418b456b/antara-cita-cita-dan-jalan-hidup-truestory-tamat

ANTARA CITA CITA DAN JALAN HIDUP (TRUESTORY)

ANTARA CITA CITA DAN JALAN HIDUP (TRUESTORY) [TAMAT]


Hidup ini ibarat secangkir kopi . Jika kita tak mampu untuk menikmatinya tentu akan terasa pahit.

Setiap individu hidup tentu memiliki jalan masing2 . Terlepas dari semua mimpi yang mereka inginkan tapi jalan takdirlah yang akan dilaluinya.

Kalian percaya kalo jodoh mati rezeki itu ada ditangan Tuhan ? Kalo iya kita sepemikiran.


Kita bisa berencana serta berharap tapi Tuhanlah penentu segalanya . Jabgan pernah remehkan sesuatu yang kecil karena kerikil kecil mampu menjatuhkan pemotor.

Salam

mulustrasi ELVIRA DAMAYANTI


mulustrasi DINDA

mulustrasi GITA ANJANI

INDEX

PROLOG
PART 1
PART 2
PART 3
PART 4
PART 5
PART 6
PART 7
PART 8
PART 9
PART 10.
PART 11
PART 12
PART 13
PART 14
PART 15
PART 16
PART 17
PART 18
PART 19
PART 20
PART 21
PART 22
PART 23
PART 24
PART 25
PART 26
PART 27
PART 28
PART 29
PART 30
PART 31
PART 32
PART 33
PART 34
PART 35
PART 36
PART 37
PART 38
PART 39
PART 40
PART 41
PART 42
PART 43
PART 44
PART 45
PART 46
PART 47
PART 48
PART 49
PART 50
PART 51
PART 52
PART 53
PART 54
PART 55
PART 56 - TAMAT






SIDE STORY - putih abu2
SIDE STORY 2

dan akhirnya coretan sang kuli bangunan mendapat top thread 😆😆😆😆😆.

ANTARA CITA CITA DAN JALAN HIDUP (TRUESTORY) [TAMAT]
profile-picture
Mata.Elang084 memberi reputasi
Diubah oleh andreww111
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 42

PROLOG.

Aku adalah anak dari seorang janda . Aku tinggal di daerah pedalaman di wilayah jawa tengah bagian timur.

Karena tuntutan ekonomi . Akupun tak melanjutkan kuliah.

"Dik , hari ini ada pendaftaran masuk ke PT.Astra apakah kamu mau mengikuti seleksi ? Lumayan loh gajinya . Lagian kamu kan juga gak mau kuliah . Padahal Saya udah mau daftarin bidik misi di UNNES . Saya yakin 100% kamu keterima dijurusan bahasa". Ucap bu Tri lestari wati .
Beliau adalah guru BK di SMA ku . Memang . Aku sangatlah dekat dengan beliau . Disamping sikapnya yang TEGAS , beliau memiliki kelembutan hati. Aku akrab dengan beliau karena memang saat sekolah aku sering bermasalah.

"Iya bu , saya mau coba". Jawabku.

Ah lumayan lah . Aku coba aja siapa tau bisa keterima kan gaperlu nyari2 kerjaan.

"Yaudah kamu siapin diri . Nanti jam 9 berangkat sama teman2 yang lain . Ada sekitar 50 siswa yang ikut". Ucap bu Tri lagi.

"Iya bu". Jawabku.

Akupun pamit meninggalkan ruang BK dan berlanjut ke kantin . Hari ini jadwalnya adalah test psikotes tertulis . Aku termenung dikantin memikirkan apakah susah ya testnya nanti ? Apa aku bisa masuk ? Ah siapa yang tau kalo tak mencoba.

Akhirnya jampun menunjukkan pukul 08:47 wib. Aku bergegas menuju depan ruang BK. Disana nampak banyak siswa yang menunggu sesuatu . Aku melihat teman tetangga kampungku dan menghampirinya.

"Lu ikut juga bud ?". Tanyaku pada budi.

"Iya dik . Kata kakaku gajinya lumayan . Soalnya kakaku kerjanya deket sama astra". Jawabnya.

Kira2 berapa gaji yang dijanjikan ya ? Gumamku dalam hati.

Akhirnya kami semuapun berangkat menuju ke tempat test yang terletak di kabupaten tetangga . Memang perekrutan kariyawan yang dilakukan oleh astra kali ini mencakup satu karisidenan (terdiri dari 5 kabupaten).

"Wah bud , banyak amad yang daftar". Ucapku pada budi.

"Iya dik gila banyak banget . Aduh down banget gw". Jawab budi.

Memang kali ini aku melihat ratusan . Bukan bukan ratusan lagi . Mingkin ribuan murid dari satu karisidenan.
Aku ? Gentar ? Hahaha . Bukan tipeku untuk takut bersaing secara sehat dengan rival2ku. Justru aku merasa tertantang dengan semua ini.

Aku mengisi sebuah formulir pendaftaran . Yang membuatku kagum adalah . Disana dianjurkan untuk menulis berapakah gaji yang hendak diminta. Ah bodo amad aku isi aja 5jt . Karena aku tahu dijakarta apa2 mahal.


Singkat cerita . Aku telah melaksanakan test . Kamipun segera pulang untuk istirahat dirumah sambil menunggu hasil test.

2 hari berselang , aku mendapat sms dari bu TRI.
"Dik , dari 1328 murid yang daftar . Kamu lolos masuk astra . Dan besok kamu harus ikut test wawancara". Pesan bu Tri.

"Baik bu". Jawabku singkat.

Ah senang rasanya sekaligus bangga bisa lolos test pertama . Aku mendapat bocoran dari bu Tri bahwa test wawancara biasanya tentang logika serta psikologi. Aku tak khawatir dengan ini karen aku akan menjawab se realistis mungkin.


"Kamu udah siap dik ?". Ucap bu Tri.

"Sudah bu". Jawabku.

"Yaudah kamu boncengan sama yohannes . Ikbal sama aldi". Ucap bu Tri.

"Loh kok cuma ber 4 bu ?". Tanyaku heran . Karena kemarin aku daftar sekitar 50 orang.

"Iya yang lulus cuma kalian". Ucap bu Tri mantap .

"Yaudah yuk berangkat". Jawabku.

Kamipun berangkat menuju tempat test lagi. Kali ini jumlah peserta test jauh berkurang . Mungkin sekitar separuh dari kemarin . Nampak panitia perekrutan sudah bersiap diposisi masing.

"Apa tujuan kamu masuk astra ?". Ucap panitia menanyaiku atau lebih tepatnya mengetestku.

"Saya berharap bisa mendapat penghasilan dan mampu mengangkat perekonomian keluarga saya". Ucapku tegas.

"Mengapa kamu meminta gaji 5jt perbulan ? Sedangkan pengalaman kerja saja kamu tak punya". Ucapnya lagi.

"Seperti yang saya sebutkan tadi . Saya berharap mampu mengangkat perekonomian keluarga . Selain untuk keluarga tentu saya harus menanung untuk masa depan saya". Jawabku realistis..

Entah sudah berapa pertanyaan diujikan ke aku . Benar kata bu Tri bahwa test kali ini logika serta psikologi. Tentunya banyak pertanyaan jebakan yang membuat para peserta bingung. Tapi aku dengan santai menjawab setiap pertanyaan dengan apa yang aku fikirkan.

Singkat cerita , test pun telah berakhir . Di papan pengumuman sudah tertera nama peserta yang lolos dan berhak mengikuti test untuk bekerja .

"Yeah lulus" ucapku dalam hati.

Aku sangat gembira sekali meliht namaku dan tertulis LULUS. Tapi aku lihat semua teman dari sekolahku gagal semua. Sadis ? Ya memang begitu . Dari 1328 murid yang daftar , yang akan dikontrak oleh astra hanya 10 anak. Kejam bukan ?
profile-picture
profile-picture
julian562 dan galihpribadi55 memberi reputasi
ijin nenda andik mantau dulu kapan nyeritain tentang sampean emoticon-Big Grin
nais gan, singkat padat dan mudah2an bisa tamat, semangat gan
semoga lancar jaya sampai tamat apdetnya,,,emoticon-Jempol


Quote:


Tentu bakalan tamat gan walau agak panjang . Gak sependek thread ane sebelumnya.

Quote:


Lah ini kan nyeritain tentang perjalanan hidup ane gan . Lika liku kehidupan . Hehe

Mantau

ANTARA CITA CITA DAN JALAN HIDUP (TRUESTORY) [TAMAT]
mantap.. ijin manteng dimari lagi gan.. emoticon-Bettyemoticon-Betty

PART 1 . welcome to work

"Andik , hari ini ada test terakhir yaitu test kesehatan . Sisa peserta seleksi hanya berjumlah 15 orang . Apakah andik bersedia mengikuti test ? Saya yakin andik akan lolos". Pesan sms dari petugas TU sekolahku.

"Maaf pak , saya sudah bekerja . Ini saya sudah berada di jakarta". Balasku.

Ya , aku meninggalkan proses seleksiku karena ibuku memarahiku disebabkan oleh kerjaanku yang hanya mabuk2 an tiap malamnya dan siangnya aku hanya tidur . Aku sama sekali tidak mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Pamanku adalah seorang mandor bangunan . Maka dari itu , ibuku menyuruhku ikut dengan pamanku saja . Setidaknya aku akan mendapat penghasilan sendiri.
Gila bukan ? Meninggalkan PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR demi jadi kuli bangunan . Haha tapi inilah aku.

Singkat cerita aku telah sampai dijakarta. Ayah(tiri) ku yang menjemputku di terminal pulogadung (saat itu belum ditutup).
Kamipun menuju proyek yang dipegang oleh pamanku.

Sesampainya dilokasi aku segera diajak kerja oleh ayahku . Aku jadi helpernya.

"Ayo ka , mulai kerja". Ajak ayah ku.

"Iya dhe". Yups aku memanggil ayah tiriku dengan sebutan pakdhe (bapak gedhe / bapak besar) yang berarti adalah orang yang lebih tua dari ayahku.

Hari pertama bekerja aku diajak ngaci (bahasa indonya apa ya ?) pokoknya yang buat alus tembok.

Ayah(tiri)ku nampak tahu bahwa aku sama sekali belum mengerti bahan2 yqng diperlukan untuk mengerjakan pekerjaannya.

Saat aku disuruh membuat ACIAN untuk pertama kali . Aku bingung . Dasarnya memang buta warna sih . Aku malah membuat compound . Hahaha . Padahal dari segi warna berbeda . Antara putih dan abu2. Tapi aku yang tak mengerti asal membuat saja.

"Ini apa kamu bawa2. Ini compound". Ucap ayahku saat aku membawa sebuah ember untuknya.

"Eh , emang salah ya ? Aku tadi liat kang joko membuat ini juga". Ucapku bingung.

"Haha , yaiyalah dia kan tukang cat . Wajar dia pake compound. Compound itu fungsinya menambal lubang2 kecil didinding . Kalo untuk lokasi luas seperti ini pakenya acian". Terangnya.

Lalu ayahkupun mengajakku ke tempat material yang ada di bawah . Ya , aku bekerja membuat showroom 5 lantai dengan sekitar 15 pekerja disana.

"Ini namanya plesteran MU . Ini digunakan untuk mlester tipis seperti hebel (bata ringan). Dan blabla bla" . Jelas ayahku.

Aku hanya manggut2 tanda mengerti . Kalo kita mengulas ayahku ini sebenarnya orangnya tempramental. Tak jarang ia membuat orang bonyok jika orang itu punya salah dengannya.

Akhirnya waktu istirahatpun tiba . Aku yang memang sama sekali tak mengenal siapapun hanya diam saja . Makan ? Ayahku yang membelikan..

Singkat cerita sedikit demi sedikit aku sudah belajar apa dan bagaimana jobdesk ku . Cukup mudah ternyata .

Seminggu telah berlalu . Aku yang notabene orang yang mudah bersosialisasipun midah akrab dan membaur dengan teman2 sepekerjaanku. Semua pekerja berusia diatasku. Dan mayoritas sudah berkeluarga.

"Ka , besok aku diauruh ke bogor . Ada komplainan disana . Kamu kalo gak punya duit minta saja sama Cipto". Pesan ayahku.

Cipto adalah wakit mandor disini . Yang berarti dia adalah orang yang dipercaya oleh pamanku.

Setelah ayahku meninggalkanku disini . Aku masih takut jika harus kasbon . Terpaksa aku berfikir keras agar uang yang aku pegang cukup untuk seminggu . Padahal saat itu aku hanya memegang uang 100k pemberian dari ayahku sebelum pindah.

Aku yang sulit meninggalkan rokok akhirnya bisa meninggalkan rokok (sementara) karena terpaksa . Setiap hari aku hanya makan nasi dengan indomie (indomie 1 bungkus buat 2x makan atau 1hari).

Ya , untuk nasi aku memasak sendiri . Aku diajarkan oleh ayahku karena dia memang memiliki magic con pribadi disini.

4 hari berlalu . Ternyata diluar dugaan ku . Uangku sudah habis untuk belanja. Akhirnya aku beranikan diri meminta kasbon.

"Lek". Panggilku ke lek cipto dan menghampirinya.

"Apa ? Kasbon ?" Ucapnya cengengesan . Lek cipto ini memang tipe orang yang cengengesan .

"Hehehe iya lek . Gaada duit lagi". Ucapku. Jujur aku sangat malu saat itu . Tapi mau gimana lagi.

"Nih". Ucapnya seraya menyodorkan selembar uang warna merah.

Ah lumayan . Seridaknya akan cukup sampai waktunya gajian . Gumamku dalam hati.
profile-picture
profile-picture
julian562 dan juliandra279 memberi reputasi
Diubah oleh andreww111
Masih anget nih emoticon-Shakehand2
Semoga lancar gan
Ijin bikin kosan di mari
moga ada romance kaya yang sbelah asal forsi sama dengan alur perjalanan hidup ts 😁😁😁

PART 2 - pindah tugas

Setelah ayahku pindah . Aku memang membaur dengan yang lain . Aku menjadi helper seseorang.

Ya , dia bernama gareng . Menurutku orangnya memang lumayan asik . Dia suka bercanda tapi tetap menjunjung tinggi etika meski hanya aku lawan bicaranya .

Gareng gak pernah marah saat aku melakukan kesalahan.

"Caranya bukan gitu plun . Ini masib cekung . Tambah lagi aciannya". Begitulah bagian dari nasehat gareng . Saat aku menggosok acian salah. Haha. Padahal menurut mataku sudah bagus.
Ya , dia menaggulku japlun . Entah berasal darimana sebutan itu tapi itulah aku.

Hari hari berlalu . Akupun semakin akrab dengan semua pekerja di proyek ini . Aku merasa nyaman karena semua teman2ku bahu membahu saling bantu . Tanpa ada arogansi didalamnya.

"Plun besok ikut gw ke cipanas . Ada komplainan disana. Ini giyarto udah sms gw". Ucap gareng padaku.

Wah asiikk . Aku bakal pindah tugas . Ahahaha . Itulah bahasa kerennya . . Memang ini pertama kalinya aku dipindahkan setelah beberapa bulan disini.

"Ayo plun . Udah dijemput tuh sama pak wito". Ajak gareng.
Pak wito adalah wakit boss pemilik PT kontraktor tempatku bekerja .

Aku kira pindah kerja hanya menggunakan mobil bak terbuka atau naik engkel perusahaan yang biasa mengantar material di proyek.
Tapi dugaanku salah , aku diajak naik innova . Haha keren . Waktu itu memang mobil terasa cukup mewah bagiku. Bisa dihitung jari aku naik mobil pribadi meski usiaku telah 19th.

Singkat cerita setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam kamipun telah sampai dilokasi . Sebuah pabrik obat yang terletak dicipanas adalah lokasinya. Nampak pak wito menjelaskan kepada gareng jobdesknya selama berada disini.

Aku kira jobdesk disini sama dengan biasanya . ngaduk maupun bikin acian yang biasa aku kerjakan . Tapi dugaanku salah . Gareng nampak mengeluarkan mesin las gurinda dan kawan2 yang berada didalam karung dibagasi mobil pak wito.

Setelah swmua alat diturunkan . Pak wito pergi meninggalkan kami untuk membelikan material agar kami bisa bekerja .

Selesai membelikan material . Pak wito kembali ke lokasi kerja . Dia tidak sendiri . Nampak seorang laki2 yang umurnya tak terpaut jauh denganku berjalan mengiringinya.

"Ini zal , mereka yang bakal kerja disibi. Gareng , ini rizal . Kalo ada apa2 ataupun butuh material bilang aja kedia". Jelas pak wito.

Setelah kami berkenalan masing2. Aku tau rizal adalah pegawai gudang atau tukang jaga gudang disini . Proyek ini memang telah usai . Tapi masa pemeliharaan masih berlanjut . Rizal diaini mengerjakan komplainan2 dari pihak pabrik. Mungkin karena hawa yang dingin cat disini mudah untuk terkelupas sehingga tugas rizal lah untuk memperbaiki.

Singkat cerita . Kami disini sudah 3 hari . Hari ini merupakab hari idul adha atau idul kurban . Selama disini memang kita santai karena tak ada pengawas . Kadang berangkat jam sembilan . Pernah juga berangkat kerja jam 1 siang . Hahahaha.

"Plun ayo makan . Hari ini libur aja lah . Lebaran broo". Ajak gareng pagi ini.

Jam baru menunjukkan pukul 08:00 wib .

"Lah terus absen gimana reng ?" Tanyaku yang khawatir tentang absenan .

"Ah tenang aja . Absen sendiri ini". Katanya seraya cengengesan .
"Ayo makan ga ?" Tambahnya.

"Engga reng . Gw ntar aja kalo siang. Belum lapar". Elakku .

Aku memang berniat berhemat . Agar aku bisa menabung . Yah tapia namanya anak muda . Baru ngerasain duit dikit aja foya2. Hahahha.

"Mass , ini ada makanan dari ibu . Dimakan ya". Ucap seorang wanita yang mubgkin seusiaku . Dia nampak membawa nampan yang berisi nasi , gulai , dan sate .

"Iya mba . Makasih yaa". Ucapku.

Ah asiik , dapte makan gratis dari ibu kontrakan . Memang pemilik kontrakan ini sangatlah baik . Mungkin karena penghuni kamar yang ku kontrak berisi laki semua sehingga dengan baik hati ibu kontrakan memberikan makanan.

"Waah sialan , gw malah udah makan". Celetuk gareng yang baru masuk ke kamar dan melihatku dan rizal makan sate.

"Sukurin , salah sendiri gw bilangin nanti aja gamau . Gw udah ada firasat . Hahahaha ". Tawa gw dengan penuh kemenangan .

Akhirnya mau tidak mau garengpun hanya memakan satai tanpa nasi karena dia sudah kenyang.
profile-picture
profile-picture
julian562 dan juliandra279 memberi reputasi


Quote:


Pasti ada gan . Namanya manusia gak jauh dari CINTA . Hahahaha
Ikut bangun koskosan bre...
pejwan ya...
seru nih cerita ...emoticon-Big Grin
emoticon-Leh Uga


Quote:


IMB nya diurus dulu gan 😆😆😆😆
Hmmm... sepertinya saya mencium bau bakal ada bb21++ nih emoticon-Leh Uga
ikut jemur sempak dimari gan
Quote:


Menurut ane alasan agan memang tdk logis gan. Masak krn ibu memarahi ente, ente tingalkan proses seleksi.Padahal kerja di astra bisa jadi jalan perubahan ente yg mabuk2. Ente jg bisa dpt gaji jauh lbih besar. Aneh mmg ente. Lulus bener ke astra apa ga se ente gan emoticon-Leh Uga


Quote:


Haha . Memang sepertinya gak masuk akal gan . Tapi agan juga perlu tau bahwa IBU itu memiliki intuisi tentang anak mereka .
Begitu pula dengan nyokap ane . Dia lebih tau jiwa ane yang suka bebas dan gak suka dikekang . Karena memang dari kecil ane keras kepala dan gak bisa diatur olehnya 😊.

Selain itu . Jenjang karirnya menjanjikan gan . Soalnya mayoritas pekerja yang ikut om ku itu lulusan SD pastinya aku yang lulusan SMA cukup midah untuk bersaing . Jadinya ibuku mantap memasukkanku ikut pamanku.
Diubah oleh andreww111


Quote:


Wah paranormal agan satu ini . Nanti dikasih buat selingan gan . Haha
profile-picture
N900k memberi reputasi
Halaman 1 dari 42


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di