alexa-tracking

5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3b8f76642eb633138b457f/5-kreasi-mudah-olahan-omelet-dari-berbagai-negara-praktis--lezat
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!

Telur adalah salah satu makanan bergizi yang banyak disukai, karena rasanya enak dan gampang diolah. Memasak telur menjadi omelet atau telur kocok adalah cara yang paling sering dilakukan karena sangat mudah. Omelet ini enak banget dijadikan menu sarapan pagi.

Kamu tahu gak sih ternyata omelet ini gak cuma terkenal di Indonesia aja lho, di negara-negara lain omelet ini juga banyak penggemarnya. Supaya menu omelet-mu gak membosankan, yuk belajar masak omelet ala beberapa negara berikut ini.


1. Pajeon, Omelet ala Korea
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!
Pajeon ini sering disebut pancake daun bawang. Omelet khas korea ini memang bentuknya mirip dengan pancake, dan memakai banyak daun bawang. Kalo kamu tertarik untuk membuat Pajeon, siapkan bahan-bahan berikut ini :

  • 1 cup tepung terigu (diayak dulu ya)
  • 1 butir telur
  • 1/2 gelas kecil air
  • 2 batang daun bawang (potong kecil-kecil)
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng
Bahan-bahan untuk membuat sausnya :

  • 3 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt cuka beras
  • Cabe bubuk
  • 1 Siung bawang putih (dicincang halus)
Cara membuat Pajeon :

  1. Campur tepung terigu, telur, air, daun bawang, garam dan penyedap rasa ke dalam satu wadah, lalu aduk rata.
  2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, lalu tuangkan adonan pancake.
  3. Diamkan hingga bagian bawah kecokelatan, lalu balik, dan masak hingga sisi yang lain juga kecoklatan.
  4. Jangan gunakan api yang terlalu besar, agar bagian tengah pancake juga matang.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama dengan sausnya.
Cara membuat saus Pajeon :

  1. Campurkan semua bahan saus ke dalam satu wadah kecil, lalu aduk rata.
Gampang banget kan bikin Pajeon? Gunakan wajan anti lengket ya saat memasak pajeon, supaya pajeon kamu gak hancur nempel di wajan.


2. Fritatta, Omelet ala Italia
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!
Fritatta ini adalah omelet telur ala Italia, biasanya dimasak dengan menggunakan aneka bahan tambahan sehingga omelet ini banyak isinya.

Bahan-bahan membuat Fritatta :

  • Telur ayam 2 butir, kocok lepas
  • Bawang bombay 1/4 buah, diiris tipis-tipis
  • Daun bayam 200 gram
  • Keju cheddar parut 15 gram
  • Sosis secukupnya, iris tipis
Cara membuat :

  1. Panaskan minyak di wajan anti lengket, tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukkan daun bayam dan sosis.
  2. Aduk-aduk sebentar, lalu tuangkan kocokan telur.
  3. Masak hingga matang.
  4. Sajikan dengan keju cheddar parut di atasnya.

3. Fuyunghai, Omelet ala China
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!
Nah kalo yang ini kamu pasti udah gak asing lagi ya. Apalagi kalo kamu termasuk penggemar chinese food. Fuyunghai ini rasanya enak, dan gampang banget lho cara bikinnya. Kalo kamu pengin mencoba untuk membuat Fuyunghai, inilah bahan-bahan yang harus kamu siapkan :

  • 1/4 kol cincang kasar
  • 1 buah wortel, potong-potong panjang kayak korek api
  • 2 butir telur
  • 3 sdm tepung terigu
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
Bahan untuk saus :

  • 1 siung bawang putih, iris halus
  • 80 gram kacang polong
  • 6 sdm saos sambal
  • 5 sdm saos tomat
  • 1/2 sdt tepung maizena, tambahkan air, aduk-aduk
  • 1/2 sdt gula
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuat Puyunghai :

  1. Campurkan kol, wortel, tepung terigu, garam, dan telur.
  2. Kocok hingga rata, jika terlalu lengket bisa ditambahkan dengan air.
  3. Goreng adonan fuyunghai dengan minyak yang banyak hingga kuning kecokelatan.
  4. Angkat dan tiriskan.
Cara membuat saus Fuyunghai :

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan saus sambal, saus tomat, air, kacang polong, garam, dan gula.
  2. Aduk hingga rata dan diamkan sebentar hingga kacang polong empuk.
  3. Tambahkan sedikit larutan maizena hingga kental. Aduk sebentar, lalu angkat.
  4. Siapkan piring, susun fuyunghai yang sudah matang dan siram dengan saus.

4. Tamagoyaki, Omelet ala Jepang
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!
Nah kalo di Jepang penyajian omelet telur agak sedikit unik. Di sana omelet telur digulung, dan dimasak diatas frying pan khusus.

Bahan-bahan untuk membuat Tamagoyaki :

  • 3 butir telur
  • 1 batang daun bawang, iris kecil-kecil
  • Kecap asin secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Cara membuat Tamagoyaki :

  1. Kocok telur, lalu campurkan dengan semua bahan sampai rata.
  2. Panaskan wajan, olesi dengan sedikit minyak goreng, kemudian tuang 1/3 bagian telur, ratakan di atas permukaan wajan.
  3. Lalu masak sampai telur sedikit mengering, gulung adonan dengan sumpit atau spatula atau sutil kayu, singkirkan ke tepi wajan.
  4. Setelah itu tuang lagi 1/3 bagian telur, masak lalu gulung lagi dimulai dari gulungan yang pertama tadi.
  5. Ulang terus proses ini sampai adonan telur habis.
  6. Setelah itu angkat, biarkan sedikit dingin kemudian potong-potong sesuai selera.

5. Omelette, Omelet ala Prancis
5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat!
Omelette ala Perancis ini memang mirip banget ya sama telur dadar ala Indonesia. Kalo kamu mau coba bikin Omelette ala Perancis ini, siapin bahan-bahannya :

  • 2 sdm minyak zaitun
  • 3 butir telur
  • 2 sdm keju cheddar parut
  • 1 sdm mentega
  • 1 batang daun bawang, cincang halus-halus
  • Garam, merica, dan penyedap rasa secukupnya
Cara membuat omelette ala Prancis :

  1. Kocok telur sampai berbusa, masukkan mentega ke dalam telur.
  2. Masak telur dalam teflon hingga setengah matang.
  3. Bumbui telur dengan garam dan merica secukupnya.
  4. Taburi keju parut dan daun bawang.
  5. Masak sebentar. Lalu sajikan dengan melipatnya.
Banyak banget kan ternyata variasi membuat omelet? Kalo kamu bosen dengan omelet yang biasa-biasa aja, cobain deh bikin omelet ala internasional seperti resep di atas. Pasti omelet kamu akan jadi lebih enak dan unik. Penasaran kan? Selamat mencoba ya!


Sumber : https://www.idntimes.comfood/dining-...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat! 5 Resep Telur Dadar Simple untuk Sahur Pagi Ini

- 5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat! Tanpa Menahan Lapar, Rahasia Langsing Orang Jepang Ini Bisa Kamu Praktekkan

- 5 Kreasi Mudah Olahan Omelet dari Berbagai Negara, Praktis & Lezat! Nikmatnya Resep Creamy Omelette Sardin yang Bikin Semua Gagal Diet!

×