alexa-tracking

PN Magelang Putuskan RMT Bersalah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3af2e414088d17288b4568/pn-magelang-putuskan-rmt-bersalah
PN Magelang Putuskan RMT Bersalah
PN Magelang Putuskan RMT Bersalah
JADIKAN PELAJARAN: Manajer Humas PT KAI Daop 6 Jogjakarta Eko Budiyanto (kanan) saat jumpa pers menanggapi vonis terhadap RM Triyanto Prastowo Sumarsono Jumat (29/6). (FRIETQI SURYAWAN/RADAR JOGJA)

[Breaking News] Beberapa waktu yang lalu masyarakat sempat dihebohkan dengan berita penahanan RM Triyanto Prastowo. Ia dilaporkan oleh PT. KAI (Persero) karena telah menyewakan lahan milik PT. KAI tanpa izin di Kelurahan Rejowinangun Selatan Kota Magelang. Lahan tersebut disewakan kepada orang bernama Sumadi dan Supeno dengan luas lahan masing-masing seluas 30 meter persegi dan 40,5 meter persegi. 

Selain itu, terdakwa juga menyewakan satu bidang tanah lagi kepada Susanto di Desa Pucung Rejo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang seluas 587,25 meter persegi. Akibat tindakan tersebut, PT. KAI mengalami kerugian mencapai Rp 527.067.355 serta ditambah juga kerugian sebesar Rp 58 juta karena tidak dapat menyewakan ketiga bidang tanah tersebut.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang terdiri dari Nurbadi Yunarto dan Aksa Dian Agung mendakwa RM Triyanto dengan Pasal 385 ayat (4) KUHP yang berisi barang siapa dengan maksud yang sama, menggadaikan atau menyewakan tanah dengan hak Indonesia. Padahal diketahui bahwa orang lain yang mempunyai atau turut mempunyai hak atas tanah itu. Selain itu JPU juga mendakwa dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan karena menyewakan tanah di Kelurahan Rejowinangun

Atas perbuatannya, JPU menuntut hukuman satu tahun enam bulan penjara serta membebankan biaya kepada pihak terdakwa. Dalam kesempatan pembelaan yang diberikan, Penasehat Hukum terdakwa mengatakan bahwa terdakwa tidak melakukan tindakan melanggar hukum dan meminta Majelis Hakim untuk membebaskan dan memberikan hak terdakwa.

Sayangnya hal tersebut tidak dikabulkan oleh Majelis Hakim karena pada tanggal 25 Juni 2018 Majelis Hakim membacakan hukuman terdakwa yakni hukuman satu tahun empat bulan penjara. Keputusan yang dibuat oleh Majelis Hakim tentu berdasarkan bukti-bukti yang telah disajikan di persidangan serta pertimbangan yang matang.

Kasus ini menjadi pelajaran sekaligus pengingat bagi pihak lain yang masih berusaha menyewakan lahan negara. Selain itu, untuk masyarakat sebaiknya lebih berhati-hati saat akan menyewa lahan, jangan sampai tergiur dengan harga yang murah lantas menyewa tanah kepada pihak yang tidak memiliki hak atas tanah tersebut.

emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan
×