alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Gunung Agung lontarkan lava pijar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3ad3f5620881be258b4572/gunung-agung-lontarkan-lava-pijar

Gunung Agung lontarkan lava pijar

Gunung Agung lontarkan lava pijar
Hutan di lereng Gunung Agung terbakar menyusul lontaran batu pijar dari kawah. Foto diabadikan dari Desa Culik, Karangasem, Bali, Selasa (3/7/2018).
Setelah mengalami serangkaian erupsi freatik pada Mei 2018, Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali, mengeluarkan erupsi strombolian. "Melontarkan lava pijar," kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana kepada media, termasuk Beritagar.id, Senin (2/7/2018).

Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi terjadi pada pukul 21.04 WITA. Adapun lontaran lava pijar mencapai jarak dua kilometer. Sementara tinggi kolom abu berwarna kelabu intensitas tebal condong ke arah barat.

Seismogram merekam erupsi tersebut dengan amplitudo maksimum 24 milimeter. Adapun durasinya 7 menit 21 detik. Devy menjelaskan bahwa lontaran lava bisa bergerak menggelinding. "Tapi ini belum lelehan lava," ujarnya.

Erupsi strombolian adalah satu dari 8 tipe erupsi gunung berapi, termasuk erupsi freatik. Erupsi strombolian yang levelnya di atas erupsi magmatik selalu disertai suara dentuman karena bersifat eksplosif sehingga melontarkan batu pijar.

Devy mengatakan bahwa dentuman dan lontaran terjadi karena ada tekanan dari dalam kawah. Erupsi strombolian membuat amplitudo seismik naik meski bakal singkat. "Setelah itu turun kembali," katanya.

Pemicu erupsi strombolian, lanjut Devy, kemungkinan besar ada pengerasan lava di permukaan atau kawah dangkal. Ini adalah hal lazim karena lava di permukaan cenderung mengalami penurunan temperatur.

Itu sebabnya pula laju efusi atau aliran lava ke permukaan berjalan lambat. "Intinya terjadi penghambatan atau penyumbatan aliran fluida magma (gas dan liquid) ke permukaan,"tuturnya.

Gunung Agung sempat erupsi beberapa kali pada Senin (2/7). Saat erupsi pukul 06.19 WITA, tinggi kolom abu 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter di atas permukaan laut (mdpl). Erupsi tersebut terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 18 milimeter serta durasi 3 menit 47 detik.

Kemudian, erupsi susulan terjadi pukul 06.41 WITA dan 06.55 WITA. Tinggi kolom abu adalah 1.000 meter dan 700 meter di atas puncak. Sementara durasi erupsi masing-masing 2 menit 11 detik dan 2 menit 38 detik.

Siang hari pada pukul 13.43 WITA kembali muncul erupsi dengan tinggi kolom abu 700 meter dan durasi 2 menit 30 detik.

Status Gunung Agung saat ini tetap Siaga (Level 3) atau masih di bawah AWAS (Level 4) dengan radius berbahaya 4 kilometer dari puncak kawah. Berdasarkan informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), relawan Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) melaporkan bahwa lontaran lava pijar bergerak ke ke lereng bagian timur.

Lontaran lava pijar juga mengarah ke timur laut atau kawasan Desa Culik dan Desa Dukuh yang masuk kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Agung dan sempat mengalami dampak terhebat pada letusan besar 1963. Sedangkan di bagian barat dan selatan, lava pijar membuat puncak kawah dan hutan terbakar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat tetap tenang. Sementara masyarakat di KRB melakukan evakuasi mandiri dengan turun ke desa-desa yang lebih aman.

Meski begitu, Sutopo mengingatkan agar masyarakat tidak perlu evakuasi hingga keluar dari Kabupaten Karangasem. Jarak evakuasi terjauh adalah cukup berada di KRB II. "Agar memudahkan penanganan pengungsi," papar Sutopo.

Di sisi lain, aktivitas penerbangan menuju dan dari Bali masih berjalan normal. Satu hari penuh pada Senin (2/7) tak ada penghentian operasional penerbangan dan bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar.
Gunung Agung lontarkan lava pijar
Sejarah letusan Gunung Agung dan kawasan terdampaknya.Gunung Agung lontarkan lava pijar


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...kan-lava-pijar

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Gunung Agung lontarkan lava pijar 26 tahun Jakarta membatasi mobil melintas

- Gunung Agung lontarkan lava pijar Pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia

- Gunung Agung lontarkan lava pijar Kisah PBB, PKS, Gerindra, dan PAN



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di