alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kartunis Kompas GM Sudarta Wafat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3a3b4f12e257f1238b4571/kartunis-kompas-gm-sudarta-wafat

Kartunis Kompas GM Sudarta Wafat

Kartunis Kompas GM Sudarta Wafat














Koran Sulindo – Karikaturis Gerardus Mayela Sudarta (GM Sudarta) wafat sekitar pukul 08.25 WIB hari ini. Sudarta meninggal dalam usia 73 tahun. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Sinar Kasih, Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. Jenazahnya akan dikremasi.


“Telah meninggal dunia karikaturis Gerardus Mayela Sudarta (GM Sudarta), Sabtu (30/6/2018) pukul 8.25 WIB,” tulis akun Twitter harian Kompas, hari ini.

Karikaturis itu dikenal luas lewat karyanya ‘Oom Pasikom’, yang menghiasi harian umum Kompas setiap hari Minggu sejak 1967.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, mengatakan sekalipun berbentuk kritik karya GM tidak membuat orang lain marah.

“Dia karikaturis legendaris, kritiknya tak membuat orang marah tapi tersenyum. Mas GM juga karikaturis visioner,” kata Budiman, di Jakarta, Sabtu (30/6/2018), seperti dikutip antaranews.com.

Sementara mantan Wakil Pemimpin Redaksi Kompas, James Luhulima, menyebut GM sebagai sosok yang mampu menggambarkan situasi Indonesia melalui karikaturnya.

“Mas GM adalah salah seorang karikaturis terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia dapat menggambarkan situasi yang dihadapi Indonesia dengan sangat baik dalam karikaturnya,” katanya.

Menurut James, GM Sudarta adalah salah satu ikon Harian Kompas.
“Kepergiannya tidak saja merupakan kehilangan bagi Kompas tetapi juga bagi bangsa Indonesia,” kata James.
Sudarta lahir di Klaten, Jawa Tengah, pada 20 September 1945.

Sejak 2010 lalu Sudarta dikabarkan sakit dan menjalani operasi tulang pada kakinya setelah jatuh dari kamar mandi. Selain itu ia dikabarkan juga mengidap penyakit kronis hepatitis C.

Dokter memvonis penyakit itu berjangkit di tubuhnya ketika Sudarta tengah menjadi dosen tamu di kampus Universitas Seika, Kyoto, Jepang. Kontrak kerja Sudarta sebagai pengajar mata kuliah seni kartun mulai tahun 2008 harus diputusnya di tengah jalan saat baru memasuki kurun satu setengah tahun dari lima tahun yang telah direncanakan.

Kartunis

Sementara itu Direktur Bentara Budaya Jakarta sekaligus sahabat GM Sudarta, Frans Sartono menceritakan, Sudarta lebih senang menyebut dirinya sebagai kartunis. Goresan karyanya berangkat dari jurnalisme yang lebih dikenal dengan istilah editorial kartun.

“Beliau lebih senang menyebut diri sebagai kartunis bukan karikaturis. Dia benar-benar kartunis yang berangkat dari jurnalisme. Jadi dia jenisnya editorial kartun artinya membawa visi dari medianya,” kata Frans, Sabtu (30/6/2018), seperti dikutip Kompas.com.

Makna kartun yang dibuat Sudarta berangkat dari gagasan, memberitahu tapi tidak menggurui bahkan tanpa niatan menyakit siapapun. Meskipun terkadang ada saja pihak-pihak yang merasa terusik atas karyanya yang kerap memasukan fenena sosial, politik, budaya hingga ekonomi.

Menurut Frans, memasuki masa pensiun, Sudarta kerap memberikan kontribusi kartun yang diterbitkan harian Kompas setiap minggu. Namun, tak jarang Sudarta mengirimkan karya tanpa diminta oleh redaksi. [DAS]

























BACA SUMBER : https://koransulindo.com/kartunis-ko...sudarta-wafat/

Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
oom pasikom emoticon-Turut Berduka
turut berduka gan emoticon-norose emoticon-Sorry
semua akan berpulang pada waktunya, tinggal antre aja dah


emoticon-Turut Berduka
KOMando PASturemoticon-Wowcantik
Banyak pelajaran dari kartun OmPasikom
Kakek legend, artnya keren selama berkarya Oom Pasikom emoticon-Turut Berduka

Kartunis Kompas GM Sudarta Wafat

May you rest in peace, sir emoticon-norose
Turut berduka.
om pasikom & panji koming, sesegarannya kompas sejak dulu
R.I.P pak

emoticon-Turut Berduka

Semoga muncul kader kartunis yg semakin berkualitas . .
Quote:


Sirik tanda tak mampu emoticon-Wowcantik
turut berduka cita emoticon-norose
Turut berduka...
Quote:


Quote:


ane bukan kat*lik
tapi jelas kelihatan bedanya perusahaan yang didirikan dengan semangat kat*lik dan perusahaan yang didirikan dengan semangat PKShit

yang satu sangat menjunjung kebebasan terutama dalam berpolitik, yang lain bahkan mau nyampurin hak politik karyawannya emoticon-Big Grin

Quote:


lu tinggal di goa mana?

kristen or katolik, or whatever they said, itu lebih hipokrit dan lebih curang

biasanya mereka yang paling kenceng teriak2 anti politisasi agama/masjid, sedangkan mereka diam2 melakukan hal yang sama di gereja

and yes, begitupula perusahaan2 kristen ato cinak, diam2 memaksakan pilihan politik kepada karyawan/buruh dengan ancaman klasik, dipecat

lihat saja contohnya di pilkada jakarta or sumut, basis wilayah kristen dimenangi pasangan ahok di iki or jarot (johar sitorus) di sumut secara telak, karena sama2 seimin dengan mereka

emoticon-Leh Uga
Quote:


gw kafir bray .. dan gw bangga jadi kafir di agamamu .. (karena tuhan kita berbeda dan gw gak tunduk sama tuhanmu emoticon-Big Grin)

orang paling munafik ya kalian .. peminum kencing unta ..
ngomongnya gak paksaan, tapi nabinya aja maksa
kalau kr*st*n munafik, pengungsi kalian sudah gak boleh masuk eropa

g*reja masuk politik praktis? emoticon-Leh Uga
sejak kapan ada g*reja masuk politik praktis, politisasi g*reja dan politisi mayat emoticon-Leh Uga itu kan cuma ada dalam ajaran kalian

sejak kapan perusahaan memaksa karyawan memilih? emoticon-Leh Uga
emangnya kami serendah kalian bray? enggak lah .. se**ndah2nya manusia, ya kalian yang paling re*dah emoticon-Big Grin
Diubah oleh smedev.id
Mengurangi penduduk
emoticon-Cendol Gan
condolences
Quote:


wah komen orang gila
Quote:


emoticon-Nyepi
Quote:


Gak punya empati kayaknya dia.
Halaman 1 dari 2
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di