alexa-tracking

Sandi Ingin Bank Swasta Terapkan DP KPR Rp0

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3a178a5a5163e77b8b4579/sandi-ingin-bank-swasta-terapkan-dp-kpr-rp0
Sandi Ingin Bank Swasta Terapkan DP KPR Rp0
Sandi Ingin Bank Swasta Terapkan DP KPR Rp0

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambut baik kebijakan Bank Indonesia (BI) yang membebaskan uang muka atau down payment (DP) untuk pembelian rumah dengan skema kredit pemilikan rumah (KPR). Sandi berharap kebijakan bank sentral itu mendorong bank-bank lain ikut menerapkan KPR dengan DP Rp0.


'Sebelum relaksasi ini, sudah ada beberapa bank yang sudah menyatakan minat berpartisipasi. Dengan ini, kita harapkan semakin banyak (bank) swasta bisa berpartisipasi,' ujar Sandi di Ruang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin, 2 Juli 2018.


Menurut Sandi, kebijakan BI yang melonggarkan kebijakan loan to value (LTV) atau nilai kredit itu sejalan dengan programnya. Dia yakin kebijakan tersebut memicu akselerasi penyediaan rumah dengan harga terjangkau.


'Dari 250 ribu unit rumah yang akan kita luncurkan lima tahun ke depan, sebagian besar dari swasta. Dengan adanya relaksasi dari BI, mudah-mudahan jadi momen pemicu akselerasi daripada ketersedian rumah harga terjangkau,' sebut Sandi.


Baca: Pergub Hunian DP Rp0 tak Kunjung Terbit


Dia menilai pembebasan DP untuk pembelian rumah kebijakan yang dibutuhkan masyarakat. Pasalnya, besarnya uang muka menjadi kendala bagi masyarakat untuk mendapatkan rumah.


'Sekarang perbankan diberikan kemudahan untuk mengatur sendiri peraturan-peraturan, baik DP-nya sendiri, baik LTV. Dampaknya kepada kota adalah semakin banyak perbankan yang bisa berpartisipasi di rumah DP nol rupiah,' pungkas Sandi.


Pembebasan DP pembelian rumah tertuang dalam kebijakan baru BI yang mulai berlaku 1 Agustus 2018. Namun beleid tersebut hanya berlaku bagi pembelian rumah pertama. Sementara untuk pembelian rumah kedua dan ketiga tetap diterapkan ketentuan DP sebesar 10-20 persen, kecuali untuk tipe rumah berukuran 21 meter persegi.


Adapun skema permohonan KPR dengan DP Rp0 baru dilakukan oleh Bank DKI selaku bank milik Pemprov DKI. 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/Rk...kan-dp-kpr-rp0

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Sandi Ingin Bank Swasta Terapkan DP KPR Rp0 Sandi Evaluasi Penyerapan Belanja Modal DKI

- Sandi Ingin Bank Swasta Terapkan DP KPR Rp0 Sandiaga Menemui Prasetyo Bahas Tanah Abang

- Sandi Ingin Bank Swasta Terapkan DP KPR Rp0 Usai Dicopot, Eks Kadisdik Halalbihalal ke Anies-Sandi

Rerensi bacaan berita terpercaya... anti hoax, kami tunggu ulasan berikutnya
metro mantap
×