alexa-tracking

KPU Melunak soal Eks Koruptor Nyaleg

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3a1783a2c06e50328b457a/kpu-melunak-soal-eks-koruptor-nyaleg
KPU Melunak soal Eks Koruptor Nyaleg
KPU Melunak soal Eks Koruptor Nyaleg

Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman membuka peluang mantan narapidana koruptor diperbolehkan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Dengan syarat, diumumkan ke publik atas kasus yang pernah menjeratnya.


'Ya, nanti kita umumkan kalau nanti memang diharapkan untuk diumumkan,' kata Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 2 Juli 2018.


Tentu, kata Arief, aturan itu bukan sekadar imbauan secara lisan kepada partai politik. Tetapi, harus masuk dalam pasal tersendiri di Peraturan KPU (PKPU). 


'Membuat sebuah tindakan itu efektif harus diatur dalam peraturan yang mengatur tentang tindakan itu. Ketentuan itu harus dibunyikan di dalam PKPU-nya. Maksudnya yang diumumkan itu,' jelas Arief.


(Baca juga: KPU Enggan Memperdebatkan Keabsahan PKPU)


Solusi memasukkan aturan ini, kata Arief, bukan lagi dibahas di Komisi II DPR. Tahapan pembahasan PKPU ini sudah selesai dan dikonsultasikan dengan pemerintah dan DPR. 


'Tapi kita kalau rapat koordinasi dengan kementerian selalu kita lakukan. Dengan Kemenkumham juga kita rapat koordinasi terus sama mereka,' pungkas dia. 


KPU menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019, Sabtu, 30 Juni 2018.


Dengan ditetapkannya Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, maka ketentuan tentang larangan mantan napi koruptor mencalonkan diri menjadi anggota legislatif sudah bisa diterapkan. Aturan pelarangan tersebut tertera pada Pasal 7 Ayat 1 huruf h, berbunyi 'Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi'.

 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...oruptor-nyaleg

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KPU Melunak soal Eks Koruptor Nyaleg PAN bakal Menaati Larangan Eks Koruptor Nyaleg

- KPU Melunak soal Eks Koruptor Nyaleg Perludem: Pemberlakuan PKPU Bantu Meningkatkan Integritas Pemilu

- KPU Melunak soal Eks Koruptor Nyaleg Larangan Eks Koruptor Nyaleg Dinilai Membatasi Pilihan Rakyat

Rerensi bacaan berita terpercaya... anti hoax, kami tunggu ulasan berikutnya
metro mantap
×