alexa-tracking

Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3a0dad6208815a2a8b456d/situasi-hari-pertama-uji-coba-perluasan-ganjil-genap
Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap
Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap
Suasana kepadatan arus lalu lintas pada hari pertama uji coba perluasan kawasan ganjil genap di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (2/7/2018).
Hari ini, Senin (2/7/2018), merupakan hari pertama dilancarkannya uji coba perluasan kawasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap.

Pada hari biasa pembatasan berlaku empat jam pada pagi hari dan empat jam di malam hari, kini menjelang Asian Games 2018 aturan itu dilaksanakan selama 15 jam, tepatnya mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Area yang diberlakukan peraturan tersebut juga lebih luas.

Pada hari pertama ini, petugas tidak langsung memilah pengendara bernomor polisi tertentu melainkan hanya melakukan sosialisasi dengan membagikan pamflet yang berisikan pemberitahuan kepada masyarakat. Kendaraan yang masih bebas melintas dengan nomor polisi yang tidak sesuai pun hanya akan dicatat.

"Tadi pagi kita bagikan flyer di Pancoran. Jadi uji coba kita lakukan sekaligus sosialisasi dengan masyarakat," ucap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Andri Yansyah, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (2/7).

Untuk memastikan berjalannya aturan ini, seperti dikemukakan Wakil Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko kepada Liputan6.com, ada 185 petugas yang dikerahkan di 41 persimpangan jalan dalam setiap giliran (shift).

Petugas tersebut kemudian dibagi dalam dua waktu jaga. Giliran pertama dimulai pada 06.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kemudian waktu jaga kedua dimulai pada 14.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sebagai upaya sosialisasi, Dishub juga memasang spanduk imbauan serta pengenalan jalan-jalan alternatif.

"Terkait uji coba perluasan gage (ganjil-genap) dalam rangka mendukung Asian Games 2018 besok (Agustus) Dishub sudah menempatkan 30 spanduk imbauan atau sosialisasi," lanjut Sigit.

Sementara itu, dari kacamata masyarakat sebagai pengguna jalan, peraturan baru yang diberlakukan merata di lima wilayah di Jakarta ini pun menuai pro dan kontra. Ada yang merasakan bahwa perluasan ganjil-genap cukup efektif mengurai kemacetan, tapi ada juga yang mengatakan sebaliknya.

"Enggak efektif. Sekarang aja macet, apalagi nanti kalau sudah diberlakukan. Percuma aja ganjil-genap," kata Dayat kepada detikcom di perempatan Tomang, Senin (2/7).

Sedangkan pengendara lain ada juga yang mengatakan bahwa peraturan tersebut menghambat aktivitas mereka sehari-hari.

Namun, tak sedikit pula yang berharap dengan adanya perluasan ganjil-genap, kemacetan di Jakarta benar-benar bisa terurai dan melancarkan mobilitas saat diselenggarakannya Asian Games 2018 yang dimulai pada 18 Agustus.

Meskipun demikian, dilihat dari jumlah kendaraan bernomor polisi tak sesuai yang melintas hari ini, tampaknya masih banyak masyarakat yang belum memahami aturan tersebut.

Menanggapi hal ini, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga sempat mengimbau kepada pemerintah agar perluasan pemberlakuan pelat nomor kendaraan ganjil dan genap di DKI Jakarta tidak mengorbankan kepentingan warga yang lebih luas.

Dengan diberlakukannya aturan ini, kemungkinan besar membuat angkutan umum akan dipilih masyarakat sebagai ganti kendaraan pribadi yang tak bisa melintas saat ganjil-genap. Karenanya, diharapkan pemerintah dapat membenahi akses Transjakarta serta memerhatikan lahan parkir yang tersedia di area-area tertentu.

Adapun kegiatan uji coba ini akan dilangsungkan selama satu minggu. Lalu, pada minggu berikutnya petugas akan mulai memberitahukan langsung ke pengguna mobil pribadi yang melanggar peraturan tersebut.

Lalu, pada minggu ketiga dan keempat, pemilahan pada kendaraan yang berdampak baru akan dilakukan. Selama masa uji coba, pengendara belum akan ditindak, melainkan hanya akan diberi teguran.

"Nanti ditilang baru tanggal 1 Agustus 2018 saat aturan ini resmi diberlakukan," kata Kepala Satuan Pelaksana Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Irwan Nuryadin di Simpang Kartini, Jakarta Selatan, Senin (2/7) seperti dikutip CNN Indonesia.
Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-ganjil-genap

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap Masa depan Meksiko di tangan populis sayap kiri

- Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap KPU anggap sah aturan larang koruptor nyaleg

- Situasi hari pertama uji coba perluasan ganjil-genap Sektor Aneka Industri memerah, biang pelemahan IHSG hari ini

×