alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bawaslu-Menkumham Tetap Perbolehkan Eks Koruptor Jadi Caleg
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39ecb9de2cf200108b4568/bawaslu-menkumham-tetap-perbolehkan-eks-koruptor-jadi-caleg

Bawaslu-Menkumham Tetap Perbolehkan Eks Koruptor Jadi Caleg

Bawaslu-Menkumham Tetap Perbolehkan Eks Koruptor Jadi Caleg
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mengatakan aturan larangan mantan narapidana kasus korupsi mendaftar sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 tak bisa berlaku meski telah diteken Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman.

Yasonna menyebut aturan yang tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu tak sejalan dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

"Kalau dengan Undang-undang (Pemilu) tidak bisa (berlaku)," kata Yasonna usai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Senin (2/7).

Politikus PDIP itu mengaku belum melihat secara utuh PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu.

Yasonna mengatakan akan melihat dan mempelajari aturan yang diterapkan untuk Pemilu 2019.

"Aku belum lihat, aku belum lihat, nanti aku lihat dulu, kita lihat dulu suratnya," ujar dia.

Ketua KPU Arief Budiman sebelumnya telah meneken larangan eks koruptor 'nyaleg' dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, kemarin Minggu (1/7).

Arief mengatakan pihaknya sudah merasa cukup mengkaji aturan tersebut sehingga kini perlu dipublikasikan. Setelah ini, PKPU tersebut akan dikirimkan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk disahkan sebagai aturan yang berlaku.

Aturan tersebut masih bisa berubah. Arief mengatakan bagi pihak-pihak yang mempersoalkan peraturan ini bisa melakukan upaya-upaya hukum, seperti mengajukan gugatan atau uji materi ke Mahkamah Agung (MA).

"Jadi sebetulnya, apa yang dilakukan sekarang, bukan menjadi mati dan tidak bergerak, tidak. Ruang itu masih ada melalui MA bisa, melalui KPU melakukan revisi bisa, jadi masih ada ruang. Tapi sampai hari ini, kami memandang PKPU itu sudah cukup," kata Arief.

Di sisi lain, Badan Pengawas Pemilu memiliki sikap yang sama dengan Pemerintah. Ketua Bawaslu Abhan menyatakan tetap memegang undang-undang dalam memandang mantan napi korupsi yang ingin maju sebagai caleg.

"Sekali lagi, kami bekerja atas dasar UU. Tindakan kami tentu tidak boleh berbeda dengan UU," tegas Abhan yang ditemui usai menghadiri rapat di Komisi II DPR RI.

Abhan menilai Peraturan KPU (PKPU) untuk Pemilu 2019 masih sebatas penetapan dari KPU dan belum diundangkan. Menurut Abhan, peraturan turunan UU itu belum dituangkan ke lembaran negara.

Meski demikian, Abhan menegaskan bahwa Bawaslu tidak bisa menghentikan KPU untuk menerapkan aturan itu. Ia lantas mempersilakan partai politik peserta pemilu menyikapi penerapan PKPU itu.

"Harus siap menerima pengajuan sengketa dan kita nanti proses kasus per kasus," terang Abhan.

Abhan mencontohkan apabila nanti ada peserta pemilu dicoret atau ditolak oleh KPU, kasus itu bisa dilaporkan ke Bawaslu. Pihaknya kemudian bakal menentukan benar atau tidaknya keputusan KPU. (wis)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...tor-jadi-caleg

===

Partai banteng yg banyak kader nya di tangkep KPK mana mau sumber penghasilannya di stop KPU.emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Benar-benar bobrok hukum di rezim ini emoticon-thumbdown
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Anjing yang nolak rata2 dari pihak berkuasa emoticon-Bata (S)

Malah pks yang setuju emoticon-Cape d... (S)















emoticon-Blue Guy Bata (S)
topig bahagia emoticon-Xabi
Ayo undang2 nya di revisi
Negeri bedebah tp sorganya kaum koruptor emoticon-thumbdown
Diubah oleh ..Minyak.BABI..
dasar parasit
aturan gila,tp tetap netral yg disampaikan yasona laoli emg bener ga akan berlaku kalau undang undang dasar mengatakan boleh,perlu diubah dulu undang2nya nah partai siapa yg dukung perubahan dan tidak baru bs dikategorikan sebagai pendukung koruptor atau bukan
M. Topik bergembira! emoticon-Selamat
Seharusnya boleh ikut karena hak setiap warga negara wlaupun dia mantan koruptor.

Tapi saran buat KPU. Para mantan penjahat ini diberi tanda khusus di surat suara. Misalnya mantan koruptor ditandai misalnya dengan huruf K di dalam lingkaran dengan warna merah di awal atau akhir nama caleg.

Begitu juga dengan penjahat s#x (S), Narkoba (N), dan lain sebagainya.

Bukan hanya di surat suara, tapi tanda itu harus juga dibawa di alat peraga kampanye.

Jadi partai bakal pikir panjang klo mereka menampung banyak penjahat di partainya. Karena terlihat jelas di surat suara. Apalagi klo ada gerakan untuk tdk memilih partai yg ada penjahatnya di surat suara.


Quote:


Ngapain dikasi tanda?

Malu aja gak ada.
Rakyat nya juga gampang disuap pake uang receh.

Yg ga punya malu ngasi uang receh ke calon pemilih.

Yah gt2 aja muter terus.

Eek lah hak setiap warga negara.
Apa mreka mikir hal rakyat disaat maling uang??
PDIP bergembira, panen duit di rezim kodok
Mantap


Bawaslu-Menkumham Tetap Perbolehkan Eks Koruptor Jadi Caleg
karna para politisi itu akhlak nya mati
sebenarnya sah saja sesuai konstitusi,tapi melihat kultur politik dan pemilih di negara ini yg belum "mapan" rasanya kurang tepat..
Rakyat sebagai pemilih para wakilnya juga punya hak asasi calon yang di pilih merupakan sosok yang memiliki rekam jejak baik dan berintegritas
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape deeehh:emoticon-Gila
Tuhan saja maha pemaaf kenapa kita tidak?
Terus buat apa ada KPK?

Yg belum pernah korupsi tetap bisa korupsi,
Yg pernah korupsi juga bisa korupsi kembali, tobatpun bisa...
Serahkan pada masyarakat pemilih... gitu aja ko repot
Diubah oleh xrm
Ada mahkamah konstitusi
Ssuai SOP
emoticon-Leh Uga
WTF NKRI.
Kesadaran masyarakat utk memilih calon yg bener-bener juga belum ada . .

Dikasih amplop ho'oh aja maen coblos dah . .
Tiap malem dijamu kopi rokok makan doang udah ho'oh juga . .
Padahal duit yg dipake buat itu bisa jadi duitnya korupsi . .
emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di