alexa-tracking

Selamatkan Manuskrip Keagamaan, Kemenag Lakukan Digitalisasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39ea80d89b0982208b4570/selamatkan-manuskrip-keagamaan-kemenag-lakukan-digitalisasi
Selamatkan Manuskrip Keagamaan, Kemenag Lakukan Digitalisasi
Selamatkan Manuskrip Keagamaan, Kemenag Lakukan Digitalisasi


Jakarta, Muslim Obsession – Kementerian Agama (Kemenag ) melakukan digitalisasi manuskrip keagamaan. Langkah tersebut dilakukan guna menyelamatkan manuskrip-manuskrip keagamaan yang tersebar di sejumlah wilayah.


Kepala Bidang Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur Khazanah Keagamaan, Fakhriati menyebut saat ini sudah ada 3.348 manuskrip yang didigitalisasi sejak tahun 2008.

“Kemenag juga akan membuat pusat kajian manuskrip keagamaan Nusantara. Sehingga, manuskrip bisa ditelaah kearifan lokal dan substansi di dalamnya serta dikontekstualisasikan pada masa saat ini,” ujar Fakhriati, Ahad (2/7/2018).

Manuskrip yang telah didigitalisasi tersebut dimasukkan ke laman Thesaurus of Indonesia Islamic Manuscripts di situs resmi Kemenag RI. Selanjutnya, manuskrip yang ada di masyarakat, didigitalisasi yakni difoto dan dicatat.

“Kemudian, judul manuskrip, pengarang, bahasa, tulisan dan informasi lainnya dimasukkan ke thesaurus,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dari Kemenag, Muhammad Zain menyampaikan digitalisasi manuskrip sebagai upaya penyelamatan.

“Tujuannya menyelamatkan manuskrip, kalau bisa manuskrip dibawa. Kalau tidak bisa dibawa manuskripnya, dibuat bentuk digitalnya,” tambahnya.

Baca selengkapnya disini
image-url-apps
kan fiksi emoticon-Xabi
image-url-apps
ntap om, do not let them vanished emoticon-Hansip
KASKUS Ads
image-url-apps
Untuk menyelamatkan masa depan.
image-url-apps
Manuskrip agama apa saja yang sudah diselamatkan oleh depag?emoticon-Big Grin
Scannya pake scanner warnet, manuskripnya ditempel langsung ke kaca trus ditindes sama buku tebal sampe jilidannya ancur emoticon-Leh Uga
×