alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Merebut Status UNESCO Global Geopark Bagi Pulau Belitung Melalui Kayak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39e3d654c07ada038b4568/merebut-status-unesco-global-geopark-bagi-pulau-belitung-melalui-kayak

Merebut Status UNESCO Global Geopark Bagi Pulau Belitung Melalui Kayak

Merebut Status UNESCO Global Geopark Bagi Pulau Belitung Melalui Kayak


Dalam rangka mendukung usaha perolehan status UNESCO Global Geoparkpada tahun 2019 bagi Pulau Belitung, Sea Kayak Owners Club Indonesia(SKOCI), bekerjasama dengan Badan Pengelola Geopark Belitong akan mengadakan kompetisi kayak maraton bernama Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018 (BGIKM 2018).

BGIKM 2018 direncanakan akan diadakan di sekitar Tanjung Kelayang - Tanjung Tinggi, Belitung, pada tanggal 27 Juli hingga 29 Juli 2018.

Sebagai syarat menyandang status UNESCO Global Geopark, sebuah geopark harus memiliki nilai-nilai geo diversity, culture diversity, dan bio diversity. Artinya, daerah tersebut harus matang secara lokasi, masyarakat dan budaya, dan kekayaan alamnya. Tidak hanya itu, tiga unsur penting tersebut juga harus dijaga dan dikembangkan secara berkesinambungan.

Atas pertimbangan tersebut, kayak maraton dinilai mampu meningkatkan pariwisata, pelestarian lokasi dan kekayaan alamnya. Sejalan dengan itu, kayak maraton juga dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.


Belitung dipilih bukan tanpa alasan. Panitia mengatakan bahwa daerah yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi ini memiliki keindahan permukaan laut yang unik dengan bebatuan granitnya. Lebih lanjut, panitia BGIKM 2018 menilai bahwa keunikan tersebut memberikan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang ingin menjelajah permukaan laut dan garis pantai di Indonesia.

Merebut Status UNESCO Global Geopark Bagi Pulau Belitung Melalui Kayak

Tidak hanya kayak, StandUp Paddleboard (SUP) juga akan menjadi cabang dalam BGIKM 2018. Serupa dengan kayak, SUP juga mengharuskan pelakunya untuk mendayung. Hanya saja, kegiatan mendayung dilakukan dalam posisi berdiri di atas papan yang menyerupai papan selancar air.

Olah raga air ini sempat menjadi sorotan masyarakat Indonesia ketika Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti, memilihnya sebagai salah satu hobi yang ia geluti. Foto sang menteri pun sempat viral.


Melibatkan turis asing

Acara yang diperkirakan akan dihadiri oleh 100 orang ini tidak hanya diikuti oleh wisatawan lokal saja, namun juga akan diikuti oleh peserta dari luar Indonesia. Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan beberapa negara lain telah resmi mendaftarkan atletnya untuk turut berpartisipasi.
Mengusung tema Belitong Geopark International Kayak Marathon 2018, acara ini tidak hanya berisi kompetisi olah raga air, namun juga kegiatan pengenalan objek wisata Belitung.

Merebut Status UNESCO Global Geopark Bagi Pulau Belitung Melalui Kayak

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa acara seperti ini akan membuat pendapatan per kapita suatu daerah meningkat. “Daerah-daerah yang banyak menciptakan event-event terutama yang memiliki tourist commercial values - bukan hanya cultural values, biasanya memiliki pendapatan per kapita lebih tinggi. Event seperti Belitong Kayak Marathon yang bisa mendatangkan wisatawan manca negara diharapkan lebih banyak menciptakan commercial tourism yang nantinya diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Belitong”, ucap Arief Yahya.

Sejalan dengan sang menteri, Gubernur Propinsi Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Roslan, mengatakan bahwa acara ini dapat mendatangkan turis asing maupun lokal. Tidak hanya itu, Erzaldi Roslan juga berharap bahwa acara ini dapat meningkatkan kecintaan warga Belitung terhadap daerahnya, sehingga kecantikan daerah tersebut akan terus terpelihara.


belitongemoticon-Traveller
Urutan Terlama
emoticon-Ngacir
Ane sebagai orang belitung sangat bangga kampung ane jadi geopark. emoticon-Cool
Ayo bung rebut kembali! :merdeka


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di