alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPU: Tahap Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Berlangsung 4-7 Juli
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39dc061a9975bd678b4571/kpu-tahap-pendaftaran-caleg-pemilu-2019-berlangsung-4-7-juli

KPU: Tahap Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Berlangsung 4-7 Juli

KPU: Tahap Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Berlangsung 4-7 Juli
Ketua KPU Arief Budiman(ist)


Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengumumkan bahwa tahap pendaftaran caleg (calon legislatif) untuk Pemilu 2019 akan segera dibuka mulai tanggal 4-17 Juli 2018. Sebelumnya KPU juga telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019.

“Tanggal 4 sampai dengan 17 Juli akan dimulai pendaftaran caleg untuk masing-masing tingkatan,” tutur Arief, Minggu (1/7/2018).


Menurut Arief meski pendaftaran baru dibuka tanggal 4 Juli nanti, namun pihaknya telah memberikan akses kepada partai politik untuk mendaftarkan caleg yang akan diusung ke sistem KPU. “Parpol peserta pemilu sudah diberikan akses untuk mengisi calon-calon yang akan didaftarkan di setiap dapil melalui sistem informasi kita yang disebut Silon (Sistem Informasi Pencalonan),” tutur Arief.


Selain itu Arief mengharapkan agar para caleg dari tingkat manapun agar dapat mengikuti ketentuan yang telah berlaku yakni PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang baru disahkan pada 30 Juni kemarin. Untuk itu ia meminta seluruh stakholder bisa sama-sama memahami peraturan yang ada.

“Karena kalau yang paham hanya penyelenggara pemilu, peserta pemilunya nggak paham, itu bisa menimbulkan konflik. Begitu juga sebaliknya kalau penyelenggara pemilunya nggak paham pesertanya paham, nah itu bisa timbul konflik,” ucap Arief.



Diharapkan Pendaftaran Caleg Berlangsung Lancar


Lebih lanjut Arief menyampaikan harapannya agar tahapan pendaftaran caleg yang hanya beberapa hari lagi dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Sebelumnya KPU juga telah mengumumkan tentang aturan mantan koruptor dilarang ikut mencalonkan sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2019 mendatang. Aturan itu termuat dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten atau kota yang telah ditetapkan pada Sabtu (30/6/2018).


Aturan tersebut tertera pada Pasal 7 Ayat 1 huruf h, berbunyi “Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi,”.


Dengan ditetapkannya Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018. Maka ketentuan tentang larangan eks koruptor mencalonkan diri menjadi anggota legislatif sudah bisa diterapkan pada masa pendaftaran bakal caleg mendatang.


Sumber

Urutan Terlama
KPU tolong dikasi cap koruptor kalau ada bekas napi korupsi yg mendaftar.

Biar rakyat tau.

Gak semua orang tau kan.

KPU: Tahap Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Berlangsung 4-7 Juli

KPU: Tahap Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Berlangsung 4-7 Juli
Diubah oleh agnezstrong
pileg mah ngga rame ah

emoticon-Leh Uga

dah sebulan aja harus sudah beres itu
wah,pileg harus diwaspadai orang macem2 si jonkie sm FH nih.....
eh lupa,FH kan g punya partai
emoticon-Leh Uga

buruan tobat,pasang muka tembok deh buat merapat ke partai,drpd cuma koar2 diluar legislatif,disangka orgil ntar
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh indigoblue85
Buat agan2 yang mau nyaleg dipersilahkan emoticon-Big Grin
:goyang :goyang :goyang


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di