alexa-tracking

Bagaimana Cara Meningkatkan Efektivitas Dalam Sistem Penggajian

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39d21fe05227355b8b4568/bagaimana-cara-meningkatkan-efektivitas-dalam-sistem-penggajian
Bagaimana Cara Meningkatkan Efektivitas Dalam Sistem Penggajian
Bagaimana Cara Meningkatkan Efektivitas Dalam Sistem Penggajian


Proses penggajian ternyata juga berperan penting dalam menjaga tingkat kepuasan karyawan. Karyawan akan puas jika gajinya dibayar tepat waktu dan dengan jumlah yang benar sesuai dengan berbagai komponen yang mempengaruhi penggajian. Sebaliknya jika proses penggajian lambat dan rentan terhadap kesalahan, hal tersebut dapat menghasilkan kerenggangan hubungan antara manajemen dengan karyawan. Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa kegiatan penggajian menyita sekitar 35% dari keseluruhan waktu yang dimiliki HRD. Untuk mencegah dan meminimalkan kesalahan dan keterlambatan dalam penggajian, berikut saran dari hrvoice dalam melakukan penggajian yang efektif

Melakukan evaluasi dalam proses penggajian. Adanya keluhan karyawan tentang keterlambatan gaji merupakan pertanda bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi dalam proses penggajian. Caranya adalah dengan mengidentifikasi masalah yang muncul, merinci setiap langkah dari proses awal hingga akhir, dan lakukan audit dan evaluasi saat memeriksa ulang semua dokumen dan proses dan pastikan semua bagian berjalan lancar. Tidak cukup dengan itu saja, HRD juga perlu berkomunikasi dengan karyawan untuk mengetahui apa saja keluhan yang sering muncul dalam proses penggajian.

Adanya kebijakan penggajian yang transparan. Menurut penelitian tersebut, banyak perusahaan yang membiarkan karyawannya tidak mengetahui apa saja komponen yang terjadi dalam sistem penggajian mereka. Masalah ini dapat diperbaiki dengan melakukan sosialisasi dan transparansi kebijakan penggajian ke seluruh karyawan dengan jelas. Salah satu hal untuk memastikan hal tersebut, sistem HRIS diciptakan untuk menjalankan penghitungan penggajian secara lebih cermat besrta komponen penggajian yang termasuk di dalamnya. Untuk menangani hal tersebut, sistem Talenta.co telah dirancang secara khusus bagi semua jenis perusahaan untuk melakukan pengitungan gaji dan penanganan administrasi kepegawaian secara efisien, termasuk perhitungan PPh 21 beserta potongan-potongan diatas secara lebih akurat dan menghemat waktu Anda hingga 70%. Dengan sistem ini, Anda juga memungkinkan untuk melihat langsung slip gaji Anda beserta potongan-potongan yang terjadi.

Mengetahui adanya kebijakan pajak gaji di dalam dan luar. Disamping itu, perusahaan harus memahami secara secara rinci mengenai berbagai kebijakan penggajian dalam peraturan pemerintah atau UU yang berlaku, seperti contoh pembetulan pajak, perhitungan BPJS, dan Jamsostek. HRD juga perlu mengikuti perkembangan dan perubahan yang mungkin dapat terjadi sewaktu-waktu dari pemerintah.

Proses penggajian yang efektif ini selain berdampak terhadap sikap karyawan terhadap manajemen perusahaan, nantinya hal ini juga berdampak pada proses bisnis yang semakin lancar. Kompetensi HRD juga menjadi salah satu hal penting bagi keberlangsungan efektivitas tersebut.
×