alexa-tracking

Kasus Penipuan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b39ae36620881cf4f8b4567/kasus-penipuan
Kasus Penipuan?
Siang gan, mau minta pendapat dan saran nih, 

Ada temen ane yg lagi kebingungan apa dia salah secara hukum apa nga

Jadi temen ane menerima pesanan barang dari seseorang, sebut saja erwin. Erwin ini tuh sales freelance dan erwin ini ada pesen 2 jenis barang (Barang A dan Barang B) dari temen ane ini. 

Sudah jalan bbrp lama erwin ini mengirimkan bukti transfer lunas ke temen ane via whatsapp dan bilang kalau ini untuk melunasi Barang A, dan karena mmg sudah betul temen ane pikir yasuda Barang A boleh diambil, tapi Barang B belum boleh diambil karena belum lunas. 

Nah masalah nya, tiba-tiba ada datang orang sebut saja fendi, temen ane nga kenal dan baru pertama kali ketemu fendi ini, dan dia mengaku bahwa dia memesan Barang B ke temen ane via si erwin ini, dan bukti transfer yang diterima oleh temen ane ini adalah milik dia untuk melunasi Barang B. Si fendi ini di cek oleh temen ane trnyata mmg betul pemilik nomor rek yang transfer ke temen ane ini. 

Temen ane langsung telepon si erwin ini untuk ketemuan bertiga sama fendi, setelah ketemuan, fendi marahin temen ane ini kenapa uang dia dipakai untuk melunasi Barang A bukan Barang B yang punya dia. Temen ane bales bilang kalau yg order ke dia itu si erwin (bukan fendi) dan erwin yang mengirimkan bukti transfer nya ke temen ane via whatsapp bilang kalau uang itu untuk melunasi Barang A, bukan Barang B. Erwin bilang akan membereskan masalah ini, kalau ini cuma salah paham. Tapi lama-lama si erwin nya hilang dan belum bisa dicari sampe sekarang.

Fendi ini kan merasa dia dirugikan / ditipu dan meminta temen ane lagi untuk transfer balik lagi uang dia, tapi temen ane menolak. Temen ane ini menolak dengan alasan:

  • Yang pesen ke temen ane ini si erwin bukan si fendi, yang sampai ada kasus ini belum pernah ada kontak sama skali sama temen ane
  • Bukti transfer temen ane dapat nya dari si erwin via whatsapp dan diarahkan oleh erwin ini untuk melunasi Barang A, bukan Barang B.
  • Penawaran harga, kwitansi dan surat jalan semuanya atas nama erwin

Temen ane bilang ke fendi ini, kalau ini sebetulnya urusan antara dia sama si erwin, ngomong kasar si fendi ini ditipu calo lah, dan temen ane mau keluarin Barang B kalau dia sudah ada terima pelunasan nya, cuma si fendi ini nga mau terima dan tetep meminta temen ane untuk transfer balik uang dia, dan malah katanya mau melaporkan ke koran dan menuntut temen ane ini karena tidak mau kembalikan uang dia 

Temen ane sih pikir nya dia nga ada salah, malah kalau sampai dilaporkan dia mau melaporkan balik karena mencemari nama baik dia. Temen ane juga mikir mungkin juga ini permainan si fendi sama erwin tp ga ada yg tau ya. 

Mnurut agan bagaimana? Apa temen saya salah? Apa dia bisa dikasusin secara hukum?



image-url-apps
Ane emoticon-Bingung bre
image-url-apps
Coba tanya ke sub forum Melek Hukum gan biar lebih enak bnyk yg ngerti
KASKUS Ads
Oke Thanks gan
Quote:


Kalo menurut ane sih temen ente gak salah. Justru si F ini yang mesen barang lewat pihak lain. Konyol banget. Kalo temen ente ada bukti yang gak masalah sih kayaknya. Tapi ane setuju sama saran prabudasamuka. Mending ente pindah kamar ke forum Melek Hukum buat dapat solusi yang lebih jelas.

kalo si F ini gamau terima bahwa dia ketipu sama si E yaudah diemin aja lagian itu kan urusan dia sama si E.

sebagai seller pasti kalo duit masuk sesuai kesepakatan = barang pindah tangan milik buyer
bukan urusan kita itu si E belanja pake duit si F, ato pake duit mama nya kek, ato duit rampokan. karena posisi kita kan hanya sebagai seller yg tugasnya ngejual barang tanpa tau backroundnya si E.

kalo emang si F ini pintar, harusnya dia ga melibatkan temen agan sebagai seller, kecuali dia emang uda depresi gegara gak ketemu lagi sama si E makanya dia menyalahkan temen agan sebagai seller. perihal dia minta kembaliin uang ya mana bisa. hak dia apa?

yg beginian dibawa ke kasus hukum juga ga bakalan kuat. ya alasannya tadi, kita cuma seller gatau menau urusan . si F mau pake bukti apa buat nuntut kita? lah yang nipu aja kan si E. si F aja bego mau ketipu sama reseller begituan.

hatihati nanti ini kongkalikong antara si E sama F emoticon-Leh Uga
Quote:


Iya gan ane lagi nyari cara pindah ga ketemu, ane buat baru malah dibilang system ny ada yg thread ny sama (ane yg buat sndiri ya sama lah ya), mau delete juga ga bisa ya skrg?

kasian ini temen ane di ganggu sampe malem2 terus katanya
Quote:


Ya gan jadi mnurut si F itu hak dia karena rek yg transfer mmg punya dia dan yg ditransfer itu temen ane. Mmg temen ane juga pikir ny dia sudah kuat, cuma yah namanya orang ya kepikiran terus dia hahaha.

Temen ane juga ada nembak lgsg si F jangan2 kerja sama si E mau nipu, tp si F ny bantah terus. Saya rasa sih F mmg ketipu, tp berhubung si E ini udah ngilang ya nyari sasarannya temen ane ini
image-url-apps
Quote:


Masuk ke trit laporan di forum ini gan. Liat di situ cara ngelapornya. Ente gak bisa pindahkan sendiri trit ente
Udah gan, saya lapor ke bagian support kaskus nya, ini udah dipindahin katanya emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:


Teman ente ga salah gan. Karna temen ente tidak mempunyai hubungan hukum dg si Fendi. Hubungan hukumnya teman ente sama erwin, dan fendi dan erwin. Sehingga seharusnya fendi menuntut pertanggung jawaban dari erwin.

Langkah hukum yg seharusnya, Fendi melaporkan si Erwin atas tuduhan penggelapan dan/atau penipuan. Dan temen ente membantu sebagai saksi jika dibutuhkan.
×