alexa-tracking

Menhub Wajibkan Suara Mobil Listrik Minimal 65 Desibel

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b399315d675d41c268b4567/menhub-wajibkan-suara-mobil-listrik-minimal-65-desibel
Menhub Wajibkan Suara Mobil Listrik Minimal 65 Desibel
image-url-apps
Menhub Wajibkan Suara Mobil Listrik Minimal 65 Desibel


Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap kendaraan yang laik jalan diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Dalam UU tersebut termasuk soal kelengkapannya tertuang dalam Pasal 57 ayat 3, kelengkapan standar mobil meliputi sabuk keselamatan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka baut pelek, dan ban cadangan.

Untuk poin terakhir, pemerintah telah menerbitkan aturan yang melegalkan mobil penumpang tanpa ban cadangan. Itu terangkum dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 33 Tahun 2018 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor pasal 14 efektif berlaku mulai April 2018.


Lihat juga: CEO Audi Rupert Stadler Ditangkap Atas Kasus 'Dieselgate'

Permenhub baru itu juga mengatur soal suara kendaraan mobil listrik. Aturan baru ini guna menyambut masuknya era mobil listrik di Indonesia.

Tanpa disadari, kesenyapan mobil listrik ketika bergerak maju dan mundur menjadi isu hangat di tengah masyarakat, yakni pergerakan mobil listrik yang tidak diketahui berpotensi menimbulkan cedera pejalan kaki. Untuk itu mobil listrik harus 'bersuara' pada kecepatan rendah.

Aturan yang mangatur suara kendaraan listrik ini diatur dalam Permenhub No. 33 Tahun 2018 ayat 3, 4, dan 5. Regulasi baru ini bakal menjadi acuan pengendali suara mobil listrik.

Lihat juga: Taycan, Nama Mobil Listrik Porsche
Berikut detail Permenhub No. 33 Tahun 2018 soal suara kendaraan listrik:

(3) Kendaraan Bermotor listrik untuk memenuhi aspek keselamatan wajib dilengkapi dengan suara dengan tingkat kebisingan dan jenis suara tertentu.

(4) Tingkat kebisingan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) paling rendah 31 (tiga puluh satu) desibel dan paling tinggi tidak melebihi ambang batas Kendaraan Bermotor yang menggunakan motor bakar biasa.

(5) Tingkat kebisingan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) minimum sebagai berikut:

a. pada kecepatan 10 (sepuluh) km/jam minimum 50 (lima puluh) desibel;

b. pada kecepatan 20 (dua puluh) km/jam minimum 65 (enam puluh lima) desibel;

c. untuk mundur minimum 47 (empat puluh tujuh) desibel. (asa)


https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20180629162543-384-310212/menhub-wajibkan-suara-mobil-listrik-minimal-65-desibel
image-url-apps
Quote:


Toa nya kurang keras, makanya biasa ditambah suara petasan.. emoticon-No Hope

image-url-apps
Quote:


Baca judul ama isi trit nggak ?
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Sabar wae. Wong koyo gini ojo diladeni emoticon-Cape d...
lah kok malah wajib bising. biasanya kebisingan kan identik dengan polusi suara. kalo faktor keamanan ya jangan dari suara tapi kecepatan.
Quote:


emoticon-Ngakak asyeeem
image-url-apps
Kasih sirine aja beres
image-url-apps
emang bahaya juga kalo terlalu hening. apalagi kalo malam.

makannya ada pabrikan mobil listrik tu mobilnya pake suara kayak jet.

lupa nama mobilnya tp ada di youtube
make sense
Mending ada dulu, baru diatur. Ini ngatur sesuatu yang belum beredar di sini--
image-url-apps
Menhub Wajibkan Suara Mobil Listrik Minimal 65 Desibel

mending mobil ini pak sekalian, udah ga ada suara lagi emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Polusi suara itu kalo bunyinya melebihi Nilai Ambang Batas (nab), 65 db masih di bawah nab
image-url-apps
masuk akal sih

soalnya sepeda listrik yg beredar sekarang ini pada ga ada suaranya

banyak cerita pengguna sepeda listrik pada kena tabrak

ya udah, teriak sendiri aja

nggir ra minggir tabrak, nggir ra minggir tabrak
mobil listrik perorangan udah jadi di cibir, giliran pabrikan ikut bikin mobil konsep listrik masih gambar kertas di puja2..negara sempak
Quote:


nah TOA yang sering dipake agama YOU KNOW WHAT itu gua yakin di atas NAB !!!!
makanya tuh umat senggol dikit bacok
Quote:


ntar juga suaranya ada lagi
jadi kapan nissan leaf masuk indoemoticon-Frown
image-url-apps
kasi speaker aja pak..

tiap detik bunyi

TETEW..... TETEW.... TETEW TEW TEW TEWTIRIRUTIT TEW TETETEW TE TE TE TEW
image-url-apps


Quote:


Tak kasat mata

Tiba2 karawang-semarang d tempuh dalam waktu 4menit