alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b396d5ca2c06e62378b458a/9-provinsi-gelar-pemungutan-ulang-papua-tunggu-kondusif

9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif

9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif
Warga menggunakan hak pilihnya saat mengikuti pencoblosan ulang Pilgub Jawa Timur di TPS 49 Manukan Kulon, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (1/7/2018).
Proses pemungutan suara ulang yang dijadwalkan berlangsung di 26 kabupaten/kota di 10 provinsi pada Minggu (1/7/2018), tak sepenuhnya berjalan mulus.

Di Cirebon, Jawa Barat, misalnya. Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Cirebon memutuskan untuk menolak rekomendasi panitia pengawas kecamatan (panwascam) di empat kecamatan Kota Cirebon untuk menggelar proses pemungutan suara ulang.

Penolakan itu didasarkan pada hasil rapat pleno KPU Kota Cirebon, malam sebelumnya, Sabtu (30/6/2018).

Mengutip ucapan Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani dalam Tribunnews, rekomendasi panwascam muncul lantaran adanya indikasi pelanggaran di 24 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Kota Cirebon.

Salah satu dugaan pelanggarannya adalah pembukaan kotak suara dan "mampir" terlebih dahulu di kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan.

Emirzal menegaskan, kejadian itu secara substansi hanyalah proses penyerahan kotak suara yang semestinya, dari PPS ke PPK dan tidak mengandung unsur kesalahan teknis maupun prosedural.

Kondisi berbeda terjadi di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana justru warganya yang menolak melakukan pemungutan suara ulang, tepatnya warga di dua TPS di Desa Kalembu Weri.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar-Lembaga Bawaslu NTT, Jemris Fointuna mengatakan, aksi protes warga terjadi lantaran mereka menginginkan pemungutan suara ulang dilakukan di semua TPS di Kecamatan Wewewa Barat.

Jemris mengatakan, di TPS lainnya tidak ditemukan masalah yang menuntut dilakukan pemungutan suara ulang. Sementara, pada dua TPS tersebut ditemukan pelanggaran yakni salah satu saksi dan anggota KPPS yang melakukan pencoblosan. Alhasil, tuntutan warga itu ditolak.

Kendati ada yang menolak, proses pemungutan suara ulang di 43 TPS di 10 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara berhasil dilaksanakan.

Salah satunya pemungutan suara ulang yang dilakukan sekitar 1.637 pemilih di 5 TPS di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Pemungutan ulang dilakukan di tempat ini akibat kesalahan KPPS yang membuka kotak suara tanpa prosedur yang seharusnya.

"Di Baubau ada lima TPS, empat TPS untuk pemilihan wali kota dan gubernur, serta satu TPS untuk pemilihan gubernur," ucap Ketua KPU BAubau Edi Sabara, dalalm KOMPAS.com.

Sama halnya dengan pemungutan ulang yang dilakukan di lima kota di Jawa Timur, yakni Jombang dan Bangkalan (untuk pemilihan bupati), dan Kediri, Surabaya, Blitar (untuk pemilihan gubernur).

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan, keputusan pemungutan suara ulang terjadi lantaran kesalahan administratif.

"Jadi, ada satu orang memilih dua suara. Ada pemilih di luar DPT tanpa A5. Hanya kesalahan administratif. Tidak ada unsur kesengajaan," sebut Anam.

Jumat (29/6/2018) malam, Ketua KPU RI, Arief Budiman mengumumkan 69 TPS di 26 kabupaten/kota pada 10 provinsi perlu melakukan pemungutan suara ulang.

Beberapa masalah yang melatari keputusan itu antara lain penggunaan hak pilih oleh pemilih dari luar daerah pemilihan, jumlah surat suara kurang dari jumlah DPT, dan perbedaan jumlah penggunaan surat suara dengan jumlah pemilih.

Ada juga yang ketahuan menggunakan hak pilihnya lebih dari satu kali. Belum lagi persoalan surat suara yang telah dicoblos sehari jelang pemungutan, kotak suara yang terbuka sebelumnya, hingga konflik di TPS.

Keseluruhan TPS yang melakukan pemungutan suara berlokasi di Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Papua.

Dari seluruh wilayah itu, yang paling banyak melakukan pemungutan suara adalah di Sulawesi Tenggara, dengan 43 TPS yang tersebar di 18 kecamatan di 9 kabupaten.
Papua tunggu kesiapan logistik
Khusus untuk di Papua, pemungutan suara ulang baru akan dilakukan pada Selasa, (3/7/2018).

Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Tjipto Wibowo memerinci, ada 8 TPS yang akan melaksanakan pemungutan suara ulang tersebut. Kedelapannya adalah TPS Distrik Heram Kota Jayapura, satu TPS Keerom, tiga TPS Nabire, dua TPS Karang Senang Distrik Kuala Kencana Mimika dan satu TPS Mamberamo Raya.

Tjipto menjelaskan, pelaksanaan pemungutan ulang di Papua akan sangat bergantung pada kesiapan logistik di masing-masing KPU.

Seperti diketahui, proses pemungutan suara di Papua beberapa hari lalu diwarnai serentetan aksi penyerangan oleh sekelompok orang bersenjata. Tujuh orang dilaporkan meninggal dunia.

Hingga saat ini, dua orang anggota kepolisian yang bertugas dalam pengamanan di Torere, Puncak Jaya, Papua, juga masih berstatus hilang.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan, saat itu petugas yang sedang membawa logistik bersama Kepala Distrik Torere menuju PPK diserang oleh sekelompok orang bersenjata. Kepala Distrik Torere tewas.

"Empat anggota Polri bisa langsung menyelamatkan diri, tiga orang selamat selang sehari di daerah lain, kemudian yang belum ditemukan dua orang," kata Setyo mengutip VIVA, Minggu (1/7/2018).

Setyo menduga, penyerang di Torere berkaitan dengan penyerangan di Nduga, Papua. Saat ini, aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap kelompok yang disebut Polri sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Masih dalam penyelidikan, karena di sana tempatnya sangat lebat hutannya, kemudian cuaca tidak bersahabat, menyulitkan, medannya cukup berat. Semoga segera dituntaskan," ucap Setyo.
9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...unggu-kondusif

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- 9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif Fakta dan kronologi dugaan manipulasi suara di Makassar

- 9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif Mahathir memancarkan harapan

- 9 Provinsi gelar pemungutan ulang, Papua tunggu kondusif Menyoal keterlambatan panjang AirAsia

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di