alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3961afdc06bdbc7d8b4569/prabowo-kritik-utang-ri-rp-9000-t-sri-mulyani-beri-jawaban-menohok

Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok

Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000 Triliun, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok

25 Jun 2018, 18:45 WIB

Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok
Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah tetap akan menjaga pengelolaan keuangan negara dan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) secara hati-hati yaitu dengan mengikuti perundang-undangan dan mengikuti indikator-indikator kesehatan keuangan. Dia juga memastikan pemerintah akan menjaga keuangan negara dengan baik.


Pernyataan Sri Mulyani tersebut untuk menepis pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang melontarkan kritik atas utang Indonesia saat ini. Prabowo menyatakan total utang sampai saat ini hampir mencapai Rp 9.000 triliun. Jumlah itu merupakan gabungan seluruh komponen seperti utang pemerintah, utang BUMN, ditambah dengan utang lembaga keuangan.

"Yang saya ingin komentari, pemerintah itu tetap akan menjaga pengelolaan keuangan negara dan APBN secara hati-hati yaitu ikuti perundang-undangan, mengikuti indikator kesehatan keuangan. Jadi kami bisa menjaganya secara baik," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, jumlah utang yang digabung sebanyak Rp 9.000 triliun sudah memiliki tanggung jawab dari masing-masing entitas. Sehingga, tidak sesuai jika kemudian total utang secara keseluruhan langsung dibandingkan dengan negara lain.


"Di dalam mengelola seluruh perekonomian masing-masing entitaskan punya tanggung jawab. Jadi kalau dari sisi perekonomian, kita bisa saja membuat keseluruhan utang termasuk negara lain buat keseluruhan negara-negara perekonomian bisa utang rumah tangga, korporasi, utang BUMN, utang lembaga keuangan, pemerintah," jelasnya.


"Jadi kalau membahas ya konsisten saja. Kalau utang korporasi, ya dia dibandingkan volume korporasi. Kalau BUMN dibandingkan total aset dan revenue-nya. Utang rumah tangga ya terhadap perbandingan yang sama juga," tambahnya.
Lebih lanjut, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, hingga 31 Mei 2018 posisi utang Indonesia sebesar Rp 4.169 triliun.


"Posisi utang pemerintah pada Mei Rp 4.169 triliun. Itu dibanding seluruh PDB tetap di bawah 29 persen kan sekitar itu," tandas Sri Mulyani. 

https://www.liputan6.com/bisnis/read...awaban-menohok


Jokowi: Saat Saya Dilantik Utang Negara Rp 2.700 T, Bunganya Rp 250 T
Sabtu 07 April 2018, 14:43 WIB


Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban MenohokJokowi saat menghadiri Konvensi Nasional Galang Kemajuan 2018. (Ray Jordan/detikcom)

Bogor - Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal isu utang negara selama dia menjabat Presiden RI. Dia menjelaskan, sedari awal dia dilantik, utang negara sudah ribuan triliun.

Jokowi mengatakan dirinya sadar 'diserang' oleh berbagai isu. Saat ini, dia 'diserang' isu utang negara yang membengkak.

"Ganti lagi isu utang," kata Jokowi saat menghadiri Konvensi Nasional Galang Kemajuan 2018, yang dihadiri ribuan relawan, di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2018).

Baca juga: Pemerintah Masih Tarik Utang, Ini Alasannya

Jokowi menjelaskan, sejak dirinya dilantik, Indonesia sudah memiliki utang sebesar Rp 2.700 triliun. Nilai itu kemudian terus membengkak akibat adanya bunga.

"Saya dilantik utangnya sudah Rp 2.700 triliun. Saya ngomong apa adanya. Bunganya setiap tahun Rp 250 triliun. Kalau 4 tahun sudah tambah 1.000," kata Jokowi.

"Ngerti nggak ini?" tambah Jokowi.

Baca juga: Jelaskan Utang di FB, Sri Mulyani: 1 Jam Komentar Sudah Ratusan

Dia pun meminta masyarakat berpikir jernih terkait isu utang negara selama dia memimpin. Dia menegaskan tidak mungkin menambah utang negara dalam jumlah besar.

"Supaya ngerti, jangan dipikir saya utang segede itu. Enak aja," katanya.

https://news.detik.com/berita/395886...ganya-rp-250-t


Indef: 
Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 7.000 Triliun
21/03/2018, 22:23 WIB 

Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok
Ilustrasi rupiah(Thinkstock) 

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Riza Annisa Pujarama mengungkapkan, utang luar negeri Indonesia terus mengalami kenaikan cukup signifikan. Bahkan Riza mengatakan, hingga saat ini utang luar negeri Indonesia telah mencapai Rp 7.000 triliun, jumlah tersebut merupakan total utang pemerintah dan swasta. 

Dari sisi Pemerintah, utang tersebut digunakan dalam rangka menambal defisit anggaran pemerintah. Sementara  utang swasta dilakukan oleh korporasi dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

"Peningkatan utang terus berlanjut hingga APBN 2018 bulan Februari menembus angka Rp 4.034,8 triliun dan pada APBN 2018 mencapai Rp 4.772 triliun," ujarnya Riza saat diskusi dengan media di Kantor INDEF, Jakarta, Rabu (21/3/2018). 

Baca juga: Faisal Basri: Pemerintah Obral Utang, Indonesia Dijajah oleh Pasar 

Berdasarkan data Kementerian Keuangan hingga akhir Februari 2018, utang pemerintah masih didominasi oleh penerbitan SBN yang mencapai Rp 3.257,26 triliun atau 80,73 persen dari total utang pemerintah. Penerbitan SBN sekitar Rp 2.359,47 triliun atau 62,62 persen diterbitkan dalam denominasi rupiah serta dalam denominasi valas sebesar Rp 897,78 triliun atau 18,11 persen. Sementara untuk utang luar negeri swasta tahun 2017 telah tembus sebesar USD172 miliar atau sekitar Rp 2.322 triliun dengan kurs Rp 13.500 per dollar AS. 

"Besar kemungkinan belum termasuk semua utang BUMN," kata Direktur Eksekutif Indef Enny Sri Hartati. Ekonom senior Institute for Development for Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri menyoroti utang luar negeri Indonesia yang terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. 

Baca juga: Bangun Infrastuktur Pakai Utang dari China, Negara-Negara Ini Malah Bangkrut 

Menurut dia, saat ini pemerintah terlalu mengobral utang dalam bentuk Surat Berharga Negara (SBN) yang cenderung dikuasai oleh pihak asing dalam mata uang asing. Dia mengatakan, ada kehawatiran jika kepemilikan SBN didominasi oleh asing, lantaran pemerintah tidak dapat mengendalikan pergerakan pasar. Terlebih disaat pasar mengalami gejolak, dikhawatirkan investor asing keluar dari kepemilikan SBN. "Kalau saran saya, lebih baik perbanyak utang dengan bank dunia, seperti ADB, Jepang, itu jaminan lebih efektif. Tapi kita enggak bisa merdeka, enggak bisa suka-suka pakai anggaran, enggak bisa cawe-cawe," kata Faisal.
https://ekonomi.kompas.com/read/2018...-7.000-triliun

--------------------------

Utang yaa tetap utang, Sri!
sesuk sing mbayar dudu awakmu, opomaneh Jokowi!

sing membayar yang anak cucu kita semua!

emoticon-Malu


Halaman 1 dari 7
Hoaxx itu utang bertambah, sudah janji kokemoticon-Big Grin

Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok
Sri Mulyani menjelaskan, jumlah utang yang digabung sebanyak Rp 9.000 triliun sudah memiliki tanggung jawab dari masing-masing entitas. Sehingga, tidak sesuai jika kemudian total utang secara keseluruhan langsung dibandingkan dengan negara lain.

Faktanya?

Saat krismon 1007 lalu, swasta konglomerat hitam bisnisnya kolaps gara-gara tak bisa bayar utang-utang luar negerinya. Siapa yang akhirnya menalangi utang mereka? yaa pemerintah jua lewat BLBI hinghga Rp 600 triliun, yang kemudian mereka kemplang itu!

Saat BUMN kolaps seperti Indosat dulu, Merpati, dan kini Garuda ... dan mungkin sebentar lagi BUMN Konstruksi, siapa yang bertanggung jawab pada akhirnya? yaa negara jua, bukan?

Cuman kalau BUMN mungkin lebih mudah pilihannya, tinggal disuntik modal dari dana APBN, atau dibiarkan BUMN itu mati atau di merger, atau di jual ke asing. Opsi terakhir ini, saham-sahamnya dijual/digadaikan ke asing, kayaknya pilihan favorit rezim sekarang.

Alamak!

Ini contoh mutahir penyelesaian utang B UMN Garuda, apa model ini solusinya dari Pemerintah?

Quote:

Isu-isu yang dilempar oleh Prabowo soal ekonomi, pasti langsung mendapat tanggapan dari pihak pemerintah. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Buseeet 9000t, kalau sampai gagal bayar, gw hitung2 utang yg ditanggung setiap penduduk kita sebesar 35 jt per orang
Utang berapapun nilainya memang tidak bagus, tapi mau gimana lagi, dari dulu warisan utangnya sudah menumpuk. Semakin kebelakang orang punya utang itu bukannya makin enak tapi makin susah. Ya tinggal lihat siapa pemimpin selanjutnya saja, dijamin makin puyeng
Wkwkwkwkwk.... Pak bowo itungane lucu... Utange tonggoku barang diitung ndak tuh... Karuan yg bayar anak cucu lha utang2 sendiri berharap negara sek bayarin. Aneh
utang indo memang amunisi utama prabowo. tapi siap-siap counter dari penggunaan utang selama ini untuk apa bisa jadi backfire untuk koalisi keumatan.
nasbung otak simpel
ngeri2 banyak profesor ekonomi ternyata di kaskus, sri mulyani yg mantan direktur world bank sih ga ada apa2nya dibanding warga kaskus, spt biasa google jadi kitab suci kitak2.
berhutang untuk inject pembangunan + infrastruktur, lagian jumlahnya masih segituan, Japan dlu malah lebih besar lagi inject nya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
jadi gini.. mendingan ente main tiktok wo

leh uga
Prabowo Kritik Utang RI Rp 9.000-T, Sri Mulyani Beri Jawaban Menohok
kalo kaga ngutang kaga kaya..
Selama APBN nya selalu minus, siapapun presiden dan menteri nya ya pasti utang bakal nambah terus.
Kuncinya kan cuma itu kalo bicara utang.
Pengeluaran lebih gede dari pada penghasilan, makanya negara ngutang buat menutup kekurangan untuk pengeluaran.
Jadi solusinya cuma dua, kurangi pengeluaran dan tingkatkan pendapatan.
Kalo sekarang kan nggak. Udah tau negara defisit, tapi masih aja ditemui ada pengeluaran yang ga semestinya.
Fasilitas kendaraan dinas untuk aparatur negara misalnya. Ngapain pake kendaraan dinas dengan harga wah.
Cukup lah ama innova misalnya.
"Saya dilantik utangnya sudah Rp 2.700 triliun. Saya ngomong apa adanya. Bunganya setiap tahun Rp 250 triliun. Kalau 4 tahun sudah tambah 1.000," kata Jokowi.
"Ngerti nggak ini?" tambah Jokowi.


emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
Kalkulator mana... Kalkulator
Quote:


Ini menurut gue jawaban paling menohok..

Bener2 menohok hati nurani gue..

Ternyata ga semua presiden itu pinter, org goblokpun bisa jadi presiden.. emoticon-Frown
Diubah oleh filusufkacang
Quote:


masalahnya di negara kita :
1. pajak dinaikan = demo
2. pajak yang sebelumnya tidak aktif sekarang mau dihidupkan lagi = demo
3. subsidi bbm dicabut = demo
4. subsidi listrik air dll = demo
5. kolaborasi dengan asing = demo
6. kalau semua pekerja kena pajak = demo
7. dll = demo
wowok jadi presiden,indon ga bakalan ngutang lagih. surplus plus

ayo umat coblos wowok dr blakang
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di