alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga di Cianjur Keracunan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3919989e7404fd7d8b4567/santap-makanan-hajatan-puluhan-warga-di-cianjur-keracunan

Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga di Cianjur Keracunan

Santap Makanan Hajatan, Puluhan Warga di Cianjur Keracunan

Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan warga Kampung Cicurug, Desa Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat diduga keracunan makanan usai menyantap hidangan hajatan salah satu warga, Sabtu (30/6) sore. Mereka kemudian mendapat perawatan medis di puskesmas karena gejala yang sama seperti mual dan pusing.

Dinas Kesehatan Cianjur menyatakan hingga Minggu (1/7) siang, para korban telah pulang ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan intensif di Puskesmas Ciranjang. Dari sekian banyak kroban itu, tidak ada yang dirujuk ke RSUD Cianjur.

Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Tresna Gumilar mengatakan, berdasarkan catatan pihaknya jumlah warga yang mengalami keracunan mencapai 79 orang, beberapa diantaranya merupakan anak-anak dan orang lanjut usia.


"Rata-rata mereka mengalami gejala pusing, mual, hingga diare. Petugas kesehatan di Puskesmas Ciranjang langsung melakukan penanganan terutama pada anak-anak dan lansia karena mereka rentan mengalami dehidrasi," kata Tresna, Minggu (1/7) dikutip Antara.

Lihat juga: Petugas Teliti Kandungan Tutut yang Sebabkan Keracunan Massal
Meski tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit, namun pihaknya akan tetap melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi mereka terus membaik setelah mendapat penanganan.

Kapolsek Ciranjang Kompol Lubis sebelumnya mengatakan, puluhan warga itu diduga keracunan setelah menyantap makanan hajatan salah satu warga, Sabtu sore.

Mereka yang menyantap makanan hajatan itu mengeluhkan mual, pusing, dan diare dalam waktu nyaris bersamaan. Pihak keluarga masing-masing kemudian membawa mereka ke puskesmas terdekat guna mendapat pertolongan medis.

Kata Lubis, pihaknya langsung mendatangi ke rumah warga yang menggelar hajatan untuk mengambil sampel makanan yang diduga membuat warga keracunan. (osc/gil)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180701204701-20-310599/santap-makanan-hajatan-puluhan-warga-di-cianjur-keracunan
Urutan Terlama
gw pernah tuh ikut bantu masak d dapur hajatan

mang itu yg masak ngiris macem2 pd cuci tangan???

boro2
sayurnya aja asal celup. gw yg repot bolak balik nyuciin. kalo ga... gak bakal d cuci

bisa bubar acara hajatan gw. abis itu sih gw pake catering aja. kalo kenapa2 gw minta dy yg tgg jawab
Quote:


meremehkan kebersihan makanan ya emoticon-norose
nunggu ada yg komen

hajatan bidah
persekusi umat
ulah kafir

dsb
dst
masalah hygene sepertinya
mending pakai katering, jelas rasa dan harganya.

kalau pakai gotong-royong kampung malah dobel-dobel pengeluarannya
Itu yg masak kaga panci ber logo SNI x......
Kesian kan jadinya yg makan pada sakit...
wah jangan jangan
jaman now mending pake katering gan

ditempat ane persaingan katering makin ketat, harga makin murah kualitas membaik

seenggaknya kalo ada kasus ada yg dimintai tanggung jawab...

emoticon-Big Grin
Quote:


biasa ala hajatan pinggir jalan, masaknya aja ditempat terbuka laler datang silih berganti emoticon-Big Grin klo mo makan dihajatan semisal yg undang tetangga dekat ambil yg masaknya pasti lama semacam rendang, gulai seenganya kumannya udah berkurang gegara panas emoticon-Wink klo sayur tumis" jauhin aja dah
jarang dtemui sebenernya. bisa juga ada yg jahat emoticon-Cool
ane termasuk aktivis bantu hajatan terutama acara nikahan krn ane hidup di kampung banget. iya, keversihan penting bgt ituh. kalo ane sih setiap mau nyentuh makanan pasti cuci tangan dulu, tapi pasti ada aja ibu2 yg jorok... ato kalo gak, makanan jadi kurang tertutup dgn baik alhasil lalat banyak yg nemplok
Bisa jadi masalah kebersihan. Atau masalah makanan basi. Karena kadang bikinnya ada yg mulai kemaren dan masih dipakai sampai hari ini. Kalo masak rame2 kan susah kontrolnya ibu2 pada kerja semaunya. Kalo katering kan ada quality check.
Quote:


Tugas untuk detektif kogoro mouri.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di