alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya
4.8 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b390ee9dc06bd837e8b4568/kenalan-di-medsos-sering-berakhir-kriminal-begini-cara-mencegahnya

Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya

Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya

Rasa sudah tak terhitung berapa banyak kasus kriminal yang berawal dari perkenalan di Media Sosial semisal Facebook, khususnya di Indonesia. Mulai dari penipuan, pelecehan, perampokan, pemerkosaan, hingga pembunuhan.

Sebut saja contohnya kasus Enno tahun 2016 silam, dan Hera karyawati Toko Aksesoris, tahun 2017 lalu, di mana para korban dirampok, diperkosa dan dibunuh secara sadis.

Kalau di luar negeri, seperti di Turki, seorang gadis berusia 20 tahun diperkosa ketika mabuk dan koma hingga meninggal dunia, oleh kekasihnya yang berusia 28 tahun setelah keduanya berkenalan melalui situs online pada tahun 2016.
***
Maraknya kasus kejahatan yang berawal dari perkenalan di media sosial itu, seharusnya menjadi pelajaran bagi yang lain, khususnya kaum perempuan yang umumnya selalu menjadi korban. Sebab peristiwa itu biasanya selalu menjadi berita yang viral, baik di televisi maupun di jejaring sosial, sehingga sangat mudah memperoleh informasi tersebut.

Tapi tetap saja hal itu masih sering terjadi. Mengapa? Ah, Ane tak ingin membahas itu, sebab masalah itu adalah hal yang bersifat subjektif bagi setiap orang, sehingga motifnya berbeda-beda. Karena itu, lebih baik di sini Ane hanya memberikan tips-tips cara yang aman untuk berkenalan di media sosial, agar terhindar dari tindak kriminal, khususnya bagi para cewek:


1. Cewek Jangan Mendatangi

Jika setelah berkenalan di media sosial, lalu disepakati untuk kopi darat, maka jangan sekali-kali ceweknya yang mendatangi tempat yang ditentukan oleh sang cowok. Sang cowoklah yang diminta untuk datang ke tempat yang ditentukan oleh sang cewek. Jika sang cowok menolak, maka langsung blokir aja pertemanan dengannya, karena itu sudah merupakan indikasi yang tidak baik.

Dari beberapa kasus yang terjadi, semuanya berawal karena sang cewek mendatangi ke tempat yang ditentukan oleh cowok. Padahal sang cewek belum menguasai daerah tempat tersebut. Ini sangat berpeluang mengundang niat jahat.

Dan selanjutnya, jangan pernah pula mendatangi rumahnya, walau sudah terasa akrab, jika belum mengetahui seluk beluk lingkungan dan keluarga sang cowok tersebut.


2. Tentukan Tempat yang Aman

Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya

Sang cewek bisa menetapkan tempat dating atau kopdar yang pertama pada tempat yang tidak jauh dari rumahnya, atau di tempat yang sekira-kira di tempat itu masih ada orang yang mengenal dirinya, atau di alun-alun terbuka. Atau pilih tempat yang ada CCTV-nya, ya semisal di Café, Mall atau tempat lain yang dinilai aman. Jangan mau kalau diajak jalan-jalan ke tempat lain, apalagi ke tempat yang remang-remang. Karena itu, usahakan kopdar dilakukan pada siang hari.


3. Jangan Langsung Percaya Sepenuhnya

Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya

Jangan langsung percaya sepenuhnya dengan apa yang didengar dan dilihat dari sang cowok. Boleh jadi itu hanya topeng belaka. Misalnya dia datang pakai mobil, boleh jadi itu mobil rental. Atau kata-katanya begitu ramah, lembut dan manis padahal itu cuma “umpan” belaka.

Dari beberapa kasus yang terjadi, umumnya korban langsung terpedaya dengan apa yang dilihat dan didengar dari cowok yang baru dikenalnya itu. Dan pada akhirnya, dia menjadi korban dari “kepercayaannya” sendiri.

Ini bukan masalah berprasangka jahat, tapi bentuk kewaspadaan, apalagi terhadap orang yang baru dikenal.


4. Ajak Seseorang Menemani

Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya

Baik pertemuan pertama atau yang selanjutnya, selalu upayakan bagi cewek untuk ditemani oleh kawan atau keluarga, untuk mendampingi. Jika sang cowok tidak menyukai itu, udah langsung CUT aja. Itu sudah pertanda bahwa ia bukan cowok yang baik. Ngapain sudah mau berduaan, padahal baru kenalan?
***
Nah itulah 4 tips aman untuk berkenalan melalui media sosial versi Ane. Silakan ditambahkan pendapat GanSis jika ada.(*)
Spoiler for Referensi:

Quote:
Diubah oleh: Aboeyy
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
Reserved
Anak dulu yg sekarang dah jadi om2 gak brangasan sama cewek gan...
Quote:


yup, contohnya Ane. emoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-phone emoticon-Takut (S)

Kenalan di Medsos Sering Berakhir Kriminal, Begini Cara Mencegahnya
Jangan mudah diajak kemana mana, tetap waspada dan banyak berdoa emoticon-Nyepi
Quote:


Ngapain manggil FBI, Ane kan anak baik2? Wkkk

Quote:


Yup, doa, restu orangtua, dan jgn lupa tetap bikin trid yg asik2. emoticon-Big Grin
bawa ajudan kalo mau ketemuanemoticon-Cool
ya biasanya karena kepolosan dan keluguan seseorang
Hati2 sama makhluk hode laknat emoticon-Najis
Quote:


Semoga demikian gan, karena saat ini merupakan jaman yang sudah seperti ini. Jadi para wanita muda terutama, jangan sampai seperti itu. Jadilah wanita yang baik saja.
Quote:


Iya benul sekali, kudu hati2 milih teman dan pergaulan. Jgn sampai terseret dan terjerumus ke arah yg salah.
yg penting ati ati bre emoticon-I Love Indonesia
Quote:


gitu ya om emoticon-Matabelo
emoticon-Ngacir
jadi ribet,mendingan gk usa kenalemoticon-Ngacir
Diubah oleh juman
makanya liat dulu orangnya , kalo dia ganteng kaya ane mungkin minim rawan kasus bginih
emoticon-Cool
jangan main sosmed, buat apa main sosmed.
waspadalah waspadalah!! emoticon-Om Telolet Om!
nah ini yang suka membingungkan gan, baru pertama kali kenal bilang okey kita jalan ketemuan malah berakhir ngenes ya ada juga yang baik lah pasti ya emoticon-thumbsup
Ane malah gak suka kenalan sama cewe di medsos gan, emoticon-Malu .
Lebih suka kalo kenalan ya tatap muka secara langsung
PK everyehere
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di