alexa-tracking

Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b3805d460e24b58498b4574/fakta-menarik-jepang-yang-lolos-ke-babak-16-besar-piala-dunia-2018
Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018
Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Jepang menjadi satu-satunya negara Asia yang berhasil lolos fase grup menuju babak 16 besar pada piala dunia 2018. Hal ini menjadi kejutan bagi saentero publik asia yang seakan-akan takjub melihat penampilan apik Makoto Hasebe dkk. Dibalik lolosnya jepang dari fase grup H, ternyata ada fakta menarik dibalik itu semua.


1. Jepang berada di grup Neraka
Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018
Pada fase grup, Jepang mendapatkan lawan tim yang cukup mumpuni dari segi taktik dan skill, di antaranya adalah Kolombia sebagai wakil Amerika, Senegal dari Afrika, dan Polandia sebagai wakil Eropa. Meskipun sempat tidak diunggulkan dalam grup ini, pada laga perdana Grup H Jepang tidak patah semangat dan berjuang dengan maksimal terbukti bisa mengalahkan Kolombia 2-1 dengan penguasaan bola yang cukup telak 62% - 38%.

Gol Jepang dicetak oleh Shinji Kagawa pada menit ke-6 dan Yuya Osako pada menit ke-73, sedangkan Gol Kolombia dicetak oleh Juan Fernando Quintero pada menit ke-39. Hal ini membuktikan Jepang tidak takut menghadapi perdana kontra Kolombia dan tampil percaya diri. Setelah melawan Kolombia, selanjutnya Jepang menghadapi Senegal yang menghasilkan hasil imbang 2-2. Jepang mencetak gol dari Takashi Inui pada menit 34 dan Keisuki Honda pada menit 78, sedangkan Senegal gol tercipta dari Sadio Mane pada menit 11 dan Mousa Wague pada menit 71 dengan total penguasaan 53% - 47%.

Selanjutnya di laga pamungkas, Jepang menghadapi wakil eropa yaitu Polandia dengan hasil yang sangat disayangkan 1-0 untuk Polandia. Gol Polandia dicetak oleh Jan Bednarek pada menit 59 dan kali ini juga tampaknya Jepang bermain cukup efektif dengan penguasaan bola 55% - 45%.


2. Jepang lolos ke babak 16 besar melalui aturan fair play
Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018
Sebenarnya jika Jepang mampu memenangkan pertandingan kontra Polandia ini maka dipastikan lolos 16 besar tanpa aturan fair play tetapi ternyata dewi fortuna berkata lain.

Oleh karena Jepang mengalami kekalahan kontra Polandia, maka poin yang diperoleh Jepang dan Senegal sama yaitu 4 poin. Tetapi nasib baik masih memihak Jepang dan tidak memihak pada Negeri "Singa dari Teranga" tersebut pasalnya Jepang lolos dengan aturan fair play FIFA dengan pertimbangan kartu kuning yang dimiliki masing-masing negara.

Kartu kuning berarti -1, kartu merah (kuning 2x) berati -3, dan kartu merah langsung berarti -4. Tim dengan minus paling sedikit berhak menempati posisi yang lebih baik. Jepang memang memiliki kartu kuning lebih sedikit dibandingkan Senegal dan ini yang dimanfaatkan oleh pelatih Jepang, Akiro Nishino, dalam meracik taktik dan strategi yang dipakai supaya tetap menerapkan disiplin yang tinggi sehingga tidak menimbulkan pelanggaran yang menimbulkan kartu kuning.

Analisa Pertandingan :

  1. Pada saat Jepang kontra Polandia, ditempat yang berbeda sedang berlangsung pula Kolombia kontra Senegal. kedua pertandingan ini sebenarnya menjadi pertandingan pamungkas dan sangat penting bagi Jepang dan Senegal yang kala itu memiliki poin yang sama tetapi Jepang berada diatas angin karena mendapatkan kartu kuning lebih sedikit.
  2. Sebenarnya pada saat Jan Bednarek mencetak gol untuk polandia pada menit 59 ditempat lain Kolombia kontra Senegal masih imbang dan saat itu juga posisi grup berubah dan Senegal berada pada peringkat 2 dengan raihan 5 poin.
  3. Akan tetapi sekali lagi, keberuntungan masih berpihak pada pasukan "Samurai Biru", pada menit 74 Kolombia mencetak gol yang dicetak oleh Yerry Mina. Gol tersebut membuat posisi grup berubah kembali menjadi seperti semula Jepang di peringkat 2 dan Senegal diperingkat 3 akibat aturan FIFA "Fairplay" .
  4. Pertandingan belum usai, pada menit 82 Yoshinori Muto keluar dan digantikan oleh Makoto Hasebe sebagai jenderal lapangan tengah untuk kembali mempertebal lapis kedua dan menetralisir serangan dari tengah serta menjaga kedalaman pertahanan jepang agar tidak terjadi gol kedua.
  5. Pertandingan berjalan monoton dan menggunakan skema short passing dan skema pertahanan ultra-defensive sampai pertandingan usai

3. Jepang wakil Asia yang berhasil lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 2018
Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018
Hal inilah yang membuat Jepang berhasil lolos ke 16 besar meski kalah dengan Polandia. Padahal, jika Senegal bisa menahan Kolombia, bisa saja Senegal yang lolos akan tetapi ternyata takdir berkata lain. Hal ini disambut meriah fans Jepang yang datang ke stadion Volgograd Arena, yang memiliki kapasitas 45.000 kursi penonton sudah termasuk termasuk 2.280 kursi untuk media, 640 kursi VIP, dan 460 kursi untuk orang dengan kebutuhan khusus.


Sumber : https://www.idntimes.com/sport/socce...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 El Matador Jadi Pahlawan! Portugal Dihajar 2-1

- Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 Dua Gol Cavani Pulangkan Uruguay dari Rusia

- Fakta Menarik Jepang yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2018 Tandukan Cavani Jadi Gol Pembuka, Uruguay Unggul Sementara 1-0

×